6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:38 WIB
loading...
6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya
Drama Korea tentang body shaming dipotret dalam serial The Miracle. Foto/Naver TV Cast
A A A
JAKARTA - Drama Korea tentang body shaming bisa jadi adalah tema yang serius, tapi bisa juga dikemas dengan komedi, kisah cinta, dan yang pasti punya pesan yang penting untuk hidup kita.

Body shaming atau olok-olok tentang penampilan fisik biasanya mengacu pada berat badan seseorang. Namun bisa juga meluas pada wajah yang dianggap jauh dari standar kecantikan atau ketampanan umum. Padahal, kelebihan tiap individu tak mesti dilihat dari tampilan fisiknya saja.

Nah, berikut ini enam drama Korea yang mengangkat tema body shaming, dengan pesan penting di balik ceritanya yang kadang terlihat sederhana.

1. My Lovely Sam-Soon (2005)

6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya

Foto: MBC

Kim Sam-soon (Kim Sun-ah) adalah seorang chef yang sering jadi bahan tertawaan karena berat badan dan kehidupannya. Pada usia 30-an tahun, ia bukan lulusan sarjana, tidak punya mobil dan rumah, juga tidak punya pacar.

Meski begitu, Sam-soon tetap senang menjalani hidupnya karena dia percaya pada dirinya. Ia juga terus menjalani hidup dengan sebaik mungkin. Kepribadiannya yang blak-blakan dan hidupnya yang 'biasa-biasa saja' justru pada akhirnya membuat seorang pengusaha tampan yang hidupnya serba terprogram, Jin-hun (Hyun Bin), tertarik padanya.

Drama MBC yang tayang di WeTV ini akan mengajarkan kita bahwa kepribadian yang menarik, keterampilan yang kita miliki, dan cara kita memandang diri dan kehidupan adalah daya tarik kita yang sesungguhnya.


2. Birth of Beauty (2014-2015)

6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya

Foto: SBS

Drama ini bukan cuma akan membuat kamu gemas, tapi juga terharu dengan ceritanya. Kisahnya tentang Sa Geum-ran (Han Ye-seul), perempuan bertubuh besar yang menikah dengan pria kaya, tapi tak pernah diperlakukan dengan baik oleh suami serta mertuanya.

Malahan, sang suami selingkuh dan berniat menceraikannya. Merasa kecewa, Geum-ran lalu mengendarai mobil dengan cepat, tapi lalu mengalami kecelakaan. Saat suami dan keluarga mertuanya merasa Geum-ran sudah mati, perempuan itu lantas melakukan operasi plastik dan berusaha membalaskan dendamnya.

Drama SBS ini akan memberikan pesan pada kita bahwa balas dendam, betapa pun terasa memuaskan, pada akhirnya tak akan membawa kita bahagia. Cinta dan penerimaan dirilah yang akan membuat kita merasakannya. Kamu bisa menonton Birth of Beauty di Viu dan Netflix.

3. My ID is Gangnam Beauty (2018)

6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya

Foto: JTBC

Kang Mi-rae (Im Soo-hyang) tumbuh dengan rasa percaya diri yang rendah karena selalu menjadi korban perisakan teman-teman sekelasnya. Terus-menerus diejek karena penampilan fisiknya, Mi-rae lantas melakukan operasi plastik demi memenuhi standar kecantikan di Korea.

Namun nyatanya, setelah mendapatkan wajah cantiknya yang selalu dipuji orang-orang, Mi-rae tetap saja tidak percaya diri. Sementara itu, ada juga Soo-ah (Jo Woo-ri) yang memang cantik sedari lahir, tapi selalu haus perhatian dan sering memanipulasi orang.

Drama Korea tentang body shaming ini akan membuat kamu meyakini bahwa wajah secantik apa pun tak akan ada artinya jika kamu tidak percaya diri. My ID is Gangnam Beautytayang di JTBC dan bisa ditonton juga di Netflix dan Viu.

4. The Miracle (2016)

6 Drama Korea tentang Body Shaming, dan Pesan Penting Ceritanya

Foto: Naver TV Cast
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)