Honor Artis untuk Tampil di Festival Kampus Korea: aespa Termahal, PSY Mengejutkan

Honor Artis untuk Tampil di Festival Kampus Korea: aespa Termahal, PSY Mengejutkan
aespa menjadi penyanyi termahal yang dibayar untuk tampil dalam festival musik di Korea. Foto/SM Entertainment
SEOUL - Kampus-kampus di Korea Selatan mulai kembali menggelar festival musik setelah tiga tahun absen. Media Korea News 1 pun mengungkap tarif para grup K-pop dan penyanyi yang tampil.

Dalam laporan tersebut, News 1 tidak menyebut secara langsung nama grup atau penyanyinya, tapi pembaca bisa menebak identitasnya. Dalam beritanya, tertulis bahwa girl group A yang punya tarian khas dan memimpin tren memasang tarif 50 juta won (Rp588,7 juta). Pembaca menduga ini adalah aespa, dan ini adalah tarif termahal yang dipasang penyanyi.

Lalu band yang sangat terkenal mematok harga 40 juta won (Rp471 juta). Ini diprediksi adalah Red Velvet dan AKMU.

Baca Juga: 3 Artis Kesayangan Korea yang Ternyata Pernah Kena Skandal Seksual

Kemudian penyanyi hip hop yang punya banyak lagu hit dan dikenal dengan penampilan panggung yang luar biasa dikatakan meminta honor sekitar 30 juta won (Rp353,2 juta). Mereka ini diduga adalah Be'O dan JUSTHIS.

Honor Artis untuk Tampil di Festival Kampus Korea: aespa Termahal, PSY Mengejutkan

Foto: YouTube smile - wA-

Selain itu, beberapa penyanyi populer meminta honor 15 juta won (Rp176,6 juta), sementara penyanyi rookie yang punya beberapa lagu hit meminta 10 juta won (Rp117,7 juta), dan penyanyi yang punya lagu populer tapi sosoknya kurang terkenal mendapat 4 juta won (Rp47 juta).

Dari laporan ini, PSY disebut hanya meminta bayaran 15 juta won. Menurut pernyataan resmi dari pihak PSY,penyanyi yang meraih popularitas global lewat lagu Gangnam Style itu ingin merayakan kebersamaan lewat festival kampus yang telah lama hiatus. "Kami meminta honor yang rendah karena kami ingin bersenang-senang bersama," kata perwakilan tersebut.

Baca Juga: 3 Grup K-Pop yang Paling Sering Lipsync dan 5 yang Jarang Melakukannya

Sebelumnya, Money Today melakukan survei kepada para mahasiswa di Universitas Dongguk tentang penyanyi yang paling ingin mereka saksikan penampilannya dalam festival musik kampus. Hasilnya, PSY ada di urutan pertama, diikuti aespa di posisi kedua. Kampus itu disebutkan akan menggelar festivalnya pada September mendatang.

Sementara itu, aespa belum lama ini dikritik karena selalu lipsync saat tampil di festival musik kampus, termasuk saat acara di Korea University Festival atau IPSELENTI 2022, 26 Mei lalu. Grup asuhan SM Entertainment ini sempat dipuji saat akhirnya bernyanyi secara live dalam Coachella 2022, tapi setelah itu mereka kembali meneruskan tradisi lipsync-nya, dan ini membuat netizen bingung karena easpa dinilai punya vokal yang baik.


(ita)
Share: