Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan

Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan
Misaeng yang menceritakan kehidupan anak magang bakal mengajarkan kamu tentang peliknya dunia kerja. Foto/TvN
JAKARTA - Drama Korea gak cuma menyajikan drama yang bikin gemas, tapi kita juga bisa mendapat pemahaman tentang bagaimana hidup berjalan.

Nah, berikut ini beberapa drama Korea yang bisa kamu tonton kalau mau belajar sedikit tentang kehidupan, mulai kehidupan anak kos sampai dunia kerja.

1. MISAENG

Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan

Foto: tvN

"Misaeng" menggambarkan kehidupan Jang Geu Rae, seorang anak magang dengan lika-liku kehidupannya. Drama ini cocok untuk kamu yang baru terjun ke dunia kerja. Drama ini disebut sebagai salah satu drama yang tepat menggambarkan kehidupan nyata.

Geu Rae adalah anak magang yang cuma bermodal sertifikat SMA. Gara-gara ini, dia sering dianggap rendah oleh anak magang maupun karyawan lainnya. Tiap kesalahan yang dilakukannya, baik karena memang gak paham atau karena sengaja dirancang orang lain untuk menjatuhkannya, ada di sini.

Kalau nonton ini, kamu bisa belajar tentang cara mengasah diri dan mentalitas dalam dunia kerja. Termasuk juga gimana menjalin relasi dengan banyak orang yang bisa berperan penting untuk keberlangsungann pekerjaan kamu. Jangan berharap ada cerita tentang kisah cinta di sini ya, gengs! Karena "Misaeng" benar-benar hanya menggambarkan kehidupan seorang karyawan biasa.

2. AGE OF YOUTH

Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan

Foto: JTBC

"Age of Youth" atau biasa juga disebut "Hello, My Twenties!" mengisahkan kehidupan cewek-cewek kampus yang menyewa rumah bersama. Cocok banget, nih, dengan kita yang masih kuliah dan tinggal di kos-kosan karena ceritanya nyambung banget.

Ada lima tokoh dalam serial ini, yaitu Yoon Jin Myung si mahasiswa yang lagi cuti dan harus bekerja di berbagai tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup, Kang Yi Na si cewek fancy yang suka kemewahan, Jung Ye Eun si perempuan feminin yang terjebak dalam toxic relationship, Song Ji Won si perempuan heboh yang punya kepribadian unik, serta Yoon Eun Jae si mahasiswa baru yang kelewat polos.

Serial ini bakal mengajarkan kita untuk menerima dan mengatasi masalah yang muncul karena masalah masing-masing individu. Lebih singkatnya, sih, different people, different problems, and different solutions.

3. BE MELODRAMATIC

Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan

Foto: JTBC

Seperti judulnya, "Be Melodramatic" mengajak para penonton untuk menunjukkan sisi melodramatis kita, terlepas dari apa pun. Secara garis besar, drama ini menceritakan kegagalan cinta yang membuat trauma, dan gimana untuk hidup berdampingan dengan kenangan buruk tersebut.

Ada tiga tokoh utamanya yang bersahabat, yaitu Hwang Han Joo, Im Jin Joo, dan Lee Eun Jung. Mereka saling bantu dalam mengatasi masalah tentang cinta dan karier yang saling bertolak belakang, hingga cinta yang gak pernah mati.

Masalah-masalah psikis dan mentalitas pun banyak diangkat dalam serial ini. Untuk kamu yang terjebak dalam kisah traumatis dalam cinta atau kehidupan, serial ini mungkin bisa membantu kamu untuk sembuh pelan-pelan.

4. WHEN THE CAMELIA BLOOMS

Rekomendasi Drama Korea untuk Belajar tentang Realita Pahit Kehidupan

Foto: KBS

Drama ini baru aja memenangkan empat penghargaan dalam Baeksang Awards 2020. Banyak pujian diberikan karena serial ini dianggap bisa menggambarkan kehidupan seorang ibu tunggal secara realistis. Dengan latar tempat dan visual yang sangat mendukung penggambaran kehidupan perempuan biasa, drama ini banyak memunculkan masalah domestik yang banyak kita rasakan dalam berkehidupan sosial.
halaman ke-1
Share: