Makna Plat Nomor dalam Video IU 'Strawberry Moon', Ternyata Terkait Sains dan Budaya

Makna Plat Nomor dalam Video IU Strawberry Moon, Ternyata Terkait Sains dan Budaya
Plat nomor dalam video musik IU yang berjudul Strawberry Moon ternyata punya beberapa makna terkait sains dan budaya. Foto/YouTube IU Official
SEOUL - Video musik Strawberry Moon yang dinyanyikan IU memakai konsep kencan fantasi sampai ke bulan, dan punya kode khusus di dalamnya.

Dalam lirik lagunya itu, IU menggambarkan indahnya perasaan jatuh cinta. Sementara video musiknya menggambarkan dirinya dan aktor Lee Jong-won berkendara di atas awan.

Nah, yang mungkin meleset dari mata para penonton video ini adalah, mobil yang mereka kendarai ternyata diberi plat nomor, dan angkanya adalah JUN 14-2022.

Baca Juga: Makna Lagu Strawberry Moon dari IU, Jatuh Cinta Berjuta Rasanya



Dalam video yang dirilisnya kemarin (19/10) di kanal YouTube IU Official, penyanyi dan aktris ini menjelaskan makna angka dan huruf tersebut. Katanya, itu adalah hari saat 'bulan stroberi' akan muncul lagi, yaitu pada 14 Juni 2022.

Makna Plat Nomor dalam Video IU 'Strawberry Moon', Ternyata Terkait Sains dan Budaya

Foto: YouTube 1theK

Lebih menarik lagi, kalau dalam kalender bulan, tanggal itu merujuk pada 16 Mei, yang adalah hari ulang tahun IU. Kalender bulan atau lunar dihitung berdasarkan fase bulan.

Istilah 'bulan stroberi' berasal dari suku asli Amerika. Saat mereka melihat bulan purnama pada Juni yang sekaligus purnama terakhir di musim semi, maka itulah saatnya bagi mereka untuk memanen stroberi.

Tak hanya itu, 14 Juni juga menjadi hari romantis di Korea, yang disebut Kiss Day. Pada hari itu, mereka yang berpasangan bisa berciuman di depan umum tanpa harus dipandang aneh. Seperti diketahui, masyarakat Korea secara umum masih menganggap bermesraan di ruang publik sebagai sesuatu yang tidak lazim.
halaman ke-1
Share: