Penggemar K-pop Minta E-Commerce Terbesar Indonesia Pakai 100% Energi Terbarukan pada 2030

Penggemar K-pop Minta E-Commerce Terbesar Indonesia Pakai 100% Energi Terbarukan pada 2030
Fandom BLACKPINK yang disebut Blink termasuk yang mendorong perusahaan-perusahaan mengurangi emisi karbonnya. Foto/Billboard
JAKARTA - Platform penggemar K-pop Kpop4planet yang mendorong aksi iklim, hari ini meluncurkan kampanye media sosial yang meminta perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, untuk menggunakan 100% energi terbarukan pada 2030.

Kampanye bertajuk “Tokopedia 4 Bumi” ("Tokopedia untuk Bumi") mendorong aksi nyata perusahaan tersebut untuk mengambil tindakan membantu membatasi pemanasan global. Kampanye ini didukung penuh oleh ARMY dan BLINK - fandom dari BTS dan BLACKPINK . Para penggemar memilih Tokopedia karena dua grup K-pop paling populer di dunia itu menjadi brand ambassador Tokopedia pada awal tahun ini.

Seruan Kpop4Planet tersebut dimulai hari ini (21/4) melalui petisi di tokopedia4bumi.kpop4planet.com . Penggemar bisa langsung menyampaikan permintaan mereka ke surel CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

Melalui petisi, Kpop4planet meminta Tokopedia melakukan tiga langkah. Pertama, menjadi contoh sebagai perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia dan berjanji untuk mendapatkan listrik dari 100% energi terbarukan (seperti energi surya dan angin) pada tahun 2030.



Penggemar K-pop Minta E-Commerce Terbesar Indonesia Pakai 100% Energi Terbarukan pada 2030

Foto: tokopedia4bumi.kpop4planet.com

Kedua, mengungkap jejak karbon yang dihasilkan untuk operasional perusahaan kepada publik. Ketiga, menetapkan rencana dekarbonisasi jangka panjang sesuai dengan standar internasional seperti Perjanjian Paris.

Makin Berkembang, Jejak Emisi Karbon Makin Tinggi

Tokopedia memulai operasinya pada 2009, dan kini punya lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah pengguna naik secara cepat sejak BTS dan BLACKPINK menandatangani kerja sama dengan Tokopedia. Selanjutnya, Tokopedia santer akan go public melalui merger dengan Gojek dengan nilai pasar gabungan mencapai USD35 miliar hingga USD40 miliar.

Baca Juga: 5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia
halaman ke-1
Share: