Isi Pidato BTS di Konferensi Pers Gedung Putih, Ada yang Teriak BTS Hwaiting!

Rabu, 01 Juni 2022 - 05:33 WIB
loading...
A A A
Isi Pidato BTS di Konferensi Pers Gedung Putih, Ada yang Teriak

Foto: BigHit Music

Ini bukan pertama kalinya BTS memberikan pernyataan resminya terkait isu diskriminasi dan ras. Pada 30 Maret 2021 atau beberapa minggu setelah peristiwa penembakan di Georgia, Amerika Serikat, yang menewaskan 8 orang (6 orang Asia, 4 di antaranya orang Korea Selatan), BTS mengunggah pernyataan di akun Twitter mereka.

Dalam pernyataan tersebut, BTS menyampaikan rasa duka sekaligus mengingat kembali diskriminasi, kebencian, dan cemoohan yang mereka terima sebagai orang Asia. Meski kebencian yang mereka rasakan tak sebanding dengan yang dialami mereka yang tertimpa tragedi secara langsung, tapi diskriminasi tersebut tetap melukai hati dan kepercayaan diri mereka.

Baca Juga: 3 Grup K-Pop yang Paling Sering Lipsync dan 5 yang Jarang Melakukannya

Salah satu kasus kebencian anti-Asia yang pernah menimpa BTS terjadi pada Februari 2021. Saat itu seorang penyiar radio Bayern 3 di Jerman menyamakan BTS dengan virus corona, dan menyarankan grup tersebut "berlibur" ("vacation") ke Korea Utara. Istilah ini adalah kata yang sering diucapkan Nazi untuk menipu kaum Yahudi yang akan dikirim ke tempat penyiksaan.

Selain membahas isu anti-Asia, sebelumnya BTS juga telah beberapa kali bicara tentang isu penting lainnya di PBB. Mereka sudah tiga kali berbicara di forum internasional itu untuk kampanye Love Myself dan isu lingkungan, yaitu pada 2018, 2020, dan 2021.
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)