4 Kode Tersembunyi Squid Game yang Diungkap Tim Produksinya

Senin, 18 Oktober 2021 - 11:09 WIB
loading...
4 Kode Tersembunyi Squid Game yang Diungkap Tim Produksinya
Warna langit biru dalam permainan red light, green light sengaja dibuat terlihat palsu oleh tim produksi Squid Game. Foto/Netflix
A A A
SEOUL - Cerita-cerita menarik seputar drama superhit Squid Game tak henti mengalir dari tim produksi maupun para pemainnya.

Kali ini, cerita seputar easter egg alias kode tersembunyi yang ada dalam scene-scene Squid Game diungkap art director Chae Kyoung Sun saat diwawancarai Korea JoongAng Daily. Berikut kutipannya.


1. BUNGA DI BELAKANG SAE-BYEOK DAN JI-YEONG

4 Kode Tersembunyi Squid Game yang Diungkap Tim Produksinya

Foto: Netflix

Chae Kyoung-sun mengaku menangis saat membaca skenario tentang Sae-byeok dan Ji-yeong terkait permainan gundu. Dia lalu membuat detail terkait scene dramatis ini, yang juga menjadi karya seni yang paling disukainya dalam Squid Game.

Detail tersebut adalah bunga yang ada di belakang Sae-byeok dan Ji-yeong saat mereka sedang berbincang-bincang. Bunga yang ada di belakang Sae-byeok adalah bunga segar yang hidup, sementara Ji-yeong justru sebaliknya. Inilah yang menjadi kode tentang nasib keduanya pada ujung episode ke-6.

Baca Juga: Kode 'Squid Game' Ini Ternyata Terpampang Nyata Sejak Awal, Ada yang Sadar?

2. WARNA KOSTUM


4 Kode Tersembunyi Squid Game yang Diungkap Tim Produksinya

Foto: Netflix

Warna hijau dari kostum peserta kompetisi menggambarkan situasi sosial politik di Korea pada 1970-an. Saat itu, pemerintah meluncurkan kampanye The Saemaul Movement, yang mewajibkan anak-anak sekolah di pedesaan memakai seragam olahraga berwarna hijau.

Tujuan kampanye ini adalah agar warga pedesaan bisa mengejar ketertinggalannya dari warga di perkotaan. Namun gerakan ini dikritik masyarakat karena dianggap menghapus dan menghancurkan budaya lokal, tradisi, dan kepercayaan di tiap-tiap daerah. Warna hijau ini juga dilihat di lorong kamar para staf.

Sementara warna pink yang menjadi warna kostum para staf dipakai karena warna ini erat kaitannya dengan dongeng. Selain itu, warna hijau dan pink juga sangat bertolak belakang dalam spektrum warna, yang sekaligus menggambarkan posisi yang berlawanan antara peserta dan staf kompetisi.

"Hijau selalu takut pada pink, karena pink selalu memonitor dan menekan hijau," ujar Chae Kyoung-sun.

Baca Juga: Makna Simbol di Kostum Drama Korea 'Squid Game', Terinspirasi dari Semut

3. DESAIN RUANGAN YANG TERLIHAT PALSU

4 Kode Tersembunyi Squid Game yang Diungkap Tim Produksinya

Foto: Netflix

Apakah kamu memperhatikan desain area yang dipakai untuk permainan red light, green light? Dalam adegan ini terlihat langit yang biru, dan siapa pun yang melihatnya akan tahu bahwa itu hanyalah langit palsu.

Sama halnya dengan desain untuk permainan gundu. Langit petang juga terlihat palsu, tapi detail rumahnya dibuat sangat mirip rumah sungguhan.

Nah, rupanya desain yang terlihat palsu ini memang sengaja dibuat seperti itu. Tujuannya untuk membuat peserta kompetisi kesulitan membedakan antara kenyataan dan fiksi. "Semuanya terlihat palsu, jadi peserta menganggap bahwa ini hanya permainan belaka dan mereka tidak akan mati di sana," ucapKyoung-sun.

Baca Juga: 10 Serial Anime tentang Permainan Kematian yang Mirip Squid Game
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)