Tak Kenal Spider-Man, Avengers Terindikasi Ada di Dunia Venom

Tak Kenal Spider-Man, Avengers Terindikasi Ada di Dunia Venom
Trailer Venom: Let There Be Carnage mengindikasikan keberadaan Avengers di dunia spinoff Spider-Man, meski film ini itu tidak tahu keberadaan Spider-Man. (Ilustrasi/SINDONews/Dwiki)
Jagat sinematik Marvel sepertinya kian meluas setelah disebutkan kalau Avengers ternyata ada di dunia Venom. Ini tentu menarik. Meski sama-sama merupakan karakter keluaran Marvel, Avengers dan Venom berada di naungan dua studio berbeda. Avengers ada di bawah naungan langsung Marvel Studios/Disney, sedangkan Venom berada di bawah lisensi Sony Pictures , yang juga menguasai lisensi Spider-Man .

Keberadaan Avengers di dunia Venom itu terindikasikan di trailer terbaru Venom: Let There Be Carnage yang dirilis Sony awal pekan ini. Di trailer itu, detektif Patrick Mulligan membaca koran The Daily Bugle—yang sepertinya mengaitkan Venom ke trilogi Spider-Man karya Sam Raimo. Halaman depan koran itu memuat berita tentang Cletus Kasady—pembunuh berantai yang menjadi Carnage. Ketika Patrick membolak balik koran itu, ada headline lain di halaman dalam koran itu yang sepertinya memuat berita tentang Avengers.
Tak Kenal Spider-Man, Avengers Terindikasi Ada di Dunia Venom

Memang, kata Avengers tidak dengan gamblang terlihat di cuplikan video tersebut. Di video itu hanya terlihat sebagian kata, yaitu “engers” di bagian akhir. Jadi, bisa saja itu adalah penggalan dari kata lain misalnya “passengers” atau penumpang. Namun, Sony tentu tahu dengan baik kalau rujukan apa pun terhadap “engers” di film Marvel secara logis bakal dikaitkan dengan Avengers. Ini artinya detil kecil ini seharusnya dianggap sebagai indikasi kalau ada kelompok seperti Avengers di linimasa dunia Spider-Man buatan Sony. Jelas mengejutkan—dan jelas membuat banyak penonton sangat penasaran dengan hubungan antara spinoff Spider-Man buatan Sony dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) .

Momen dari trailer tersebut menyulut api teori bahwa karakter-karakter spinoff Spider-Man itu bisa muncul di film Spider-Man di MCU. Belum lagi, Sony berencana terus memperluas semesta film Marvel Spider-Man-sentrisnya dengan merilis Morbius yang dibintangi Jared Leto tahun depan. Proyek lain yang sedang dikembangkan berfokus pada Kraven the Hunter, Nightwatch, Sinister Six, Madame Web dan Silk.

Hubungan antara spinoff Sony dan MCU memang selalu menarik. Pada 2017, Amy Pascal dari Sony mengklaim kalau spinoff ini “tambahan” bagi MCU. Pernyataan ini memicu pertanyaan bagaimana keterkaitan dua semesta ini. Pada 2019, Marvel dan Sony mencapai kesepakatan baru. Salah satunya membaut Spider-Man tetap berada di MCU tapi Spider-Man juga bisa tampil di film MCU dan Sony.

“Spider-Man juga menjadi satu-satunya pahlawan dengan kekuatan super yang melintasi semesta sinematik. Jadi, sebagaimana Sony terus mengembangkan Spidey-verse mereka, kalian tidak tahu kejutan apa yang menanti di masa mendatang,” ujar Presiden Marvel Studios Kevin Feige kala itu, seperti dilansir ScreenRant.

Trailer perdana Morbius sepertinya mengonfirmasi kalau film-film Sony terkait MCU. Di trailer itu, Michael Keaton kembali tampil memerankan perannya di MCU sebagai Vulture. Selain itu, ada juga poster yang sepertinya merujuk pada peristiwa dari Spider-Man: Far From Home. Asumsi umumnya adalah Sony memanfaatkan Multiverse dengan menggunakan casting yang sama seperti MCU dan Spider-Man yang diperankan Tom Holland akan bergelayutan ke dimensi alternatif ini.

Misteri ini mungkin tidak akan lama lagi bisa terjawab. Venom: Let There Be Carnage dijadwalkan dirilis pada September. Sementara, Spider-Man: No Way Home akan dirilis pada Desember mendatang. Jadi, pada akhir tahun ini, penggemar akan melihat lebih banyak kejelasan tentang spinoff Spider-Man ini. Selain itu, Marvel dan Sony bisa saja memutuskan untuk meneruskan aliran ini.
Tak Kenal Spider-Man, Avengers Terindikasi Ada di Dunia Venom

Ide bahwa Avengers ada di dunia Venom ini memang menarik karena sutradara Venom: Let There Be Carnage Andy Serkis mengatakan, karakter di Venom tidak tahu adanya Spider-Man, apalagi superhero lainnya. “Jelasanya, ada kaitan antara Venom dan Spider-Man di Marvel Universe dan cerita Spider-Man. Tapi, di sini, kami memperlakukannya seperti ini adalah dunianya sendiri, cerita Venom di dunianya sendiri. Ada rujukan dan sedikit momen seperti ini, koran Daily Bugle, tentu saja, tapi secara keseluruhan, dia tidak tahu, mereka tidak tahu, pada titik ini tentang karakter seperti Spider-Man. Jadi, ini cara kami memilih memainkan episode khusus film ini, tapi kita akan tunggu dan lihat hal-hal kecil yang akan kalian dapatkan dari ini,” papar Andy seperti dikutip ComicBook.

Venom: Let There Be Carnage bakal mempertemukan Venom dengan musuh bebuyutannya dari komik, yaitu Carnage. Andy Serkis menukangi film ini dari scenario yang ditulis Kelly Marcel, berdasarkan cerita Marcel dan Tom Hardy. Di film ini, Tom kembali tampil sebagai Eddie Brock/Venom. Selain Tom, juga akan tampil Woody Harrelson sebagai Cletus Kasady/Carnage, Michelle Williams sebagai Anne Weying, Reid Scott sebagai Dan Lewis, dan Naomie Harris sebagai Shriek. Trailer terbaru film ini juga mengungkapkan Stephen Graham sebagai pemeran Patrick Mulligan, yang akan menjadi inang simbiot Toxin di komik.



(alv)
Share: