10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Minggu, 26 September 2021 - 16:58 WIB
loading...
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?
Banyak idol group K-Pop yang mereguk kesuksesan tidak hanya karena promosi agensinya. Keberadaan seorang leader yang mumpuni pun punya andil yang cukup besar. (Foto: Kombo)
A A A
Para pemimpin atau leader idol group K-Pop telah menjadi topik panas sejak kemunculan Hallyu Wave. Kesukesan dan pertumbuhan grup-grup ini bergantung pada bagaimana para leader ini menginstruksi dan mengatur grupnya. Masing-masing leader ini punya tantangan berbeda saat memimpin grupnya.

Terkadang, tugasnya jadi lebih sulit kalau grupnya punya banyuak anggota. Tapi, memimpin grup dengan anggota yang lebih sedikit pun juga menantang ketika para anggotanya punya kepribadian berbeda. Leader sejati yang memimpin dan memahami mereka adalah yang dibutuhkan semua grup K-Pop. Meski begitu, tiap grup K-Pop punya seorang leader yang sudah sempurna bagi mereka.

Baru-baru ini, Otakukart membuat daftar para leader idol group K-Pop 2021 versi mereka. Daftar ini memang tidak memasukkan semua pemimpin idol group K-Pop, tapi berisi para leader yang memang dianggap layak mendapatkan pengakuan atas upaya mereka. Jadi, kalau leader grup idola kamu nggak masuk, nggak perlu baper ya! Siapa saja mereka? Nah, berikut ulasannya!



10. Onew — SHINee
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Leader SHINee bernama asli Lee Jin Ki ini adalah sosok penyayang dan lembut. Di bawah kepemimpinan Onew, SHINee tumbuh sebagai idol group tanpa kontroversi atau rumor tak sedap. Di SHINee, Onew dianggap sebagai hyung-nya personel lain, sehingga mereka pun nyaman untuk terbuka saat membahas masalah mereka kepada Onew. Dia mendemonstrasikan kepemimpinan di mana dia membiarkan personel lain memberikan masukan dan opini, bukan sekadar menyuruh mereka ini itu. Dia tidak pernah menganggap dirinya superior, tapi sejajar dengan personel lainnya. SHINee sudah menjalani masa yang sangat buruk ketika mereka kehilangan salah satu anggota mereka beberapa tahun lalu. Bangkit dari masa berkabung dan memotivasi serta memimpin personel lain, Onew melakukannya dengan sangat baik. Dia juga melewati waktu yang buruk, tapi tidak pernah membiarkannya membayangi pertumbuhan SHINee. Onew juga dikenal menyayangi dan peduli pada penggemar mereka, Shawols, dan selalu menghargai cinta dan dukungan mereka untuk SHINee.

9. Jinjin — ASTRO
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Park Jin Woo alias Jinjin adalah sosok yang kalem dan leader yang baik untuk ASTRO. Sejumlah orang mungkin tidak setuju dengan dia menjadi leader idol group ini. Tapi, dia memang layak. Jinjin adalah salah satu leader yang membiarkan anggotanya menyelesaikan masalah mereka sendiri. Ini mungkin terlihat positif, tapi, dia paham kalau sebagai seorang individu itu juga sepenting menjadi bagian dari tim. Meski dia membiarkan personel ASTRO menyelesaikan masalahnya sendiri, dia tetap mendampingi dan memandu mereka kalau diminta. Itulah salah satu kualitas terbaik yang dipunyai seorang pemimpin sejati. Dia mungkin terlihat dekat, tapi dia adalah tipe yang lebih pada menganalisis situasi dan kemudian bertindak sesuai kondisi. Para penggemar mereka, AHORA, mengapresiasi kepemimpinan Jinjin yang selalu mempedulikan masing-masing anggotanya dan secara diam-diam mengarahkan mereka. Jinjin adalah tipe pemimpin diam yang mendorong dan mendukung grupnya dari samping dan membiarkan anggotanya bersinar di depan para penggemar.

8. Leeteuk — Super Junior
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Siapa yang bisa melupakan sosok ini? Park Jung Soo alias Leetuk menjadi pemimpin Super Junior dengan 13 anggota di saat usianya masih muda. Tapi, dia menerima tantangan itu dan masih terus berjalan hingga nyaris selama 15 tahun terakhir. Leetuk adalah pemimpin grup dengan banyak anggota yang punya kepribadian berbeda-beda. Dia telah melewati banyak masa sulit selama mengatur grup ini. Tapi, dia tidak pernah sekalipun kehilangan senyuman ketika bekerja untuk Super Junior. Leetuk dikenal baik dan lembut, tapi leader yang tegas. Dia adalah kombinasi sempurna seorang pemimpin. Selama masa sulit Super Junior, Leeteuk berdiri seperti pilar yang kuat, mendukung tiap anggota dan membawa grup itu ke arah kesukesan. Tiap ELF pasti tahu kalau Leeteuk adalah salah satu alasan mengapa Super Junior bisa berjalan begitu jauh. Bahkan, di antara jadwalnya yang sibuk, Leeteuk akan menasihati dan mengawasi semua personelnya sepanjang waktu.

7. S.Coups — Seventeen
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Leader Seventeen, Choi Seungcheol alias S.Coups, dikenal karena selalu mendorong anggota grupnya dan sosok leader yang kalem meskipun nakal. Mengatur grup beranggotakan 13 orang dengan kepribadian berbeda-beda tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi, S.Coups melakukan pekerjaan yang baik dalam menangani anak-anak buahnya ini. Tak jarang, dia dianggap sebagai sosok ayah di Seventeen. Selama berbagai show, acara dan fan meeting, S.Coups senantiasa mendorng para anggotanya untuk berinisiatif dan berbicara, untuk lebih ekspresif. Dia tidak pernah memotong pidato anggotanya. Dia juga dengan tenang mendengarkan kekhawatiran dan masalah mereka. Personel lainnya memujinya atas dukungannya untuk grup itu kapan pun mereka membutuhkan mereka. Banyak CARAT yang mengapresiasi kepempimpinan S.Coups. Dia memandu Seventeen dan membiarkan tiap personelnya bersinar di panggung. Hal yang sama juga terjadi kepada para penggemar. S.Coups mengapresiasi CARAT, yang mencintai dan mengagumi Seventeen.

6. Jihyo — TWICE
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Jihyo atau yang bernama asli Park Ji Soo dianggap lebih seperti pemimpin afiliasi. Meskipun menjadi trainee dalam waktu yang sangat lama dan menjalani banyak kesulitan, leader TWICE ini selalu lembut dan manis saat memimpin grupnya. Fakta menariknya adalah para personel TWICE sendirilah yang memilih Jihyo sebagai leader mereka. Mereka semua memuji Jihyo karena menjadi leader yang handal dan terpercaya yang memang mereka butuhkan. Seperti seekor mama beruang yang manis, Jihyo mengarahkan dan mengawasi anggota grupnya. Dia mengurusi semua rutinitas anggotanya, membantu mereka kapan pun dibutuhkan. Sebagai leader dan vokalis utama, Jihyo telah menulis banyak lagu yang membawa kesuksesan dan pertumbuhan TWICE. Dia juga berbicara atas nama anggota, dengan bangga merepresentasikan grupnya. Cintanya untuk ONCE juga tidak kurang. Jihyo senang tetap terhubung dengan ONCE. Dia membiarkan mereka tahu kalau dia dan personel TWICE selalu bersyukur atas cinta dan dukungan mereka.

5. Jay B — GOT7
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Lim Jae Beom alias Jay B dari GOT7 sudah terbukti menjadi leader inspiratif sepanjang masa. Dia seorang pemimpin sejati bahkan setelah grupnya tidak lagi aktif. Pada Januari 2021, GOT7 bersama-sama meninggalkan perusahaan yang selama ini menaungi mereka. Tapi, mereka masih bersama sebagai sebuah grup. Alasan di balik itu adalah tidak lain selain leader mereka, Jay B. setelah meninggalkan agensi mereka, semua personel bekerja dengan jadwal individu, sementara Jay B punya rencana lain. Terungkap kalau sementara para personel lainnya mempersiapkan karya solonya, Jay B bekerja untuk GOT7. Jay B telah mempelajari aspek bisnis yang dibutuhkan GOT7 untuk merilis karya baru, termasuk distribusi, formalitas hukum, transfer hak cipta, dan lain-lain. Dia melakukannya sebagai leader GOT7 jadi mereka bisa merilis musik. Ahgase dan para personel GOT7 sungguh bersyukur atas keberadaan Jay B sebagai pemimpin mereka. Dia lebih memikirkan grup ketimbang dirinya sendiri. Ketika masih bersama sebagai grup, Jay B selalu meredam kecemasan dan tekanan yang dirasakan para personel GOT7 selama hari-hari sulit mereka.

4. Bang Chan — Stray Kids
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Christopher Bang atau yang lebih dikenal sebagai Bang Chan ini dikenal sebagai seorang pemimpin yang mendorong. Menjadi trainee dalam waktu lama dan debut lebih lambat ketimbang rekan seangkatannya, Bang Chan telah menjalani jalanan terjal dan berliku di awal kehidupannya. Tapi, dia tidak membiarkan hal tersebut mengecilkan hatinya. Sebagai pemimpin Stray Kids, Bang Chan mengarahkan dan memotivasi anggota grupnya. Dia tidak pernah kehilangan kesempatan untuk mengekspresikan rasa bersyukurnya karena mencintai dan mengagumi Stray Kids. Sebagai seorang leader, Bang Chang mengurusi semua urusan grupnya, apakah itu penulisan, mengomposisi, mengaransemen atau merekam lagu. Dia secara rutin berhubungan dengan STAY. Dia membarui kabar kepada para penggemar mengenai jadwal, acara dan bahkan mengungkapkan apresiasinya. Bang Chan bahkan siap mengorbankan diri demi kesejahteraan Stray Kids. Dia bahkan menjadi sak tinju dan mengatasi semua komentar negatif terhadap dirinya sehingga tidak ada anggota lain yang sakit hati. Sebagai jiwa yang lemah lembut, Bang Chan tidak segan menunjukkan jiwa kepemimpinannya ketika diperlukan.

3. Solar — Mamamoo
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Kim Yong Sun alias Solar dikenal dengan kepribadiannya yang ceria tapi dengan penampilan tegas. Solar, leader Mamamoo, menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa. Dia adalah salah satu leader girl group inspiratif yang mendobrak semua prasangka, stereotipe dan kritik untuk bangkit dan melindungi grupnya. Apakah itu pertanyaan menyakitkan dari media, stereotipe standar Korea atau ketakutan menjadi leader untuk kali pertama, Solar telah menyelesaikan semuanya. Dia pun dengan bangga memimpin Mamamoo melewati semua komentar yang kontroversi, mengganggu dan penuh kebencian menuju masa depan yang sukses dan cerah. Solar tidak pernah segan mendobrak citranya demi Mamamoo. Sebagai leader, dia akan menjadi sosok yang ceria, lucu, pembuat mood, empatik, dan peduli. Bahkan untuk MooMoo, Solar telah membangun sebuah platform untuk menciptakan kesadaran atas berbagai masalah seperti merawat lingkungan di National Polar Bear Day. Sampai sekarang, Mamamoo dikritik atas berbagai alasan, mau itu penampilan mereka, gaya berbusana, atau sikap mereka. Solar selalu mengatasi tiap penghalang itu dengan tenang. Di saat yang sama, dia melindungi anggota grupnya.

2. Suho — EXO
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Kim Jun Myeon alias Suho dikenal sebagai leader EXO yang berhati lembut dan sopan, tapi mendemonstrasikan kepemimpinan yang luar biasa. Dia meperlihatkan keseimbangan sempurna antara sikap tegas dan lembut. Dari hari-harinya sebagai trainee sampai sekarang, Suho telah mengawasi anggota EXO seperti seorang kakak. Tapi, di saat yang sama, sebaggai seorang leader, Suho memandu grupnya, selalu mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam public speaking dan pidato. Suho tidak pernah gagal mengekspresikan perasaan bersyukurnya untuk anggota EXO, penggemar dan bahkan rekan sesama artisnya. Dalam berbagai show dan upacara penghargaan, Suho dengan sempurna mewakili EXO. Tidak ada yang bisa membantah kecuali jatuh hati pada sosoknya yang sopan dan lembut. Sebagai pemimpin EXO, dia selalu siaga melindungi anggota grupnya. Ada sejumlah insiden yang membuktikan kalau Suho adalah pemimpin terbaik yang pernah dipunyai EXO. Suho tahu bagaimana cara menjadi seorang pemimpin. Dia harus kuat tidak hanya untuk EXO, tapi juga untuk dirinya sendiri.



1. RM — BTS
10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Otakukart memberikan posisi puncak daftar leader idol group K-Pop terbaik untuk RM dari BTS. Bernama asli Kim Nam Joon, RM dinilai telah menjadi leader terbaik yang selalu diinginkan grup mana pun. Penilaian ini tidak hanya datang dari persepektif anggota BTS, tapi juga dari ARMY dan publik. Sebagai seorang pemimpin, RM punya kontribusi besar. Dia selalu memimpin dan mendukung anggota grup untuk mengungkapkan pikiran mereka. Sebagai juru bicara hebat BTS, RM selalu menyampaikan pesan yang positif dan mendorong. Dia tidak pernah tidak menyebutkan nama anggota grupnya di dalam pidatonya, yang menunjukkan betapa baiknya kepemimpinannya. RM juga dikenal atas intelektualitas dan kesukaannya pada seni dan lingkungan. Sebagai rapper, penulis lagu dan produser rekaman, RM berkontribusi pada kesukesan BTS. Bahkan, selama hari-hari mereka sebagai trainee, RM tetap menjaga kebersamaan semua orang dan tidak pernah terpikat oleh skema pembubaran grup. Itulah ketika dia membuktikan kekuatan dan kasih sayangnya kepada anggota grupnya. Hampir setiap ARMY pun tahu kalau RM mengubah semua komentar negatif dan penuh kebencian menjadi pesan yang positif dan mendorong bagi anggota BTS. Dia menyimpan semua negativitas itu untuk dirinya sendiri. Melalui masa-masa sulit, RM adalah salah satu alasan kesuksesan dan kekompakan BTS.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)