Penggemar Sebut Fanwar antara ARMY dan EXO-L Telah Berakhir

Kamis, 28 Januari 2021 - 17:00 WIB
loading...
Penggemar Sebut Fanwar antara ARMY dan EXO-L Telah Berakhir
Fandom EXO dan BTS kerap berkelahi dan saling sindir di media sosial, meskipun para member kedua grup tak pernah bermusuhan. Foto/SM Ent, Big Hit Ent.
A A A
SEOUL - Penggemar BTS (ARMY) dan penggemar EXO (EXO-L) sudah sejak lama menjalani 'perang dingin' antar-fandom alias fanwar.

EXO dan BTS memang hanya berjarak setahun saat memulai debutnya, dengan EXO lebih dulu muncul dalam ranah K-pop pada 2012. Sama-sama berada dalam kelompok generasi ke-3 K-pop , tidak heran kedua fandom saling ngotot untuk menunjukkan bahwa grup idola merekalah yang terbaik.

Selang setahun sejak memulai debutnya, EXO langsung panen penghargaan musik bergengsi, dari Golden Disk Awards (GDA), Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA) hingga Seoul Music Awards.

Sementara BTS meski sedikit berjuang lebih keras, dengan mulai memanen kerja keras mereka setelah tiga tahun berkarier dalam industri K-pop.

Penggemar Sebut Fanwar antara ARMY dan EXO-L Telah Berakhir

Foto: SM Entertainment

Perang antar- fandom dari dua grup ini sebenarnya tak pernah karena hal yang benar-benar besar, melainkan sebatas 'perlombaan' tentang siapa yang berhasil menguasai tangga lagu, memenangkan penghargaan, dan rekor di beberapa platform seperti YouTube.

Meski begitu, karena persaingan yang sengit, kedua fandom kerap saling sindir dan ejek hingga membuat suasana kerap memanas di media sosial maupun forum-forum daring.

Baca Juga: 16 Fandom K-Pop Indonesia Kumpulkan Rp1,4 Miliar untuk Korban Bencana, Fans BTS dan EXO Terdepan

Nah, dalam sebuah forum daring di Pann Nate yang viral, seorang netizen menulis bahwa fanwar antara EXO-L dan ARMY kini telah berakhir.

"Mereka tidak lagi melakukan drama karena masing-masing sudah dewasa," tulisnya, mengutip dari Allkpop.

Yang lainnya pun ikut menimpali dengan mengatakan, "Aku pikir kedua grup juga sudah semakin besar, jadi mereka juga sudah tidak peduli dengan hal-hal tersebut. Ada pula yang menulis, "Aku pikir kedua fandom sudah tidak lagi tertarik satu sama lain."

Yang lainnya pun setuju dengan bilang, "Aku setuju sekarang mereka sudah jarang berantem. Aku pikir penggemar yang paling bodoh itu yang membandingkan kedua grup dan berusaha merendahkan yang lain."

Penggemar Sebut Fanwar antara ARMY dan EXO-L Telah Berakhir

Foto: Big Hit Entertainment

Ada pula yang dengan kocak menulis bahwa ARMY sekarang punya musuh baru dan yang sebenar-benarnya musuh, yaitu para penata rambut dan mode BTS. Memang, ARMY beberapa kali mengungkapkan kekecewaannya pada penata mode para member BTS yang dinilai tidak detail dalam mendandani supergrup itu, misalnya dengan memberikan celana yang kepanjangan atau blazer yang kebesaran.

Meski kedua fandom kerap adu argumen dan berkelahi di dunia maya, tapi EXO dan BTS sebenarnya tak pernah punya masalah. Baekhyun EXO bahkan pernah memuji BTS dengan menyebut bahwa mereka adalah para pekerja keras.

"Aku pikir mereka luar biasa. Ada beberapa hal yang aku bisa pelajari dari mereka, dan dalam hal prestasi, aku tentu saja kagum dengan mereka," ujar salah satu vocal line di EXO yang juga berteman baik dengan V BTS itu.

Baca Juga: Ini Drama Korea, Penyanyi, dan Film Favorit Penonton Internasional pada 2020 Menurut Survei Pemerintah Korsel

Sementara Jin BTS bahkan pernah datang ke konferensi pers film D.O EXO yang berjudul "Pure Love" yang dirilis pada 2016. Jadi memang, fanwar benar-benar sudah tak ada gunanya lagi, dan tak layak dilanjutkan oleh siapa pun yang mengaku penggemar K-pop.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4262 seconds (0.1#10.140)