9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Senin, 18 Oktober 2021 - 21:21 WIB
loading...
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game
Tantangan permen dalgona di Squid Game telah menjelma menjadi tren tersendiri di antara para penontonnya. Mereka banyak yang mencoba permainan itu dan gagal. (Foto: Insider)
A A A
Tantangan permen dalgona di Squid Game menciptakan kehebohan dan tren tersendiri di kalangan para penikmat serial laris Netflix itu. Di serial tersebut, para pemain permaianan itu terlihat memotong bentuk yang tercetak di tengah permen dalgona. Terlihat sepele, tapi banyak yang gagal melakukannya.

Dalgona adala permen keras dan manis di Squid Game. Toffee caramel itu sering dicetak dengan bentuk lucu. Permen ini adalah jajanan jalanan di Korea Selatan, tapi sejak tampil di Squid Game, jajanan ini jadi populer di seluruh dunia.

Permainan itu sepertinya mudah jika dilihat. Tapi, para peserta kemudian sadar kalau jajanan populer itu sulit dilepas ketimbang penampakannya. Ini menjadikannya sebagai salah satu tantangan tersulit di Squid Game. Mengutip ScreenRant, berikut sejumlah fakta menarik permen Squid Game tersebut!



9. Bukan permen baru
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Dalgona sudah dimakan selama pulihan tahun di Korea Selatan. Permen ini awalnya ada pada 1970-an dan 1980-an. Permen itu adalah cara murah untuk mendapatkan jajanan enak yang tidak butuh waktu lama untuk dibuat. Saat ini, dalgona dianggap sebagai permen retro. Permen ini kembali dijual dalam beberapa tahun terakhir. Kini, setelah Squid Game, permen itu menjadi bagian tantangan TikTok dan tutorial di YouTube.

8. Street Food yang populer
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Di jalanan di Seoul, penjual dalgona bertebaran di mana-mana. Masing-masing penjual dilengkapi dengan pembakar kecil, sendok sayur, dan bahan-bahan sederhana untuk membuat dalgona. Jajanan ini disukai anak-anak bukan hanya karenan rasa karamel asapnya, tapi juga karena bentuk aneh-aneh yang tercetak di tengahnya. Pedagang berbeda akan punya cara unik masing-masing untuk menempatkan tanda khas mereka di dalgona dagangan mereka. Beberapa di antaranya lebih mudah dilepas.

7. Punya permainan sendiri
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Dalgona kadang-kadang disebut sebagai ppopgi, yang juga merupakan nama permainan anak-anak yang memakannya. Para pedagang jajanan ini terkadang memberikan hadiah mainan kecil kalau mereka bisa melepas bentuk di tengah permen itu tanpa memecahkannya. Itu artinya, anak-anak itu akan mencoba beberapa dalgona untuk bisa menang.

Permainan dalgona di Squid Game itu adalah salah satu yang paling susah. Para kontestan diberi waktu 10 menit untuk memotong bentuk di tengah permen itu. Bentuknya pun bermacam-macam, dari segitiga sampai payung. Mereka akan tereliminasi kalau permen mereka retak meski hanya sedikit.

6. Pembuat permen untuk Squid Game menjual lebih dari 200 keping sehari
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Menurut Yahoo, An Yong-hui, pembuat permen di Squid Game, tidak bisa memenuhi permintaan atas permen itu setelah serial itu tayang pada September lalu. Biasanya, dia membuat 200 permen sehari. Tapi, setelah itu, permintaannya meroket sampai tiga kali lipat. Dengan kebutuhan ratusan dalgona sehari, penjual permen itu sampai tidak pulang selama sepekan. Dia menghabiskan waktunya membuat payung, bintang, lingkaran, dan segitiga seperti yang tampil di serial itu.

5. Resepnya sederhana
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Alasan mengapa dalgona sangat disukai adalah karena tidak butuh waktu untuk membuatnya. Orang bisa mengombinasikan bahan-bahan yang sebagian besar sudah ada di rumah. Bahan utamanya adalah gula, yang dicairkan sampai menggumpal di atas kompor.

Dengan menambahkan baking soda dengan takaran yang tepat, maka terjadilah reaksi yang menciptakan permen renyah yang cantik dan enak dimakan. Setelah dipindahkan dari kompor, adonan ini biasanya dituangkan dengan sendok sayur ke atas kertas roti parchment agar dingin. Lalu, adonan ini dipecah menjadi bagian-bagian lebih kecil kecil dengan tangan.

4. Jadi bagian tantangan yang sulit di TikTok
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Seperti di Squid Game, siapa pun yang berusaha memotong bentuk di tengah dalgona bakal kesulitan. Mau pakai tusuk gigi, jarum atau perlengkapan tipis lainnya, bahkan berusaha menyelusuri titik bintang, semuanya jadi sangat sulit. Tantangan dalgona ini menyapu TikTok dengan para penggunanya berusaha meniru kompetisi dari serial itu. Ketika mereka gagal, sebuah cuplikan seorang penjaga merah memegang senapan pun tampil. Ini mengindikasikan kalau mereka telah tereliminasi.

3. Bintang Squid Game pun tak bisa menyelesaikan tantangan itu
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Menurut para bintang Squid Game sendiri, hampir mustahil bisa memisahkan bentuk itu karena sifat rapuh gula. Tapi, berkat melakukannya di episode ketiga serial itu, mereka pun belajar cara baru. Termasuk apa yang dipakai Seong Gi-hun untuk melepas bentuk payungnya.

Empat bintang Squid Game, Wi Ha-jun, Kim Joo-yreong, Jung HoYeon dan Anupam Tripath ditantang untuk melakukan permainan itu oleh Men’s Health. Mereka pun berusaha melepas bentuk di permen tersebut. Sambil membahas proses syuting tantangan dalgona di Squid Game, mereka membuktikan betapa sulitnya permainan itu.

2. Ada di seluruh dunia
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Dalgona mungkin sangat populer di Korea Selatan. Tapi, versi lainnya bisa ditemukan di seluruh dunia. Di Selandia Baru, gula dan baking soda digabungkan dengan sirup jagung untuk membuat hokey pokey yang sedikit lebih tebal dari dalgona dan dipotog kotak. Di Hongaria, permen ini dikenal sebagai madu Turki dan dijual di pasar malam. Di Jepang, dikenal sebagai karumeyaki dan dijual di pinggir jalan.



1. Kopi
9 Fakta Menarik di Balik Tantangan Permen Dalgona di Squid Game

Sebelum permen dalgona jadi tren, internet sudah terlebih dahulu jatuh cinta dengan kopi dalgona. Kopi ini dibuat dengan mencampurkan kopi, gula bubuk dan air panas bersama-sama sampai membentuk campuran kocok yang bisa ditaruh di atas susu panas atau dingin. Topping berwarna karamel ini terlihat seperti permen dalgona dan rasanya pun sama.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)