5 Drama Korea yang Ceritanya Beda Jauh dengan Webtoon-nya

Minggu, 10 Juli 2022 - 10:28 WIB
loading...
5 Drama Korea yang Ceritanya Beda Jauh dengan Webtoon-nya
Drama Korea Nevertheless jadi salah satu serial yang ceritanya beda jauh dengan webtoon-nya. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Semakin banyak drama Korea yang diadaptasi dari cerita webtoon. Namun tak semuanya setia pada sumber aslinya itu, dan tak jarang malah mengecewakan penggemarnya.

Lima drama berikut ini termasuk dalam dua kategori tersebut. Meski begitu, semua drama berikut ini bisa dibilang sukses, setidaknya dalam hal popularitas dan cerita yang dibuat sekuelnya. Berikut daftarnya mengutip KBIZoom.

Peringatan: tulisan ini mengandung spoiler untuk akhir cerita webtoon dan serialnya

1. Itaewon Class (2020)

5 Drama Korea yang Ceritanya Beda Jauh dengan Webtoon-nya

Foto: JTBC

Itaewon Class banyak dipuji, terutama oleh penonton di luar Korea karena menyajikan cerita tentang pergulatan anak muda meraih sukses, tabu sosial, serta penggambaran karakter perempuan yang tidak biasa dalam drama Korea. Ratingnya pun memuaskan dari awal hingga akhir, dimulai dari 4,9% hingga rating tertingginya pada episode akhir sebesar 16,5%.

Meski begitu, paruh kedua drama ini banyak diprotes penonton serial serta webtoon-nya. Pasalnya adalah karena cerita yang melenceng jauh dari sumber aslinya, termasuk membuat karakter antagonis yang tadinya sangat kuat mendadak sangat mudah bertekuk lutut di hadapan musuhnya.

Karakter utama yang diperankan Park Seo-joon juga ikut melemah pesonanya, membuat klimaks film justru ditentukan oleh pemeran pendukung perempuan. Belum lagi kisah cintanya juga dianggap kurang kuat dan membingungkan. Meski episode terakhirnya tetap mendapat rating tinggi, tapi banyak yang kecewa dengan akhir kisahnya.

2. Nevertheless (2021)

5 Drama Korea yang Ceritanya Beda Jauh dengan Webtoon-nya

Foto: JTBC

Rating tertinggi Nevertheless hanya terjadi pada episode perdananya saja, yaitu 2,2%. Setelah itu, angkanya tak pernah lagi menyentuh 2%. Meski begitu, drama yang diperankan oleh Song Kang dan Han So-hee ini banyak dibicarakan penontonnya, bahkan viral di Indonesia.

Baca Juga: 3 Drama Korea Kerajaan Terbaru dengan Rating Tertinggi

Satu hal yang membuat drama ini berbeda 180 derajat dengan webtoon-nya adalah akhir kisahnya. Dalam serialnya, karakter yang diperankan Song Kang dan Han So-hee akhirnya berkomitmen menjalin hubungan serius. Padahal dalam versi webtoon-nya, mereka akhirnya putus meski awalnya hubungan mereka penuh hasrat menggebu.

3. Yumi’s Cells 2 (2022)

5 Drama Korea yang Ceritanya Beda Jauh dengan Webtoon-nya

Foto: TVING

Yumi's Cells season 2 baru tayang perdana pada 10 Juni lalu, dan pindah penayangan dari stasiun televisi tvN ke TVING. Pada season kedua ini, fokus cerita pindah dari awalnya pada Yumi (Kim Go-eun) menjadi ke rekan kerja Yumi, yaitu Yoo Babi (Jin-young GOT7). Meski begitu, Yumi juga tetap muncul.

Pada musim pertama, cerita dramanya setia pada cerita webtoon. Namun pada musim keduanya, penulis tampaknya memampatkan cerita musim kedua dengan musim ketiga versi webtoon-nya.

Akibatnya, banyak peristiwa yang terjadi dalam webtoon season ketiga dimasukkan ke adegan Yumi's Cells 2. Hal ini yang membuat sebagian pembaca webtoon-nya kecewa.

Mereka mengira, ada kemungkinan dramanya hanya akan dibuat dalam dua musim saja, karena itulah ceritanya dipadatkan. Karena dramanya masih berjalan, penonton masih menunggu apakah cerita dramanya akan berakhir sama dengan versi webtoon-nya.

4. Love Alarm 2 (2021)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)