5 Pemenang Acara Musik K-Pop yang Jadi Kontroversi, dari BLACKPINK hingga LE SSERAFIM

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:59 WIB
loading...
5 Pemenang Acara Musik K-Pop yang Jadi Kontroversi, dari BLACKPINK hingga LE SSERAFIM
BLACKPINK jadi salah satu grup K-pop yang pernah terseret kontroversi program acara musik Korea. Foto/YG Entertainment
A A A
JAKARTA - Acara musik alias music show K-pop di stasiun televisi nasional jadi salah satu ajang pertarungan para grup K-pop yang baru saja merilis single atau album mereka.

Setidaknya ada enam program musik mingguan yang rutin memberikan penghargaan per minggunya kepada para idol dan grup K-pop. Mereka yaitu The Show di SBS MTV (Selasa), Show Champion di MBC M (Rabu),M Countdown di Mnet (Kamis), Music Bank di KBS2 dan KBS World (Jumat), Show! Music Core di MBC (Sabtu), dan Inkigayo di SBS (Minggu).

Dalam program ini, biasanya ada 2-3 nomine yang bertarung di babak final. Nilai mereka akan terpampang di layar, dengan beberapa kategori sebagai ukuran, seperti penjualan digital, penjualan album fisik, jumlah penayangan di YouTube dan di televisi, voting penonton, serta penilaian juri.

Meski kategori penilaiannya sudah jelas dan cukup transparan, tapi tetap saja ada beberapa kasus saat grup yang dinobatkan sebagai pemenang dipertanyakan oleh penonton dan penggemar grup yang kalah. Keraguan akan keabsahan tersebut kadang membuat pengelola acara sampai harus memberikan klarifikasi atau pernyataan demi meredam kontroversi tersebut.

Nah, berikut ini lima kasus saat pemenang acara musik mingguan mengundang kontroversi penonton, dikutip dari KBIZoom.

1. Kep1er vs Nayeon TWICE

5 Pemenang Acara Musik K-Pop yang Jadi Kontroversi, dari BLACKPINK hingga LE SSERAFIM

Foto: KBS

Pada penayangan Music Bank edisi 1 Juli 2022, girl group Kep1er mengalahkan Nayeon TWICE yang baru saja merilis album solonya. Kemenangan ini lantas menimbulkan kecurigaan penonton karena Nayeon dianggap lebih baik dalam penjualan digital dan fisik serta kemunculan di YouTube serta penyiaran di media.

Namun dalam hasil yang terlihat di layar, Nayeon hanya mendapatkan angka satu poin. Netizen pun menduga bahwa Music Bank memanipulasi poin Nayeon untuk kategori penyiaran tersebut.

2. LE SSERAFIM vs Lim Young-Woong

5 Pemenang Acara Musik K-Pop yang Jadi Kontroversi, dari BLACKPINK hingga LE SSERAFIM

Foto: KBS

Sebelum kasus Kep1er dan Nayeon, Music Bank juga terkena kontroversi yang sama pada penayangan 13 Mei lalu. Saat itu, LE SSERAFIM dan solois trot Lim Young-woong beradu di final, dan kemenangan akhirnya jatuh ke grup rookie tersebut.

Sama seperti kasus Nayeon, Lim Young-woong tak mendapatkan poin satu pun untuk kategori penyiaran. Sementara LE SSERAFIM mendapatkan skor 5000. Netizen pun mencurigai skor tersebut dan menuduh Music Bank melakukan manipulasi.

Apalagi seorang netizen sempat memberikan bukti bahwa lagu Young-woong sempat diputar di KBS, jadi nilainya tak mungkin nol. Namun Music Bank tetap bersikukuh pada hasil akhir yang mereka berikan.

3. BLACKPINK vs GFRIEND

5 Pemenang Acara Musik K-Pop yang Jadi Kontroversi, dari BLACKPINK hingga LE SSERAFIM

Foto: MBC M

Dalam Show Champion yang tayang pada 22 Juli 2020, GFRIEND yang mengusung lagu Apple menang atas BLACKPINK yang membawakan How You Like That. Saat itu, pesaing lainnya ada EXO-SC (1 Billion Views), Zico (Summer Hate), dan Hwasa MAMAMOO (Maria).

Baca Juga: 21 Konser Musik K-Pop, Barat, dan Lokal di Indonesia pada 2022

Saat itu, kemenangan GFRIEND dipertanyakan karena How You Like That milik BLACKPINK dinilai lebih populer dibanding Apple.

4. BLACKPINK vs EXO-SC
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)