10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:46 WIB
loading...
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit
Sebagian besar orang beranggapan kalau drama Korea selalu menampilkan cerita yang menarik dan menyentuh hati. Tapi, ada juga yang punya pendapat tidak populer. (Foto: Marie Claire)
A A A
Popularitas drama Korea (drakor) terus meningkat dengan sejumlah platform streaming kondang seantero jagat juga turut memproduksinya. Mereka berlomba menampilkan drama dengan cerita menarik dengan dibintangi bintang drakor yang juga ternama. Namun, tetap saja, keputusan ada di tangan penonton.

Sebagian orang berpendapat kalau drakor ini nagih alias nyandu. Satu episode sepertinya tidak cukup untuk memuaskan hasrat menonton orang. Jadi, mereka akan terus mengikuti drama ini sampai tamat. Emosi yang tercipta membuat penonton jadi lengket pada drama tersebut.

Namun, meski drakor sangatlah populer, ada sejumlah opini kontroversial tentang mereka secara umum, terhadap serial tertentu dan terhadap aktor tertentu seperti Lee Min-ho dan IU. Mereka membagikan pandangan mereka ini di Reddit. Beberapa di antaranya seperti dikutip dari Screen Rant di bawah ini.



1. Drakor itu overrated
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Tak dimungkiri, drakor memang sangat populer. Terutama dari melejitnya serial seperti Squid Game. Namun, tak semua orang suka dengan drakor ini. Seorang pengguna Reddit menyatakan kalau drakor itu overrated dan orang-orang tidak memberikan drama lain dari Asia dengan banyak perhatian serupa.

Kalau dipikir-pikir, pendapat ini juga ada benarnya karena sebagian besar drama Asia yang tayang di platform seperti Netflix memang berasal dari Korea. Meski begitu, sejumlah drama Asia lain juga mulai mendapatkan perhatian lebih. Misalnya, Alice in Borderland yang merupakan dorama alias drama Jepang. Sementara, ada juga sejumlah drakor yang merupakan remake drama lain Asia, tapi malah jadi lebih populer dari aslinya, seperti Boys over Flowers.

2. Lompatan waktu itu tidak perlu
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Titik plot umum di akhir sejumlah drakor adalah adegan bergaya epilog yang memperlihatkan para tokoh utamanya beberapa tahun kemudian. Bagi, sebagian besar pasangan in, adegan itu menampilkan mereka menikah dan punya anak. Akun --NO_CHILL-- di Reddit mengatakan, tipe ending seperti ini adalah kiasan menjengkelkan yang tidak manambah apa pun pada hubungan yang mereka bangun di sepanjang serial itu.

Epilog sering kali berarti memberikan kelegaan bagi audiens tentang karakter yang telah mereka ikuti sejak awal. Setidaknya, mereka jadi tahu seperti apa masa depan mereka. Sayangnya, banyak drakor yang memasukkan lini cerita yang sama untuk epilog seperti ini. Ini membuat langkah seperti itu jadi klise.

3. Drakor tidak perlu ber-season-season
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Satu alasan mengapa drakor jadi begitu populer adalah karena lini ceritanya biasanya berjalan satu season yang berisi 16–20 episode. Kini, banyak drama yang bergerak menjadi banyak season dengan episode yang lebih sedikit. Kingdom, misalnya, yang menjadi 2 season dengan tiap season terdiri atas 6 episode.

Akun PetiteEngineer di Reddit mengomentari pemecahan drama menjadi ber-season-season itu. “Alasan saya menonton drakor karena selesai dalam 16 episode mingguan," katanya. Bagi banyak orang, drama satu season lebih menarik karena mereka tidak perlu terlarut dalam cerita. Tapi, belakangan, banyak drakor yang punya cerita yang terlalu rumit untuk diselesaikan dalam satu season, yang membuat penontonnya berharap lebih.

4. Bukan penggemar karakter bermusuhan yang kemudian jadi kekasih
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Seperti banyak serial di televisi, drakor juga bersalah dalam menggunakan sejumlah kiasan dengan sedikit variasi. Salah satunya adalah musuh yang menjadi sepasang kekasih. Biasanya, pasangan utama ini awalnya saling bermusuhan, tapi akhirnya saling jatuh cinta dan hidup bahagia selamanya.

Ini adalah plot populer, terutama karena penonton menikmatinya. Tapi, beberapa orang, sepeti fatterirl di Reddit, tidak menikmati lini cerita seperti itu. “Saya lebih suka drama di mana ada ketertarikan dan chemistry insan,” kata dia.

Kiasan insta-cinta itu adalah salah satu yang paling umum yang sering kali pas atau tidak mengena pada audiens. Kalau dibuat dengan benar, cinta pada pandangan pertama bisa berjalan dengan baik, dengan memberikan pasangan yang didambakan orang. Tapi, sejumlah orang menikmati drama yang muncul dari permusuhan yang berubah menjadi pasangan kekasih karena kemarahan dan ketegangan yang ditunggu para penonton berubah menjadi cinta.

5. Twist koneksi saat masih kecil itu tidak penting
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Drakor itu populer karena memberikan sejumlah twist plot epik. Yang paling umum, terutama di drakor cinta-cintaan, adalah di mana pasangan utamanya ternyata punya hubungan saat masih anak-anak. Ini biasanya terungkap di tengah atau akhir drama.

Akun Kingniel di Reddit mengomentari tipe plot twist seperti ini. “Kadang, saya hanya mau orang dewasa bertemu saat dewasa dan jatuh cinta tanpa kenangan cerita pertama yang menekan,” kata dia.

Ini sebenarnya adalah titik plot menarik karena menambah lapisan intrik kalau dieksekusi dengan baik. Misalnya di Secret Garden. Di drama ini, Kim Joo-won ingat ketika dia melihat Gil Ra-im saat dia remaja setelah ayahnya meninggal dunia karena menyelamatkannya. Di sebagian besar waktu, ini biasanya tidak penting dan tidak menambahi poin cerita itu.

6. Sad ending tidak terlalu buruk
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Sebagian besar serial televisi dan film berakhir dengan catatan yang bahagia, dengan kemenangan atas penjahat atau pasangan utamanya hidup bahagia selamanya. Akun --NO_CHILL-- mengomentari kebiasaan serial yang memaksa happy ending. “Saya tidak benci sad endingterutama kalau itu masuk akal,” kata dia.

Sementara happy ending itu bagus dan ideal, ketika terlalu umum, jadi lebih sulit untuk menikmati dan menerimanya. Sejumah drakor melibatkan plot twist yang mematahkan hati dan juga sad ending. Meskipun itu tragis, itu bisa diterima ketika masuk akal seperti The Smile Has Left Your Eyes.

7. Tidak suka lini cerita gender yang dibengkokkan
10 Opini Tak Populer tentang Drama Korea Menurut Reddit

Sejumlah drakor punya lini cerita di mana satu karakternya harus berpura-pura menjadi gender sebaliknya, gayanya mirip Twelfth Night-nya Shakespeare. Drakor yang menggunakan lini cerita ini salah satunya adalah You’re Beautiful. Di drakor ini, Ko Mi-nam yang akan menjadi biarawati menggantikan saudara kembar laki-lakinya dengan menyamar sebagai saudara kembarnya itu. Dia kemudian bergabung dengan sebuah boy band populer, sehingga dia tidak kehilangan kesempatan menjadi idol.

Akun tistock di Reddit punya pandangan atas kiasan ini. Dia mengatakan kalau dia benci, dengan sangat mendalam, gender yang dibengkokkan. Ini karena sejumlah drakor bisa melakukannya dengan baik. Misalnya, Secret Garden yang menempatkan putaran unik di mana karakternya bertukar jiwa dan memainkan karakter lain dengan akurasi yang lucu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)