Peneliti Seni Ungkap Makna Tersembunyi Koreografi Lagu-lagu BTS

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:30 WIB
loading...
Peneliti Seni Ungkap Makna Tersembunyi Koreografi Lagu-lagu BTS
Koreografi BTS disebut tak hanya sulit dilakukan, tapi juga punya makna dalam di balik gerakannya. Foto/YouTube Big Hit Labels
A A A
SEOUL - Peneliti seni dan budaya Korea Youngin Jo menganalisis koreografi dari tiga lagu BTS , dan menemukan makna mendalam yang terkandung di sana.

Menurut Youngin Jo, makin tipisnya batas budaya pada masa kini turut memengaruhi cara para artis tampil di depan publik. Salah satunya bisa dilihat dari koreografi dalam grup K-pop yang bisa memadukan banyak budaya yang berbeda.

Nah, saat menganalisis koreografi yang dilakukan BTS saat membawakan lagu-lagunya, Youngin Jo pun menemukan tiga hal menarik berikut ini, dikutip dari Weverse Magazine.

1. BLOOD SWEAT & TEARS

Dalam video musik lagu ini, Youngin Jo menemukan koreografinya mengambil inspirasi dari tarian Korea tradisional yang disebut sabangchigi. Tarian yang dimaksud dimulai pada menit 1:22 dalam video musiknya.,Dia menyebut gerakan ke kanan-kiri-atas-bawah adalah simbol dari interaksi antara langit dan bumi. Interaksi tersebut juga menjadi simbol "kemanusiaan", dan interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

Meski dia tak tahu apakah BTS memang sengaja mengambil unsur dari sabangchigi untuk koreografinya, tapi dia menyebut bahwa tarian ini sangat familier dalam masyarakat Korea.



2. BOY WITH LUV

Dalam lagu duet bersama Halsey ini, ada adegan dimulai dari menit 1:30 saat Jimin menjadi center, dengan member yang lain bergerak mengelilinginya. Youngin Jo menyebut gerakan ini mirip dengan tarian tradisional ganggangsullae yang menggambarkan kegembiraan.

Sama seperti koreografi "Blood Sweat & Tears", dia menyebut memadukan tarian tradisional dengan gerakan modern dalam "Boy with Luv" membuat BTS menciptakan koreografi yang unik dan berbeda dalam industri K-pop .

Baca Juga: 6 Aktor dan Aktris Drama Korea yang Perlu Kamu Simak pada 2021



3. SPRING DAY

Solo dance Jimin dalam "Spring Day" dimulai dari menit 1: 10 disebut Youngin Jo menggunakan elemen modern dan menginterpretasikan tarian Korea untuk menciptakan sesuatu dengan unsur balet yang megah. Ini berhasil dibawakan Jimin dengan baik mengingat dia pernah mempelajari tarian kontemporer sebelum melakukan debut dengan BTS.

Terinspirasi dari ucapan profesor bidang ilmu teater Patrice Pavis, Youngin Jo menyebut bahwa koreografi BTS memperkenalkan budaya kontemporer Korea ke masyarakat yang lebih luas.

Baca Juga: Ini 5 Fandom Musik Terbesar di Dunia Menurut Pengamat Musik

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)