VIRAL

Dalgona Coffee Viral, Ini Cerita Asal-usulnya

Dalgona Coffee Viral, Ini Cerita Asal-usulnya
Dalgona Coffee viral dan bikin penasaran banyak orang untuk mencoba membuatnya. Foto/Maangchi
Jakarta - Dalgona coffee lagi viral di mana-mana. Minuman perpaduan antara susu dan foam kopi ini memang kelihatan cantik dan enak, makanya banyak yang pengen mencoba.

Kopi ini bisa dibuat dengan modal sederhana. Yaitu susu cair, kopi sachet, dan gula. Meski kelihatannya gampang, tapi ternyata untuk membuat foam-nya gak semudah yang ada di video tutorialnya, apalagi kalo gak pake mixer.

Ngomongin asal-usulnya, dalgona coffee berasal dari daerah Rajasthan, India. Di daerah tersebut minuman ini juga dikenal sebagai kopi kocok atau kopi krim.

Terus, gimana bisa jadi viral? Ini gara-gara aktor Korea Selatan Jung Il-woo yang datang ke sebuah restoran di Makau, lalu mencicipi minuman yang mengingatkannya pada "permen dalgona", salah satu jenis permen di Korea.



Dalgona Coffee Viral, Ini Cerita Asal-usulnya

Foto: My Tasty Curry

Minuman ini makin viral setelah muncul dalam salah satu acara TV Korea Selatan yang berjudul "Stars Top Recipe at Fun-Staurant".

Dalam bahasa Korea, dalgona atau "ppopgi" berarti "honeycomb toffee" (permen yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan dicetak dengan berbagai bentuk). Banyak orang Korea yang bernostalgia masa kecilnya karena permen dalgona ini.



Kopi dalgona buatan rumah mulai menyebar di YouTube di Korea Selatan dengan memakai tagar #dalgonacoffeechallenge sebelum akhirnya menyebar juga melalui TikTok di seluruh dunia. Kopi ini makin viral dalam masa #DiRumahAja karena banyak orang yang iseng dan akhirnya mencoba bikin kopi ini.

Nabilla Triakhiriani Anurka
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram:@nabillaaan

(it)
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss