4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Senin, 14 Desember 2020 - 20:00 WIB
loading...
4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton
Film-film anime bukan hanya menghibur dan punya visual indah, tapi juga punya cerita bermakna. Foto/CoMix Wave Film Inc.
A A A
JAKARTA - Di Jepang bertebaran animator-animator hebat yang punya karya luar biasa, salah satunya Makoto Shinkai. Dia adalah animator kondang di bawah naungan studio animasi CoMix Wave Film Inc.

Pria berusia 47 tahun ini menjadi salah satu animator yang diperhitungkan di dunia internasional. Karya yang dibuatnya cenderung mengambil latar lokasi yang sesuai dengan kondisi kehidupan asli di Jepang.

Dari sekian banyak karya Makoto, berikut rekomendasi untuk kalian yang ingin mencoba menonton anime asal Negeri Sakura ini.

1. YOUR NAME (KIMI NO NA WA) - 2016

4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Foto: CoMix Wave Film Inc.

Film berjudul asli "Kimi No Na Wa" ini bergenre fantasi-romantis dengan fokus pada kehidupan dua remaja (Mitsuha dan Taki). Taki hidup di Tokyo, sedangkan Mitsuha hidup di kota yang jauh dari Tokyo. Namun, mereka punya keterikatan jiwa satu sama lain dan bahkan bertukar kehidupan.

Film animasi ini juga menjuarai berbagai festival film, salah satunya Festival Film Sitges ke-49. Saat kamu menonton film ini, kamu akan disuguhkan dengan sinematografi bagus dengan perpaduan warna yang indah.

2. WEATHERING WITH YOU ( 2019)

4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Foto: CoMix Wave Film Inc.

Berkisah tentang remaja perempuan bernama Hina yang punya kekuatan untuk mengubah kondisi cuaca yang hujan menjadi cerah. Kemudian, Hina bertemu dengan remaja laki-laki bernama Hodaka yang baru saja pindah ke Tokyo, tapi tidak punya uang dan pekerjaan sehingga mereka bekerja sama dengan menggunakan kekuatan yang Hina punya.

Selain jalan cerita yang menarik, film ini punya sinematografi yang sama bagusnya seperti film "Your Name" dan juga punya musik yang menarik. ( )

3. 5 CENTIMETER PER SECOND (2007)

4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Foto: CoMix Wave Film Inc.

Film bergenre romantis ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second.
Pada babak Cherry Blossom, seorang anak SD bernama Takaki jatuh cinta dengan teman sekelasnya Akari, tapi Akari harus pindah mengikuti kedua orang tuanya.

Dalam episode Cosmonaut, Takaki pindah ke kota Kagoshima, lalu Takaki bertemu dengan karakter baru (Kanae) yang menyukai Takaki.

Pada episode terakhir, 5 Centimeters per Second, menjadi episode klimaks. Dalam episode ini juga diceritakan kehidupan yang 'kejam', tapi nyata ada dalam kehidupan ini.

Film ini memberikan jalan cerita yang seru, juga menampilkan visualisasi yang indah. Selain itu, juga memberikan banyak makna kehidupan yang bisa kamu ambil.

4. THE GARDEN OF WORDS (2013)

4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Foto: CoMix Wave Film Inc.

Ceritanya tentangseorang anak SMA (Takao) yang punya kebiasaan ketika hujan untuk bolos sekolah dan pergi ke sebuah taman.Saat Takao mengunjungi taman, dia bertemu dengan Yukari. Yukari selalu pergi ke taman tiap kali punya masalah, baik kehidupan kantor atau cinta.

Karena sering bertemu dan berbicara, keduanya jadi dekat. Namun karena musim hujan mulai berganti, Takao pun mencari tahu siapa Yukari. Film ini berdurasi pendek, hanya 45 menit, tapi Makoto Shinkai mengemas nilai-nilai dalam film ini dengan sangat baik. ( )

Halimah Saadiyah
Kontributor GenSINDO
Universitas Al-Azhar Indonesia
Instagram: @halimahx268
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)