4 Hal yang Bikin Business Proposal Ratingnya Tinggi meski Ceritanya Klise

Jum'at, 11 Maret 2022 - 09:55 WIB
loading...
4 Hal yang Bikin Business Proposal Ratingnya Tinggi meski Ceritanya Klise
Business Proposal baru tayang empat episode tapi sudah mencatat rating impresif secara nasional di Korea. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Business Proposal baru tayang empat episode, tapi ratingnya terus melonjak hingga nyaris mencapai 10%, atau tepatnya 8,7% secara nasional.

Drama yang tayang di SBS dan Netflix ini bercerita tentang Ha-ri (Kim Se-jeong) yang diminta temannya, Young-seo (Seol In-ah), untuk jadi pengganti kencan buta bersama pria bernama Tae-mu (Ahn Hyo-seop).

Saat bertemu, Ha-ri baru tahu bahwa pasangan kencannya adalah bos di tempatnya bekerja. Yang menarik, Tae-mu ternyata benar-benar terpesona oleh Ha-ri dan mau melamarnya. Merasa terjebak, Ha-ri pun memakai identitas palsu untuk menjalin hubungan dengan Tae-mu.

Drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya HaeHwa. Meski ceritanya tak menawarkan premis baru, tapi ternyata serial ini direspons sangat positif oleh penonton di Korea maupun global. Apa yang membuat drama ini mempesona buat penonton? Berikut ulasannya mengutip Kbizoom.

1. Cerita Klise, tapi Kemasannya Tak Membuat Bosan

4 Hal yang Bikin Business Proposal Ratingnya Tinggi meski Ceritanya Klise

Foto: SBS

Kisah cinta romantis antara seorang CEO dengan bawahannya sudah banyak diceritakan dalam drama Korea. Sekadar menyebut, salah satunya ada What's Wrong with Secretary Kim yang sangat populer. Hampir bisa ditebak, keduanya juga akan berakhir hidup bahagia.

Meski penonton sudah bisa menebak alur ceritanya hingga akhir, juga melihat momen-momen romantis yang biasa ada dalam drama Korea, tapi justru mereka biasanya senang dengan hal-hal ini.

Ditambah lagi, Business Proposal mampu mengemas cerita klise ini dengan ritme cepat dan konflik yang terus diperbarui. Jadi sebelum penonton merasa bosan karena kemiripannya dengan drama lain, cerita sudah bergerak maju.

2. Komikal dan Banyak Referensi ke Drama Lainnya

4 Hal yang Bikin Business Proposal Ratingnya Tinggi meski Ceritanya Klise

Foto: SBS

Sesuai dengan genre dan sumber ceritanya, Business Proposal tetap menjaga atmosfer webtoon-nya yang tentu saja komikal. Dari mulai penggunaan warna-warna cerah, juga efek visual yang membuat adegan makin terasa kocak.

Baca Juga: 3 Perbedaan Besar Business Proposal dengan Webtoon-nya yang Membuat Penonton Kecewa

Misalnya gambar dinosaurus archaeopteryx yang menjadi simbol Tae-mu tiba-tiba muncul di ponsel Ha-ri. Lalu beberapa adegan juga mengambil referensi dari drama populer lainnya, misalnya Be Strong Geum-Hee.

Business Proposal juga memparodikan adegan dan kalimat populer dari drama Korea lainnya, misalnya Love and War dan Lovers in Paris. Ada juga parodi "kimchi slap" (simbol dalam drama Korea) saat adegan "pork cutlet slap".

3. Akting Para Pemainnya yang Pas, Terutama Kim Se-Jeong

4 Hal yang Bikin Business Proposal Ratingnya Tinggi meski Ceritanya Klise

Foto: SBS

Kim Se-jeong awalnya debut sebagai idol K-pop lewat grup I.O.I. dan Gugudan. Namun perlahan-lahan, ia mampu menunjukkan kemampuannya sebagai aktris. Dalam Business Proposal, Se-jeong sangat mampu menghidupkan karakter Ha-ri, yang membuat drama ini makin asyik ditonton.

Momen-momen patah hati Ha-ri saat pria yang ditaksirnya selama bertahun-tahun memilih perempuan lain juga membuat penonton merasa bersimpati padanya. Di luar drama ini. Se-jeong sebelumnya tampil dalam School 2017 dan Uncanny Counters.

Pemain lainnya yang aktingnya paling disukai penonton adalah Seol In-ah sebagai Young-seo, sahabat Ha-ri yang juga seorang chaebol. Selain lucu, Young-seo juga orang yang ceria dan baik. Seol In-ah pun pas memerankan karakter dengan kepribadian itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)