alexametrics
tips dan trik
8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Orang yang suka kepo dengan hidup kita padahal hubungannya gak dekat dengan kita memang suka bikin serba salah. Foto/Shutterstock
Jakarta - Apa hidup kamu dikelilingi orang yang suka kepo dengan kehidupan pribadi kamu? Bahkan sampai hal-hal yang sangat pribadi pun pengen banget mereka tahu.

Entah itu teman jauh, tetangga, saudara yang gak akrab, atau orang yang cuma sekadar kita kenal aja, orang-orang ini muncul dalam berbagai versi.

Pastinya, hal ini sering bikin kesal, karena gak semua hal tentang hidup kita harus mereka tahu, apalagi hal pribadi. Tapi, pasti bingung banget gimana cara menghadapinya, takut menyinggung hatinya, atau jadi takut kita malah dijauhi. Nah, daripada bingung, coba cara ini yuk!



1. ALIHKAN PEMBICARAAN

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Ketika orang tersebut udah mulai kepo, kamu bisa alihkan pembicaraan ke hal-hal yang dia suka. Misalnya ke hal makanan, tempat favorit, artis kesukaan, ataupun film. Kebanyakan cara ini berhasil lho, guys!

2. TANYAKAN BALIK

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: iStock Photos

Setelah orang itu berhasil menyatakan pertanyaan kepo-nya itu, kamu bisa langsung tanyakan balik dulu. Terus kamu bisa, deh, memperlebar pertanyaannya. Cara ini kemungkinan bisa bikin mereka lupa tentang hal yang tadi ditanyakan ke kamu. Ini jadi kamu yang kepo, sih!

3. KETAHUI TANDA-TANDA PERTANYAAN KEPO MUNCUL

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Kalau kamu lagi ngobrol yang awalnya biasa-biasa aja, tapi lalu ada tanda-tanda akan bertanya lebih dalam, kamu bisa langsung siapkan strategi untuk cepat-cepat bisa kalian alihkan ke hal-hal yang lain, misalnya juga mengatakan bahwa kamu sibuk, kemudian bisa pergi dan terhindar dari ke-kepo-an mereka, deh!

4. KATAKAN DENGAN JUJUR BAHWA KAMU GAK NYAMAN

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Freepik

Nah, kalo kamu udah males banget menghadapi orang-orang kayak begini, kamu bisa langsung aja jujur kepada mereka bahwa kamu gak mau pertanyaan tersebut. Tapi bilangnya dengan kata-kata yang halus atau bercanda ya, supaya suasana gak jadi kaku atau bikin gak enak. Mulai sekarang coba kamu siapkan kalimat untuk melakukan strategi ini.  

5. CARI TAHU BERAPA ORANG YANG KEPO

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Kamu harus tahu tentang tipe-tipe orang yang ada di sekitar kamu. Dengan ini kamu bisa mencegah datangnya pertanyaan kepo tersebut. Misalnya, dengan gak berbicara hal yang memancing kepo dengan orang tersebut.

6. BERTANYA MENGAPA DIA KEPO

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Ini bisa juga menjadi bahan pengalihan, dengan bertanya kenapa mereka pengen banget tahu dengan hal yang mereka tanyakan. Bisa diselingi dengan bercandaan juga ya.

7. KASIH JAWABAN SINGKAT

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Kalau emang kamu kehabisan cara mengatasi orang kepo ini, kamu bisa menjawab secara singkat atau hanya beberapa kata yang mewakili. Setelah itu, kamu bisa langsung alihkan topik atau langsung pergi aja, pura-pura sok sibuk. 

8. PURA-PURA LIHAT PONSEL

8 Jurus Menghadapi Orang yang Suka Kepo dengan Hidupmu
Foto: Shutterstock

Nah, ini juga salah satu cara jitu! Kalau kamu sudah mulai ditanyakan hal-hal yang gak kamu suka, bisa banget, nih, dengan cara melihat ponsel, dan mengatakan bahwa ada chat atau hal penting yang harus kamu urus. Ingat, selalu bawa ponsel! Semoga berhasil ya! 

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss