Penggemar WayV Protes ke SM Entertainment, Pose Foto Winwin Dianggap Melecehkan

Senin, 19 April 2021 - 17:19 WIB
loading...
Penggemar WayV Protes ke SM Entertainment, Pose Foto Winwin Dianggap Melecehkan
SM Entertainment mendapat kritik pedas dari para penggemar WayV terkait pose Winwin yang bersimpuh. Foto/Label V
A A A
SEOUL - WayZenNi - sebutan untuk fandom sub-unit NCT yang berbasis di China, WayV - menyampaikan protes kerasnya ke SM Entertainment terkait foto WayV yang dijual di situs web agensi tersebut.

Dalam situs web smtownandstore.com , SM Entertainment menjual produk scene kit (semacam miniatur 2D/3D) berbahan akrilik dengan tujuh member WayV di dalamnya. Dalam produk tersebut, keenam member terlihat berdiri, sementara WinWin bersimpuh.

Penggemar WayV Protes ke SM Entertainment, Pose Foto Winwin Dianggap Melecehkan

Foto:smtownandstore.com

Sekilas, pose Winwin memang membuat komposisi scene kit terlihat asimetris, karena sosoknya terlihat kecil dibanding keenam member lainnya. Meski begitu, fokus utama WayZenNi bukanlah soal komposisi, melainkan pose bersimpuh Winwin.

Menurut penggemar, pose bersimpuh jika dilihat dalam budaya China adalah pose yang sakral. Seperti diketahui, seluruh personel WayV berasal dari China, kecuali Ten yang datang dari Thailand.

Mengutip dari China Daily , dalam budaya China, seseorang tidak akan bersimpuh kecuali ada alasan kuat untuk melakukan hal tersebut. Disebutkan dalam artikel, orang China lebih baik memilih untuk mati dibanding harus bersimpuh.

Penggemar WayV Protes ke SM Entertainment, Pose Foto Winwin Dianggap Melecehkan

Foto: Label V

Mereka baru akan bersimpuh jika sedang berdoa kepada Tuhan untuk memohon rahmat atau mengucap syukur. Bersimpuh juga dilakukan di depan orang tua saat acara-acara khusus, misalnya saat orang tua mereka berulang tahun. Posisi ini juga dilakukan jika seseorang sudah dalam kondisi berputus asa, misalnya saat ingin ditembak atau memohon sesuatu dengan amat sangat.

Baca Juga: home ini kelebihan dan kekurangan grup k-pop di bawah sm entertainment

Karena kesakralan posisi duduk inilah, para penggemar mengungkapkan kemarahannya saat melihat Winwin dipotret dengan kondisi bersimpuh, sementara member lainnya berdiri.

Penggemar WayV Protes ke SM Entertainment, Pose Foto Winwin Dianggap Melecehkan

Foto: Label V

Kemarahan ini pun disampaikan WayZenNi dengan meramaikan tagar #SMStopTheDisrespect dan #SM_Respect_Winwin hingga masuk dalam daftar trending topic Twitter. Para penggemar juga menyiapkan tulisan template protes untuk disebarkan dengan mendudukkan kemarahan mereka dalam konteks budaya China tersebut.

""Kneel down" is a very serious issue in China. We do not kneel except for some very special cases, like to ancestors (""Bersimpuh" adalah hal yang sangat serius di China. Kami tidak bersimpuh kecuali untuk sesuatu yang spesial, misalnya kepada para leluhur"), demikian tertulis dalam template tersebut.

Para penggemar juga menyebarkan data bahwa selama ini produk-produk terkait Winwin selalu jadi yang terlaris dibanding member WayV lainnya.

Baca Juga: Kepoin 23 Member NCT Besutan SM Entertainment Yuk

Hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari SM Entertainment terkait scene kitseharga 42 ribu won (Rp547.995) yang diprotes penggemar tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)