5 Drama Korea dengan Kisah Karakter Penyandang Autisme

Senin, 04 Juli 2022 - 16:45 WIB
loading...
5 Drama Korea dengan Kisah Karakter Penyandang Autisme
Drama Korea dengan kisah karakter penyandang autisme bisa disaksikan dalam Extraordinary Attorney Woo. Foto/ENA
A A A
JAKARTA - Drama Korea dengan kisah karakter penyandang autisme mulai cukup banyak bermunculan dan mendapat perhatian khusus dari para pencinta serial dari Negeri Ginseng.

Drama-drama Korea ini mencoba tampil beda dengan menghadirkan karakter utama atau karakter pendukung dengan spektrum sindrom autisme. Lewat karakter-karakter ini, penonton bisa lebih memahami perilaku dan cara berpikir orang-orang autis dengan kelebihan dan kekurangan mereka.

Dalam drama-drama berikut ini, penggambaran karakter-karakter dengan autisme tak selalu seragam. Ada yang digambarkan genius, ada juga yang digambarkan membutuhkan bantuan dari orang sekelilingnya, tapi punya kelebihan lain.

Berikut ini lima drama Korea yang memiliki karakter penyandang autisme.

1. Extraordinary Attorney Woo (2022)


5 Drama Korea dengan Kisah Karakter Penyandang Autisme

Foto: ENA

Extraordinary Attorney Woo adalah drama Korea terbaru yang memotret karakter autis. Drama ini baru tayang dua episode dan ratingnya terus naik, dari 0,9% ke 1,8%. Karena tayang di stasiun televisi berbayar ENA yang kurang populer untuk penayangan drama Korea, angka ini terbilang cukup baik.

Drama ini bercerita tentang Woo Young-woo (Park Eun-bin), seorang pengacara pemula dengan spektrum sindrom autisme. Ia lulusan terbaik dari fakultas hukum Seoul National University, dan pengacara autis pertama di Korea Selatan.

Saat hari pertama bekerja, dengan tingkah lakunya yang tak seperti orang biasa - bisa dibilang seperti orang bodoh - tentu saja membuat Young-woo langsung mendapat prasangka dan diskriminasi dari rekan-rekan sekantornya. Namun setelah ia menunjukkan kemampuannya dalam membela klien, mereka termasuk bosnya mulai melihat kemampuan Young-woo sebagai pengacara andal dengan jalan pikiran unik.

Extraordinary Attorney Woo yang juga tayang di Netflix menggabungkan antara cerita hukum perdata dan pidana dengan kisah komedi dan romansa yang pas. Hubungannya dengan rekan kerja Jun-ho (Kang Tae-oh) jadi salah satu yang lucu, hangat, dan romantis karena Jun-ho jadi satu-satunya orang yang mau menanggapi pembicaraan aneh Young-woo tentang paus, makhluk favoritnya.

2. Move to Heaven (2021)

5 Drama Korea dengan Kisah Karakter Penyandang Autisme

Foto: Netflix

Move to Heaven juga punya karakter utama seorang autis, kali ini seorang anak muda bernama Han geu-ru (Tang Jun-sang) yang hidupnya sangat bergantung pada ayahnya. Namun saat sang ayah meninggal mendadak, Sang-gu terpaksa harus tinggal dengan pamannya, Cho Sang-gu (Lee Je-hoon), yang gaya hidupnya jauh berbeda dengan Geu-ru.

Mirip seperti Young-woo, Geu-ru juga digambarkan genius, mampu menghafal dengan cepat, tapi punya hambatan dalam hubungan sosial. Satu-satunya orang yang bisa memahami Gue-ru adalah tetangga sekaligus teman baiknya, Na-mu (Hong Seung-hee).

Move to Heaven akan membuat penonton terbawa emosi sedih dan senang sekaligus karena pekerjaan Geu-ru dan Sang-gu yang melakukan jasa pembersihan kamar tempat seseorang meninggal. Di sini, penonton akan menyaksikan kelebihan dan sisi sensitif Geu-ru dalam menemukan pesan terakhir dari orang-orang yang meninggal tersebut. Kamu bisa menonton drama ini di Netflix.

3. Good Doctor (2013)

5 Drama Korea dengan Kisah Karakter Penyandang Autisme

Foto: KBS2

Masih mirip dengan dua drama sebelumnya, Good Doctor juga memotret seorang autis genius yang bermasalah dalam bersosialisasi. Kali ini profesinya adalah seorang dokter muda bernama Park Shi-on (Joo-won) yang usia mentalnya seperti anak berumur 10 tahun.

Baca Juga: Drama Korea Rating Tertinggi Minggu Pertama Juli 2022, Drama Baru Masuk 5 Besar

Demi membantu Shi-on, seorang dokter senior lantas meminta bantuan dokter muda Cha Yoon-seo (Moon Chae-won) untuk mengasah kemampuan bersosialisasi Shi-on. Di sini, penonton akan melihat kelembutan hati seorang Shi-on - sifat yang umum dimiliki seorang autis - yang akan membuat hati hangat saat menontonnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)