Artis Korea yang Daftar Jadi Pendonor Organ, Ada yang Sampai Bikin Tato

Senin, 07 Maret 2022 - 14:32 WIB
loading...
Artis Korea yang Daftar Jadi Pendonor Organ, Ada yang Sampai Bikin Tato
Soyeon (G)I-DLE menjadi salah satu pendonor organ dan mengabadikannya lewat tato. Foto/Instagram @tiny.pretty.j
A A A
JAKARTA - Artis Korea ternyata tak ragu menjadi pendonor organ tubuh karena melihat masih sedikit orang yang melakukan aksi mulia tersebut.

Mengutip artikel dari Korea Times yang dirilis pada 2018, ada lebih dari 30 ribu orang yang menanti bantuan organ tubuh di Korea Selatan. Namun hanya 9,95 orang dari 1 juta penduduk yang mau melakukannya.

"Persepsi warga Korea tentang donor organ tubuh semakin positif dalam beberapa tahun terakhir, tapi hanya 2,6% yang berjanji akan menjadi donor," ujar perwakilan Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC).

Meski begitu, pada 25 Agustus 2021, Sports Chosun memberitakan bahwa sebanyak 7.042 orang mendaftar menjadi donor organ setelah menonton drama Hospital Playlist 2. Angka ini disampaikan langsung oleh Sanggi Organ Donation Movement yang menyampaikan rasa terima kasihnya pada tim drama tersebut.

Pada episode 3 Hospital Playlist 2 diceritakan tentang dua ibu yang memiliki anak tengah menunggu transplantasi jantung. Kemudian pada episode 7 juga diceritakan seorang pria yang mendonasikan organ untuk ibunya yang mengalami kematian otak.

Sebanyak 60% warga Korea mengaku bahwa mereka mengetahui tentang donasi organ tubuh lewat televisi. Sementara 35,3% lewat blog, komunitas, dan media sosial.

Tak hanya warga biasa, para selebritas Korea , terutama para idol K-pop juga turut terlibat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat umum tentang pentingnya donasi organ tubuh bagi yang membutuhkan.

Berikut ini tiga idol yang secara publik menyatakan bahwa mereka akan mendonasikan organ tubuhnya. Perlu diketahui, organ tubuh tertentu bisa didonasikan meski pemiliknya masih hidup, misalnya sebagian ginjal, sebagian hati, juga bagian dari paru-paru, pankreas, dan usus.

1. Soyeon (G)I-DLE

Artis Korea yang Daftar Jadi Pendonor Organ, Ada yang Sampai Bikin Tato

Foto: Instagram @tiny.pretty.j

Lewat siaran Vlive pada pertengahan tahun lalu, Soyeon mengumumkan bahwa ia menjadi pendonor organ. Rapper, penulis lirik, dan produser musik berusia 23 tahun itu bahkan menampilkan tato denyut jantung di belakang lengannya sebagai tanda bahwa ia adalah seorang pendonor.

Baca Juga: Karyawan SM Entertainment Protes Tak Dapat Bonus meski Perusahaan Untung Besar

"Saya berpikir tentang apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain di dunia ini, dan aku sampai pada keputusan ini (mendonorkan organ tubuh). Aku memikirkannya dengan sangat masak-masak," ujar Soyeon saat itu.

2. Mina TWICE

Artis Korea yang Daftar Jadi Pendonor Organ, Ada yang Sampai Bikin Tato

Foto: Instagram @twicetagram

Sebelum Soyeon, Mina sudah lebih dulu mengumumkan bahwa ia adalah pendonor organ tubuh. Member TWICE asal Jepang ini tercatat sudah menjadi pendonor organ sejak 2013. Selain itu, merayakan 800 hari debutnya bersama TWICE pada 2018 lalu, ia juga menjadi pendonor di Korea dengan memamerkan kartu donornya.

"Pada akhir tahun ini, aku mendaftar sebagai pendonor organ. Untuk ONCE yang selalu mendukung kami dan memberi kami kekuatan, terima kasih banyak," tulis penyanyi berusia 24 tahun itu.

Baca Juga: 10 Soundtrack Drama Korea Terbaik Sepanjang Sejarah untuk Momen Baper

3. Youngjae GOT7

Artis Korea yang Daftar Jadi Pendonor Organ, Ada yang Sampai Bikin Tato

Foto: Sublime Artist Agency

Mengutip Soompi, pada Agustus 2020, penyanyi sekaligus aktor berusia 25 tahun ini telah resmi menjadi pendonor organ.

"Mendonasikan organ tubuh kita adalah sesuatu yang bisa menjadi berkah buat orang lain, sesuatu yang bisa memberikan kebahagiaan dan harapan buat seseorang," ujarnya.

"Aku selalu berpikir bahwa orang yang punya simbol pendonor di SIM-nya adalah orang yang keren. Aku juga ingin keren seperti itu. Ini adalah kesempatan yang aku syukuri," imbuhnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8379 seconds (0.1#10.140)