Makna Lagu Terbaru Billie Eilish 'Your Power', Tercekik Hubungan Berbahaya

Makna Lagu Terbaru Billie Eilish Your Power, Tercekik Hubungan Berbahaya
Billie Eilish kembali tampil dalam konsep video unik dengan ular yang melilit lehernya. Foto/YouTube Billie Eilish
JAKARTA - Billie Eilish merilis single sekaligus video musik terbarunya berjudul "Your Power" pada Kamis (29/4) malam jelang dinihari waktu Indonesia.

Dengan genre musik folk balada, penyanyi peraih tujuh piala Grammy Awards tersebut lagi-lagi tampil dengan konsep video yang tak biasa.

Dalam video musik yang disutradarainya itu, Billie tampil dengan rambut barunya yang dicat pirang, dengan lokasi di atas tebing yang sangat tinggi. Saat bernyanyi, leher Billie perlahan-lahan dililit oleh seekor ular besar yang nyaris sampai mencekiknya.

Konsep video ini selaras dengan lirik lagu Billie yang menceritakan tentang penyalahgunaan kekuasaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam sebuah hubungan yang membuat salah satu pihak dalam kondisi terjepit.



"Try not to abuse your power/ I know we didn't choose to change/ You might not wanna lose your power ("Cobalah untuk tidak sewenang-wenang dengan kekuasaanmu/ Aku tahu kita tidak memilih untuk berubah/ Kamu mungkin tidak mau kehilangan kekuasaanmu").

Baca Juga: 5 Lagu Hindia yang Mengajarkan Arti Kehidupan

Makna Lagu Terbaru Billie Eilish 'Your Power', Tercekik Hubungan Berbahaya

Foto: YouTube Billie Eilish



Lagu yang langsung dibuka dengan chorus tersebut seperti merangkum hal-hal yang akan diceritakan Billie dalam lirik-lirik berikutnya. Setelah chorusitu, Billie bercerita tentang hubungan beracun alias toxic relationship antara sepasang kekasih yang tampaknya terpaut jarak usia yang jauh.

"But you ruined her in a year...../ She was sleepin' in your clothes (In your clothes)/ But now she's got to get to class" (Tapi kamu membuat dirinya kacau dalam setahun..../ Dia tidur dengan memakai bajumu/ Tapi sekarang dia harus sekolah").

Banyak yang berspekulasi bahwa bagian lirik ini adalah cerita pelantun "Bad Guy" tersebut tentang mantan kekasihnya, Brandon Adams alias rapper Q. Lewat film dokumenter "Billie Eilish: The World's A Little Blurryā€¯ (2021), diketahui Billie pernah berpacaran dengan musisi ini selama kurang lebih setahun. Saat itu, Billie masih di bawah umur, yaitu 16 tahun, sementara Q berusia 22 tahun.

Makna Lagu Terbaru Billie Eilish 'Your Power', Tercekik Hubungan Berbahaya

Foto: Apple TV+

Dalam film tersebut, digambarkan juga sisi gelap hubungan mereka, saat Q dibawa ke rumah sakit karena memukul dinding dengan tangannya sendiri. "Aku tidak bahagia," kata Billie saat mengenang hubungannya dengan Q seperti tergambar dalam film dokumenter itu.

Dalam kata pengantar yang diunggah di akun Instagram-nya berbarengan dengan peluncuran "Your Power", Billie menulis bahwa lagu tersebut "sangat dekat dengan hatinya".

"Ini salah satu lagu terfavorit yang pernah aku tulis. Aku merasa mencurahkan segala isi hatiku dalam lagu ini," tulisnya.

Meski begitu, Billie tampaknya ingin agar lirik-lirik tersebut tidak diasosiasikan pada satu kasus tertentu, melainkan pada banyak hal yang punya benang merah.

"(lagu) Ini tentang banyak situasi berbeda yang kita semua pernah lihat atau rasakan sendiri. Aku harap ini bisa menginspirasi kita untuk berubah."

Baca Juga: Perbandingan Jumlah Penonton 'Mortal Kombat', Godzilla vs. Kong, Snyder's Justice League, dan WW84 di HBO Max

"Your Power" menjadi bagian dari album "Happier Than Ever" yang akan dirilis secara utuh pada 30 Juli mendatanng. Album ini terdiri dari 16 lagu.



(ita)
Share: