10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:36 WIB
loading...
10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!
Bintang K-pop legendaris PSY termasuk tiga besar idol terkaya di Korea Selatan. Foto/P Nation
A A A
JAKARTA - IdolK-pop yang menyandang status terkaya tentu tidak cuma mengandalkan kemampuan menyanyi saja, tapi juga merambah ke aktivitas atau bisnis lainnya.

Sebagian besar idol terkaya menginvestasikan uang mereka serta berkembang keluar dari industri musik atau masuk ke industri hiburan lebih dalam, seperti membuat agensi atau label musik.

Data kekayaan dari para idol terkaya ini memperhitungkan uang yang diperoleh melalui musik, investasi, endorsement, penampilan di televisi, pemasaran di media sosial, dan film.

Tentu saja, data ini hanya perkiraan, karena tidak mungkin mengetahui secara persis jumlah total harta mereka. Berikut daftarnya mengutip Seoulspace.

1. JYP (Jin Young Park) - Rp3,5 Triliun

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: via Soompi

Pendiri JYP Entertainment ini sukses sejak pertengahan tahun 1990-an sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu. Namun kekayaan terbesarnya adalah dari JYP Entertainment yang dibangunnya sejak 1997.

JYP berkembang tak hanya sebagai perusahaan manajemen artis, tapi juga label rekaman, perusahaan produksi, dan perusahaan manajemen acara. Selain itu JYP Entertainment memiliki berbagai anak perusahaan dan divisi di seluruh dunia dengan grup legendaris seperti Wonder Girls, 2PM, dan 2AM.

Hingga saat ini, Jin Young Park tetap tampil dan memproduksi lagu, yang terbaru adalah pada 2020. Ia merilis single berjudul When We Discobersama Sunmi.

Sebagai pemilik JYP. Jin Young Park memiliki 17,8% saham senilai USD169 juta (Rp2,4 triliun). Sementara kekayaan bersihnya mencapai USD250 juta atau Rp3,5 triliun.

2. Kim Jae-Joong TVXQ - Rp1 Triliun

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@jj_1986-jj

Kim Jae-joong adalah penyanyi dari generasi kedua K-pop, juga penulis lagu, aktor, sutradara, desainer, dan pengusaha. Dia juga memiliki banyak properti berharga fantastis, mulai dari apartemen, penthouse, termasuk gedung tujuh lantai dengan harga jutaan dolar.

Selain itu dia memiliki kedai kopi Bernama Café J-Holic di Myendong dan Coffe Cojje di Samsung-dong. Jae-joong juga memiliki restoran Jepang, bar, hingga kafe dan mal di Jepang. Dia dikenal memiliki banyak mobil mewah di Jepang seperti Mercedes Benz, Ferari 458, dan Lamborghini Murcielago LP-640.

Pada 2015, Jaejoong memulai perusahaan modenya. Dengan banyaknya aset yang dia miliki tidak heran kekayaan bersihnya mencapai USD70 juta atau setara dengan Rp1 triliun.

3. PSY (Park Jae-Sang) - Rp930 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram @42psy42

Legenda hallyu iini adalah rapper, penyanyi, penulis lagu, aktor, dan produser rekaman. Berkat lagu Gangnam Style,ia mampu menghasilkan lebih dari USD28 juta (Rp400 miliar), dengan USD20 juta (Rp286 miliar) didapat dari YouTube dan layanan streaming.

Dia juga bisa mendapatkan lebih dari satu juta pengikut di Instagram dengan honor endorsement mencapai USD2 ribu (Rp28,6 juta).untuk satu unggahan. PSY juga memiliki kondominium di Westwood yang diperkirakan bernilai USD1,5 juta (Rp21,4 miliar).

Selain itu dia juga melalukan endorsement dengan beberapa merk global seperti Wonderful Pistachios, dan merk lokal Korea seperti Shin Ramin. Dengan banyaknya pemasukan yang dimilikinya, tidak heran kekayaan bersihnya mencapat USD65 juta atau Rp930 miliar.

4. G-Dragon Big Bang (Kwon Ji-Young) - Rp800 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@xxxibgdrgn

G-Dragon adalah seorang rapper, penulis lagu, produser, model, dan trend setter mode. Dia juga adalah leader grup hip hop Big Bang yang telah banyak menulis lagu hit mereka. Per Desember 2021, G-Dragon sudah memiliki 174 lagu di bawah hak ciptanya. -

Ia juga punya merek mode sendiri yang dinamakan Peaceminusone yang kerap berkolaborasi dengan merek populer seperti Nike. Ia juga punya lini perhiasan dan menjadi duta bagi Chanel. Di luar itu, G-Dragon menghasilkan banyak uang dari investasinya di kafe, restoran, hotel, dan apartemen di Korea.

G-Dragon juga menjadi bintang K-pop pertama yang menandatangani kesepakatan endorsement dengan perusahaan China. Kekayaan bersih yang dimilikinya diperkirakan mencapai USD60 juta atau Rp800 miliar.

5. Rain (Jung Ji-Hoon) - Rp800 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@rain_oppa

Rain adalah seorang penyanyi, penulis lagu, penari, produser musik, dan aktor. Kesuksesan pertamanya datang pada 2002 ketika ia merilis album solo pertamanya dan muncul dalam sebuah acara di Korea.

Dia telah melakukan tur dunia besar dan telah membintangi film Korea dan Amerika (Ninja Assassin). Pada 2015, Rain mendirikan perusahaannya yang dinamai Rain Company.

Rain menikah dengan Kim Tae-hee yang merupakan salah satu aktris perempuan papan atas di Korea. Mereka sekarang memiliki sebuah bangunan bernama Rain Avenue di Cheongdam yang bernilai USD42 juta (Rp601 miliar), yang dipakai sebagai kantor perusahaan hiburannya.

Sementara mereka tinggal di rumah bernilai USD5 juta (Rp71 miliar). Mereka dianggap sebagai pasangan selebriti terkaya di Korea. Keseluruhan kekayaan bersih yang dimiliki Rain mencapai USD60 juta atau Rp800 miliar.

Baca Juga: 5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

6. Choi Siwon Super Junior - Rp780 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@siwonchoi

Siwon adalah seorang penyanyi, model, penulis lagu, aktor, dan pengusaha. Dia adalah anggota Super Junior yang memiliki banyak album nomer satu di Korea dari 2007 hingga 2017.

Siwon juga banyak membintangi film dan drama Korea. Dia berasal dari keluarga kaya yang merupakan pemilik Hyundai Departement Store.

Pada 2015, Siwon ditunjuk sebagai pewakilan khusus Komite Korea Selatan untuk UNICEF. Dia banyak menjadi bintang iklan tidak hanya di Korea tetapi juga di China, Thailand, bahkan Indonesia.

Baru-baru ini juga dia membuat kanal YouTube dan kurang dari sebulan sudah mendapatkan lebih dari 250 ribu subscriber. Kekayaan bersih yang dimiliki Siwon diperkirakan mencapai USD55 juta atau Rp780 miliar.

7. IU (Lee Ji-Eun) - Rp716 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@dwlrma/

IU dianggap sebagai salah satusolois dan bintang K-pop paling populer. IU dikenal karena mangaransemen dan memproduksi lagu-lagunya sendiri dan telah sukses menjadi model dan aktris. Dia telah menulis lebih dari 50 lagu untuk albumnya, drama atau film Korea, serta untuk musisi lainnya.

IU juga laris sebagai bintang iklan dari perusahaan seperti Samsung dan Sony Korea. Kekayaan bersih yang dimiliki IU diperkirakan mencapai USD50 juta atau Rp716 miliar.

8. Lee Hyori - Rp644 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram@leehyori.the1

Lee Hyori adalah bagian dari generasi pertama bintang K-pop. Dia memulai kariernya bersama girl grupFin.K.L. Pada 2006, dia adalah penyanyi K-pop perempuan dengan bayaran tertinggi. Namun penghasilannya lebih banyak didapatkan dari iklan dan endorsement untuk perusahaan seperti Samsung dan merek soju Korea Chum-Churum.

Dia menikah dengan produser yang sangat kaya bernama Lee Sang-soon pada 2013. Bersama-sama mereka menghasilkan variety show yang sangat populer Hyori's Bed and Breakfast.Syutingnya dilakukan di properti milik Hyori yang disebut Hyori’s Homestay yang ada di Pulau Jeju.

Selain menyanyi Hyori juga berakting dalam drama Korea dan film. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai USD45 juta Rp644 Miliar.

9 Taeyang Big Bang (Dong Young-Bae) - Rp572 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram @__youngbae__

Taeyang adalah seorang penyanyi dan penulis lagu. Dia adalah anggota Big Bang yang juga memiliki karier solo yang sukses. Mirip dengan G-Dragon, Taeyang juga merupakan ikon mode dan telah melakukan kolaborasi dengan Fendi untuk Fendi for Taeyang.

Dia sebuah rumah yang bernilai sekitar USD3,5 juta (Rp50 miliar). Selain itu, Taeyang memiliki sebuah bangunan yang bernilai lebih dari USD7 juta (Rp100 miliar). Dia juga pemegang saham di YG Entertainment dan dilaporkan telah menginvestasikan USD600 ribu (Rp8,5 miliar) di perusahaan tersebut.

Kekayaan bersih yang dimiliki Taeyang diperkirakan mencapai USD40 juta atau setara dengan Rp572 miliar.

Baca Juga: 6 Boy Group K-Pop Beken yang Kontraknya Habis pada 2022, Lanjut atau Bubar?

10. T.O.P Big Bang (Choi Seung-Hyun) - Rp572 Miliar

10 Idol K-Pop Terkaya, Hartanya Sampai Triliunan Rupiah!

Foto: Instagram @choi_seung_hyun_tttop

T.O.P adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu untuk Big Bang. Kini ia lebih banyak terlibat sebagai produser rekaman dan aktor. Tarif endorsement-nya mencapai USD500 ribu (Rp7,1 miliar) selama enam bulan.

Dia juga memiliki sebuah vila yang bernilai lebih dari USD2,5 juta (Rp35,7 miliar) Dia mengungkapkan kepada para penggemarnya bahwa dia telah membeli ladang anggur di Argentina yang diketahui memproduksi rata-rata 8.000 botol anggur.

Dia juga memiliki sebuah bangunan di Hannam yang bernilair lebih dari 2 juta dollar (Rp28,6 miliar). Kekayaan bersih yang dimiliki oleh T.O.P diperkirakan mencapai USD40 juta atau Rp572 miliar.

Sementara urutan 11-20 terkaya berturut-turut adalah Dara 2NE1, Jessica Jung Girls' Generation, J-Hope BTS, Suga BTS, BoA, Yoona Girls' Generation, Suzy, RM BTS, Jimin BTS, dan Jungkook BTS.

Wulan Sari
Kontributor GenSINDO
Universitas Pendidikan Indonesia
Instagram: @wulansari_239
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2934 seconds (0.1#10.140)