Sudah Lama Dirilis, 5 Lagu K-Pop Ini Baru Ngetop dan Masuk Chart

Sudah Lama Dirilis, 5 Lagu K-Pop Ini Baru Ngetop dan Masuk Chart
Setelah lama dirilis, lagu K-pop Rollin milik Brave Girls baru populer di masyarakat umum. Foto/Instagram @bravegirls.officials
JAKARTA - Sering terjadi, saat lagu K-pop dirilis di pasaran, lagu tersebut langsung menjadi hit dan masuk tangga lagu di Korea. Namun ada juga yang tak berjalan seperti itu.

Beberapa lagu bernasib buruk dengan tidak meledak sama sekali. Namun ada juga yang baru populer setelah beberapa bulan atau tahun setelah lagunya resmi dirilis.

Dalam bahasa Korea, fenomena ini disebut yeokjoohaeng yang berarti mengemudi secara terbalik. Kata tersebut digunakan untuk menggambarkan lagu-lagu lama yang kembali mendapatkan popularitas di chartmusik Korea seperti Melon atau Music Bank.
Nah, berikut ini enam lagu K-pop yang telah lama rilis, tapi setelah beberapa lama baru menjadi viral.

1. EXID – UP & DOWN (2014)

Lagu yang berjudul "Up & Down" populer setelah lama dirilis dan faktanya lagu ini mampu menyelamatkan karier EXID yang hampir bubar. Berkat video yang direkam penggemar dengan fokus pada Hani EXID, grup tersebut kembali menaiki tangga musik, bahkan memenangkan beberapa penghargaan acara musik lima bulan setelah tanggal rilis asli lagu tersebut.



2. IU – HOLD MY HAND (2011)

Ini adalah lagu pertama yang ditulis dan diaransemen oleh IU. "Hold My Hand" merupakan lagu soundtrack drama "The Greatest Love" yang rilis 2011 lalu, lalu 10 tahun kemudian lagu tersebut kembali masuk tangga lagu utama Korea. Hal ini karena IU menyanyikan lagu tersebut di tur konsernya pada 2019 dan membuatnya viral. Terlebih, lagu tersebut juga diunggahnya di kanal YouTube pribadinya pada akhir 2020 lalu.

Baca Juga: 7 Idol K-pop dengan Selera Makan yang Bikin Heran, IU Hobi Makan Usus Mentah



3. LABOUM – JOURNEY TO ATLANTIS (2016)

Siapa coba yang tidak tahu lagu ini? Lagu "Journey to Atlantis" disukai para tentara yang bertugas di militer, dan dari sinilah masyarakat umum juga akhirnya ikut menyukainya. Terbukti, lagu tersebut kembali muncul di tangga musik Korea.



4. PENTAGON – SHINE (2018)

Saat Pentagon merilis lagu berjudul "Shine", tidak ada respons spesial dari masyarakat Korea. Namun lagu ini jadi viral sebulan setelah tanggal perilisannya. Lagu ini juga berhasil masuk ke dalam 100 chart real-time teratas Melon. Penyebabnya lantaran koreografi dalam lagu ini.



Baca Juga: Terus Merugi, SM dan YG Entertainment Terlempar dari Daftar Perusahaan Superior

5. BRAVE GIRLS – ROLLIN’ (2017)

Lagu inilah yang menyelamatkan karier Brave Girls setelah mereka debut pada 2011. Sama seperti "Journey to Atlantis", "Rollin" juga lagu favorit para tentara yang menjalani wajib militer. Lagu tersebut melejit di berbagai tangga musik Korea seperti Music Bank dan Melon. Ini semua berkat video YouTube yang viral dan menunjukkan penampilan Brave Girl membawakan lagu tersebut di depan para tentara. Tidak cuma itu, video tersebut banyak diisi komentar positif yang didominasi kaum pria yang telah menyelesaikan wajib militer mereka.



Christine Natalia Hermawan
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @Chrys_liii


(ita)
Share: