3 Artis Kesayangan Korea yang Ternyata Pernah Kena Skandal Seksual

3 Artis Kesayangan Korea yang Ternyata Pernah Kena Skandal Seksual
Rain pernah terkena skandal seksual sebelum dirinya menikahi aktris Kim Tae-hee. Foto/Sublime
JAKARTA - Banyak artis di Korea yang kepopulerannya meredup atau bahkan hilang sama sekali setelah terkena skandal seks. Namun ada juga yang kini justru malah menjadi artis kesayangan publik.

Tiga artis berikut ini mungkin bisa dibilang sangat beruntung atau malah kebal, karena meskipun pernah menjadi bahan pemberitaan negatif media massa, tapi nama mereka bukannya meredup, malah makin bersinar. Kini, citra mereka bahkan sangat positif, serta dihormati dalam industri hiburan di Korea Selatan.

Bisa dibilang mereka bahkan termasuk selebritas kesayangan warga Korea yang karya-karyanya selalu ditunggu. Berikut ini tiga nama tersebut.

1. Rain

3 Artis Kesayangan Korea yang Ternyata Pernah Kena Skandal Seksual

Foto: Sublime

Rain alias Jung Ji-hoon punya citra positif sebagai seorang idol, pengusaha, juga suami yang baik dan setia untuk aktris beken Kim Tae-hee. Namun pada 2013 saat ia menjalani wajib militer dan sebelum menikah, Rain pernah tersandung kasus dugaan kunjungan ke rumah bordil.

Saat itu, media Korea menyebut bahwa Rain pergi ke panti pijat, yang sebenarnya adalah rumah bordil. Ia membayar USD147 (Rp2,1 juta) untuk diberikan layanan, tapi ditolak. Uang itu akhirnya dikembalikan.

Meski begitu, Rain membantah bahwa dirinya ke rumah bordil. Ia mengatakan dirinya ke panti pijat untuk mengatasi sakit lututnya. Meski begitu, Rain tetap dijatuhi hukuman penjara 10 hari karena melanggar kebijakan militer.

Baca Juga: 9 Skandal K-Pop Terbesar dalam Sejarah, Terbaru Kim Garam

2. IU

3 Artis Kesayangan Korea yang Ternyata Pernah Kena Skandal Seksual

Foto: Getty Images

Penyanyi sekaligus aktris yang baru saja menghadiri Cannes Film Festival 2022 ini pernah dua kali tersandung isu terkait seksualitas. Pertama adalah saat ia baru berusia 19 tahun, yaitu pada 2012.

Kala itu, IU mengunggah foto dirinya di akun Instagram dengan memakai pakaian tidur. Yang membuat publik heboh adalah karena di sampingnya ada Eunhyuk Super Junior yang tampak bertelanjang dada, membuat masyarakat menduga mereka berkencan.

Foto ini semakin membuat gempar karena saat itu usia Eunhyuk yang jauh di atas IU, yaitu 36 tahun. Citra IU sebagai perempuan feminin dengan perilaku penuh etika juga makin membuat panas kasus ini.

Dalam sebuah wawancara, IU mengakui bahwa dia tidak sengaja mengunggah foto itu ke media sosialnya. Ia juga membantah rumor kehamilan. Namun, baik IU maupun Eunhyuk tidak pernah memberikan penjelasan terkait status hubungan mereka.

Sementara kasus kedua terjadi pada 2015. Saat itu lirik yang dibuat IU dianggap menjadikan bocah berusia lima tahun yang merupakan karakter fiksi sebuah buku sebagai obyek seksual. Karakter Zeze yang muncul dalam lagu IU itu ada dalam buku yang populer di Korea, berjudul My Sweet Orange Tree.

Mengutip Korea Times, lirik yang dipermasalahkan adalah, "Zeze, ayo cepat naik ke pohon dan cium daunnya, jangan nakal dan jangan sakiti pohonnya, ayo naik dan ambil daun termuda... Kamu polos tapi kamu nakal, transparan tapi kotor dan tak tahu apa yang ada di dunia".

Sementara mengutip K-pop Herald, IU bersumpah dirinya tidak bermaksud menjadikan bocah lima tahun sebagai objek seksual. Namun sebagai penulis liriknya, ia tetap berjiwa besar dan meminta maaf.

Meski pernah dihantam dua kasus cukup besar, tapi kini siapa pun tahu bahwa IU sangat dicintai warga Korea. Ia bahkan menjadi salah satu artis yang bisa dibilang tak punya hater saking begitu disukainya, termasuk oleh pencinta musik dan drama di luar Korea.

3. Lee Byung-Hun
halaman ke-1
Share: