Tren Memasak dengan Air Fryer dan Resep Simpel untuk Pemula

Tren Memasak dengan Air Fryer dan Resep Simpel untuk Pemula
Memasak dengan air fyer kini tengah jadi tren di media sosial karena dianggap lebih sehat dibanding memasak dengan minyak. Foto/Freepik
JAKARTA - Makanan yang digoreng memang lebih enak saat dimakan. Sayangnya, terlalu banyak makan makanan yang digoreng bisa berbahaya, apalagi buat kamu yang lagi diet soalnya kalorinya bisa jadi bertambah lebih banyak.

Nah, belakangan mulai tren memasak dengan air fryeryang bisa jadi penyelamat bagi pejuang diet. Menggoreng dengan air fryer tidak membutuhkan minyak. Makanan yang dihasilkan pun jauh lebih rendah kalori dan lemak.

Alat ini menggunakan pemanasan secara konveksi dalam memasak. Udara panas yang bersirkulasi hingga 360 derajat di sekitar makanan membuat makanan jadi matang merata dan punya tekstur yang renyah.

Tren Memasak dengan Air Fryer dan Resep Simpel untuk Pemula

Foto: Freepik

Menurut Maria del Rocio Teruel et al, dalam studi perbandingannya yang berjudul “A Comparative Study of the Characteristic of French Fries Produced by Deep Fat Frying and Air Frying” bahwa menggoreng kentang pada air fryer 75% lebih rendah lemak daripada kentang yang digoreng dengan metode deep frying.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Belajar Masak Lebih Mudah

Selain itu, waktu memasak yang digunakan jauh lebih cepat. Kadar nutrisi dalam makanan pun juga jauh lebih terjaga. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan saat membeli alat masak ini. Misalnya, biaya yang perlu dikeluarkan, daya listrik yang digunakan, hingga seberapa sering penggunaan alat ini dan siapa saja yang akan menggunakannya.

Nah, kalau kamu berniat membeli alat air fryer, berikut ada resep sederhana camilan dessert strawberry shortcake dengan memakai air fryer untuk kamu yang masih pemula, mengutip dari verywellfit.com.

Tren Memasak dengan Air Fryer dan Resep Simpel untuk Pemula

Foto: Freepik

Pertama, siapkan bahan dan alat yang terdiri dari 2 cup stroberi segar yang sudah diiris, 1 sendok makan + 2 sendok teh gula pasir, 1 cup tepung serbaguna, 1 sendok teh baking powder, ¼ sendok teh baking soda, ¼ sendok teh garam, 3 sendok makan mentega tawar yang sudah didinginkan kemudian potong dadu, ½ butter milk rendah lemak, dan whipped cream secukupnya.

Caranya, panaskan air fryer di suhu 300°F atau sekitar 149°C. Kemudian campur stroberi dan 2 sendok teh gula ke dalam mangkuk sedang dan sisihkan. Kocok 1 sendok makan gula pasir, tepung, baking powder, baking soda, dan garam sesuai dengan ukuran yang telah disiapkan sebelumnya dalam wadah terpisah.

Tren Memasak dengan Air Fryer dan Resep Simpel untuk Pemula

Foto: Freepik

Tambahkan mentega, kemudian aduk rata. Setelah tercampur dengan rata, tambahkan sedikit demi sedikit butter milk. Setelah itu semprotkan loyang dengan semprotan antilengket. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang.

Kemudian masak selama 15 menit atau warnanya berubah cokelat keemasan. Kemudian, keluarkan dan diinginkan selama 10 menit. Setelah itu, oleskan 2 sendok makan whipped krim pada kue. Tambahkan stroberi di atasnya sesuai selera.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan 'Hidden Gems' di Jakarta

Potong kue dan kemudian sajikan. Strawberry shortcake dengan air freyer pun siap. Resep ini dapat dihidangkan untuk empat porsi.

Eka Sarmila
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @eka_sarmila_


(ita)
Share: