alexametrics
tips dan trik
Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Kue lebaran akan awet berbulan-bulan kalau kamu tahu caranya menyimpan dengan baik dan benar. Foto/ dreamstime.com
Jakarta - Merayakan Idulfitri di tengah pandemi bikin banyak orang gak bisa bersilaturahmi secara langsung. Sebagai alternatif, sebagian orang saling mengirim parsel atau hampers.

Saking banyaknya kiriman kue atau hampers, bisa jadi kamu bingung karena stok kue lebaran jadi menumpuk. Nah, berikut merupakan tips menyimpan kue lebaran supaya awet.

1. HINDARI MENYIMPAN DI WADAH PLASTIK



Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto: Rumah Kreatif BUMN

Banyak orang yang menyimpan kue di wadah plastik karena lebih praktis. Padahal cara ini gak dianjurkan karena bisa bikin isinya cepat melempem. Bau alami dari plastik juga bisa bikin aroma kue kering hilang. Jadi, lebih baik pakai wadah dari kaca. Aroma dan kerenyahan kue lebaran akan terus terjaga.

2. SIMPAN DI WADAH KERING DAN KEDAP UDARA

Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto: mybest.id

Sebelum memasukkan kue, pastikan wadah kaca dalam keadaan kering. Kamu bisa mengelap dengan kain bersih, diangin-anginkan, atau dijemur sebentar. Setelah itu baru masukkan kue ke dalam wadah. Pastikan wadah kaca dengan tutupnya benar-benar rapat dan kedap udara. Jangan lupa untuk menutup wadah rapat-rapat tiap kamu ngambil kue, ya!

3. JANGAN DICAMPUR DENGAN JENIS KUE LAIN

Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto : AS Food studio/Shutterstock

Biasanya, ada dua jenis kue kering yang dijual, yaitu kue bertekstur renyah dan bertekstur lembut. Nah, jangan sampai dua jenis kue ini disimpan dalam wadah yang sama. Soalnya, suhu dari kue yang lembut bisa memengaruhi kue kering dan bikin cepat melempem.

4. HINDARI SINAR MATAHARI LANGSUNG

Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto: lapislapis.co.id

Walaupun udah menyimpan dengan benar, jangan sampai menaruhnya di tempat sembarangan. Simpanlah kue di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung bisa bikin kue makin cepat melempem dan jamuran.

5. SIMPAN DI KULKAS

Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto: Andrey Popov/Shutterstock

Kalau kue udah jarang dimakan, mendingan kamu simpan di dalam kulkas. Suhu dingin dalam kulkas bisa bikin kue kering tetap renyah dan awet. Tapi, pastikan menempatkan kue harus dalam wadah yang ditutup rapat. Jangan dibiarkan terbuka begitu aja karena bisa cepat melempem dan aromanya bercampur dengan makanan lain yang disimpan di kulkas.

6. KALAU MELEMPEM, PANASKAN LAGI DI OVEN

Tips Menyimpan Kue Lebaran yang Menumpuk agar Tahan Lama
Foto: SamaraHeisz5/Shutterstock

Gimana kalo kue ternyata masih aja melempem? Kamu bisa bikin kuenya renyah lagi dengan memanaskannya di dalam oven dengan suhu sekitar 150 derajat Celcius. Setelah 5-10 menit, angkat kue itu dan dinginkan sebentar. Nah, kuenya enak lagi, deh!

Ilham Arya Wijayanto
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta 
instagram: @ilhamarya.w



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss