7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Jum'at, 26 November 2021 - 19:19 WIB
loading...
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar
Anime terbaik adalah anime yang diproduksi studio yang juga punya reputasi terbaik. Di antara studio anime di Jepang, penonton punya studio terbaik mereka. (Foto: Bleeding Cool)
A A A
Anime adalah salah satu media hiburan yang berkembang pesat belakangan ini. Salah satu cara terbaik untuk mencari anime baru adalah melihat studio animasi yang memproduksi konten berkualitas. Selain itu, juga mengecek karya lain yang telah mereka buat.

Sejumlah studio ada yang memproduksi beragam serial yang membingungkan sementara masih menonjolkan penampilan khas mereka. Lainnya, punya tubuh kerja yang lebih kecil. Tapi, serial yang mereka produksi membuat mereka jadi diperhitungkan.

Sejumlah penggemar mungkin akan kaget kalau tahu beberapa anime kesayangan mereka berasal dari satu studio animasi. Mungkin, ada yang tidak tahu kalau My Hero Academia, Fullmetal Alchemist dan Darker than Black keluar dari studio yang sama. Lantas studio animasi mana saja yang dianggap terbaik oleh para penggemar? Mengutip Ranker, berikut peringkatnya!



7. Studio Ghibli
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Studio Ghibli adalah salah satu studio anime yang paling gampang dikenal orang. Dipimpin Hayao Miyazaki yang legendaris, studio ini telah memproduksi sejumlah film paling spektakuler. Film-film animasi mereka ini muncul dengan cerita yang tidak lekang waktu yang menampilkan para gadis muda dengna pesan tentang lingkungan dalam dan peran manusia. Film produksi Studio Ghibli terkondang antara lain adalah My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Grave of the Fireflies, dan Spirited Away. Ada sejumlah cerita spektakuler lain dari studio ini yang juga sangat layak tonton.

6. Kyoto Animation
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Studio ini bertanggung jawab atas sejumlah sebagian besar anime terkondang dalam sejarah. Ini termasuk The Melancholy of Haruhi Suzumiya, CLANNAD, and Full Metal Panic. Meskipun gaya mereka telah berevolusi sepanjang waktu, karakter produksi Kyoto Animation gampang dikenali. Studio ini mempertahankan gaya berkualitas tinggi dan berbeda dengan menjaga satu tim animator bergaji sebagai staf, bukannya bergantung pada freelancer (pegawai lepas).

5. Wit Studio
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Wit Studio adalah cabang Production IG. Anime debut mereka, Attack on Titan, tayang pada 2013 dan segera mendapatkan tempat di antara anime terbaik sepanjang masa. Sejak saat itu, Wit Studio terus mengejutkan penggemar mereka dengan anime-anime seperti Vinland Saga, Seraph of the End, dan The Ancient Magus’ Bride.

4. MAPPA
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Seorang mantan pegawai Madhouse bernama Masao Maruyama memulai MAPPA pada 2011. Sejak saat itu, studio ini telah menelurkan sejumlah hits. Anime pertamanya, Kids on the Slope, adalah cerita tak lekang waktu yang diceritakan lewat jazz. MAPPA juga bertanggung jawab atas Terror in Resonance, satu dari sedikit anime yang secara langsung mengangkat masalah terorisme. MAPPA mengangkat materi yang tidak akan diangkat studio lain yang membantu studio ini jadi terkenal dalam waktu singkat.

3. Studio Bones
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Studio Bones sudah ada sejak 1998. Mereka bertanggung jawab atas anme seperti Fullmetal Alchemist, My Hero Academia, Mob Psycho 100, Ouran High School Host Club, dan Wolf's Rain. Studio ini didirikan sejumlah mantan karyawan Studio Sunrise, yaitu Masahiko Minami, Hiroshi Osaka, dan Toshihiro Kawamoto. Setelah Osaka meninggal dunia akibat kanker pada 2007, Makoto Watanabe dan Takahiro Komori bergabung ke dewan direksi. Sensibilitas artistik Komori bahkan memberikan desain karakter sejumlah serial. Proyek yang dia tangani sebelumnya antara lain adalah Angelic Layer, Scrapped Princess, dan Darker than Black.

2. Ufotable
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Sejumlah mantan staf Telecom Animation Film—cabang TMS Entertainment—mendirikan Ufotable pada 2000. Sementara serial anime pertama mereka dirilis pada 2002, mereka tidak mendapatkan gebrakan besar sampai merilis The Garden of Sinners pada 2007. Ufotable dikenal karena menggarap serial Fate seperti Fate/Zero dan Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Karya lainnya termasuk God Eater dan Tales of Zestiria the Cross. Dengan kesuksesan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Ufotable telah naik ke puncak sebagai salah satu studio anime terpopuler di Jepang.



1. Madhouse
7 Studio Animasi Pembuat Anime Terbaik Menurut Penggemar

Pada 1972, sekelompok animator berkemampuan tinggi meninggalkan Mushi Production—studio Osamu Tezuka—dan mendirikan Madhouse. Sejak saat itu, studio tersebut telah memproduksi hit demi hit. Tim ini merekrut sutradara kelas dunia seperti Satoshi Kon dan bekerja dekat dengan artis manga seperti Naoki Urasawa dan CLAMP untuk mengadaptasi karya mereka menjadi anime yang mendalam. Mereka bertanggung jawab atas segalanya dari Card Captor Sakura sampai Death Note.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)