Aktor dan Aktris Korea Anomali, Jarang Muncul tapi Tetap Dibayar Mahal

Senin, 16 Mei 2022 - 19:58 WIB
loading...
Aktor dan Aktris Korea Anomali, Jarang Muncul tapi Tetap Dibayar Mahal
Won Bin termasuk aktor anomali di Korea Selatan karena sangat jarang tampil di depan publik. Foto/via Koreaboo
A A A
JAKARTA - Umumnya, aktor atau aktris yang jarang muncul dalam drama atau film di Korea perlahan-lahan kariernya akan meredup. Namun hal ini tidak berlaku bagi dua bintang ini.

Justru karena jarang muncul, mereka malah mendapat status "misterius", dan akhirnya penampilannya selalu ditunggu-tunggu. Nah, berikut ini dua nama yang dianggap anomali dalam industri hiburan di Korea Selatan.

1. Lee Young-Ae

Aktor dan Aktris Korea Anomali, Jarang Muncul tapi Tetap Dibayar Mahal

Foto: via Soompi

Aktris kelahiran 31 Januari 1971 (51 tahun) ini terakhir bermain dalam serial Inspector Koo yang tayang di JTBC pada 2021. Drama ini dipuji penonton internasional, tapi rating di Korea sangat mengenaskan, tak pernah tembus 3%.

Meski begitu, mengutip South China Morning Post, ia dibayar sekitar 200 juta won (Rp2,5 miliar) per episodenya. Jadi ia diperkirakan mendapatkan honor sekitar Rp30 miliar dari Inspector Koo.

Young-ae sangat selektif dalam mengambil peran. Ia beken lewat drama Jewel in The Palace pada 2003. Namun setelah sukses dengan serial legendaris itu, ia malah rehat selama dua tahun sebelum akhirnya muncul lagi dalam film thriller Lady Vengeance. Film ini membuatnya dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam 38th Sitges Film Festival, 26th Blue Dragon Film Awards, dan 42nd Baeksang Arts Awards.

Setelah tampil dalam film legendaris itu, ia malah menambah masa menghilangnya dari industri film dan televisi menjadi 12 tahun. Baru pada 2017 ia kembali lagi, dan kali ini membintangi drama Saimdang, Memoir of Colors pada 2017.

Baca Juga: 5 Drama Korea 2022 yang Responsnya di Luar Ekspektasi

Meski jarang tampil, tapi Lee Young-ae tetap sibuk karena selain sebagai aktris, ia juga disebut sebagai bintang iklan dan memiliki beberapa usaha. Untuk honor iklan, mengutip Ten Asia, ia pernah menerima honor sebesar Rp9,2 miliar untuk kontrak setahun bersama sebuah perusahaan konstruksi. Bersama perusahaan itu, kerja samanya berlangsung selama tujuh tahun.

2. Won Bin

Aktor dan Aktris Korea Anomali, Jarang Muncul tapi Tetap Dibayar Mahal

Foto: Eden 9

Won Bin dikenal sangat selektif dalam memilih serial dan film yang akan diperankannya. Saking pemilihnya, sepanjang 24 tahun kariernya, ia hanya membintangi enam film saja.

Aktor berusia 44 tahun ini pertama kali berakting pada 1997, tapi namanya baru benar-benar melejit setelah bermain dalam drama Autumn in My Heart pada 2000. Meski beken lewat drama, pasca tahun 2000, ia justru lebih aktif sebagai bintang film.

Enam film yang dibintanginya adalah Saturday, 2:00 PM (1998); Guns & Talks (2001); Taegukgi (2004); My Brother (2004); Mother (2009); dan The Man from Nowhere (2010). Semuanya adalah film yang beken dan dipuji para kritikus.

Ia juga pernah bermain drama televisi sejumlah empat episode pada 2002. Drama berjudul Friends tersebut adalah serial kerja sama Korea Selatan dan Jepang, dan menceritakan persahabatan pria Korea dengan perempuan Jepang.

Di luar itu, banyak drama dan film populer yang ditolaknya dengan beragam alasan, mulai dari Descendants of The Sun, Train to Busan, Along with the Gods: The Two Worlds, hingga The Battleship Island.

Baca Juga: 8 Film Marvel yang Dibangun Doctor Strange 2, Nomor 7 Paling Ditunggu

Dibanding main film atau drama, Won Bin malah lebih sering menjadi bintang iklan komersial alias CF. Mengutip Koreaboo, dalam program Sintong Bangtong yang disiarkan pada 2018, Won Bin disebut dibayar sebesar USD540 ribu (Rp7,9 miliar) hingga USD630 ribu (Rp9,2 miliar) per iklan.

Lalu dikatakan bahwa sejak 2010 hingga 2018, ia sudah membintangi 40 iklan, dan diperkirakan mendapat USD21,6 juta (Rp316 miliar). Ia bahkan dilaporkan membeli bangunan di kawasan elite Cheongdam-dong.

Sebagai perbandingan, penyanyi trot yang sangat populer di Korea, yaitu Lim Young-woong dalam program TMI News Mnet yang tayang pada Agustus 2021, dikatakan dibayar USD261 ribu hingga USD349 ribu per iklan. Jadi bisa dibilang, Won Bin masih jadi salah satu bintang iklan termahal di negaranya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)