Seperti Karakter 'Move to Heaven', 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:56 WIB
loading...
Seperti Karakter Move to Heaven, 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger
Aktor kawakan Anthony Hopkins mengaku memiliki sindrom asperger pada 2017 lalu. Foto/Danny Moloshok, REUTERS
A A A
JAKARTA - Dalam drama Korea " Move to Heaven ", karakter utamanya yang bernama Han Geu-ru (diperankan Tang Jun-sang) disebutkan memiliki sindrom asperger.

Dalam drama tersebut, Geu-ru digambarkan sebagai sosok yang senang dengan rutinitas, dan sangat terganggu jika kebiasaannya atau pola hidupnya berubah secara mendadak. Meski dia sulit mengekspresikan dirinya dan terlihat nyaris tanpa emosi, Geu-ru adalah sosok yang sangat cerdas, sanggup menghafal dengan cepat, dan punya hati yang bersih, tanpa prasangka buruk pada orang lain.

Pada 2013, asperger dimasukkan ke dalam spektrum autisme . Sindrom ini dinamai dari dokter anak Austria, Hans Asperger, pada 1940.

Menurut psikolog Tony Attwood yang dikenal melakukan banyak penelitian terkait sindrom asperger, orang dengan sindrom asperger umumnya kesulitan dalam berkomunikasi, berteman, dan membaca bahasa tubuh. Meski begitu, mereka senang bicara blak-blakan, jujur, dan punya idealisme yang tinggi terkait keadilan sosial.

Nah, dalam kehidupan nyata, ada banyak tokoh terkenal dalam berbagai bidang, dari aktor, penyanyi, kreator gim, hingga aktivis. Berikut di antaranya.

1. GRETA THUNBERG

Seperti Karakter 'Move to Heaven', 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger

Foto: Roland Patrick/Getty Images

Greta Thunberg sudah menjadi aktivis lingkungan sejak usia 15 tahun, saat dia memilih untuk bolos sekolah dan melakukan demonstrasi seorang diri di depan gedung parlemen Swedia.

Sempat dihina karena didiagnosis memiliki sindrom asperger sejak enam tahun lalu, Greta yang kini berusia 18 tahun mengatakan bahwa dibanding melihatnya sebagai sebuah kekurangan, sindrom itu membuatnya seperti punya kekuatan super.

2. DAN AYKROYD

Seperti Karakter 'Move to Heaven', 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger

Foto:Noam Galai/Getty Images

Aktor Kanada ini mengatakan bahwa sindrom aspeger justru membantunya dalam pembuatan film "Ghostbuster". Ia terobsesi dengan hantu dan penegakan hukum dan dua hal ini menjadikannya orang yang tepat untuk peran tersebut. Seseorang dengan sindrom asperger juga punya fokus yang intens pada minat yang terbatas.

3. SUSAN BOYLE

Seperti Karakter 'Move to Heaven', 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger

Foto:Jon Kopaloff/Getty Images

Penyanyi skonlandia yang memenangkan posisi kedua program adu bakat "Britain’s Got Talent" 2009 ini didiagnosis oleh dokter dengan kerusakan otak saat lahir. Namun diagnosis tersebut salah. Susan sebenarnya memiliki asperger, yang menjelaskan bahwa kurangnya kendali atas emosinya.

4. DARYL HANNAH

Seperti Karakter 'Move to Heaven', 10 Tokoh Terkenal ini Punya Sindrom Asperger

Foto:Matt Winkelmeyer/Getty Images

Selama awal kehidupannya, interaksi sosial adalah mimpi buruk bagi aktris ini. Dia bahkan harus berjuang untuk menenangkan diri. Terlepas dari itu, ia jua terus mengatasi rintangan dan menjadi aktris Hollywood terkenal dan membintangi beberapa film selama 1980-an, dan salah satu yang populer adalah "Splash".

Baca Juga: Déjà Rêvé: Variasi Lain dari Déjà Vu, Bagaimana Bentuknya?

5. PADDY CONSIDINE
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)