Penggemar (G)I-DLE di China Tolak Beli Album Baru, Anggap Shuhua Diperlakukan Tak Adil

Penggemar (G)I-DLE di China Tolak Beli Album Baru, Anggap Shuhua Diperlakukan Tak Adil
Para penggemar Shuhua (G)I-LE di China menganggap idolanya diperlakukan tak adil dalam album terbarunya. Foto/CUBE Entertainment
SEOUL - Girl group K-pop (G)I-DLE kemarin (11/1) merilis single baru dan video musik "HWAA" sebagai bagian dari promosi minialbum keempat mereka "I Burn".

Sayangnya, penggemar (G)I-DLE di China menemukan fakta bahwa Shuhua, member yang berasal dari Taiwan, ternyata mendapat porsi menyanyi dan tampil paling sedikit dalam lagu dan video musiknya.

Para penggemar di China, yang menyebut diri mereka sebagai "Shuhua Chinese Fan Club", bahkan menegaskan bahwa mereka tidak akan membeli album terbaru (G)I-DLE tersebut sebelum agensi CUBE Entertainment yang menangani grup tersebut merespons dengan baik kekecewaan mereka.

Mengutip Koreaboo, pembagian suara solo dalam lagu "HWAA" menunjukkan bahwa Shuhua hanya mendapat porsi menyanyi 3,9 detik dari total sekitar 2,2 menit yang dibagi menjadi enam anggota. Total durasi lagu "HWAA" sekitar 3 menit 15 detik.



Penggemar (G)I-DLE di China Tolak Beli Album Baru, Anggap Shuhua Diperlakukan Tak Adil

Foto: Idolworld/Koreaboo

Bukan cuma dalam lagunya, komunitas penggemar itu juga menyebut bahwa Shuhua cuma mendapat porsi solo 17 detik dalam video musiknya. (Baca Juga: Dihujat Karena Salah Gerakan saat Tampil di KBS Gayo, Shuhua (G)I-DLE Membela Diri )

"Kami memohon maaf karena mengambil keputusan ini. Sejak awal dibentuk, kami selalu mendukung CUBE dan tidak pernah tidak membeli album-albumnya, bahkan dengan keterbatasan sumber daya manusia yang kami punya, kami mendukung comeback mereka. Kami bahkan mendorong para penggemar untuk membeli album-album tersebut... Tapi kami kecewa setelah melihat Shuhua hanya tampil menyanyi 3,9 detik dan 17 detik dalam video musiknya," tulis Shuhua Chinese Fan Club.



Penggemar (G)I-DLE di China Tolak Beli Album Baru, Anggap Shuhua Diperlakukan Tak Adil

Foto: CUBE Entertainment

"Kami yakin agensi seharusnya berlaku adil dalam menampung pertumbuhan artis mereka. Tapi agensi tidak menangani Shuhua dengan baik dan malah mengurangi kontribusi solonya setelah comeback dengan "Oh My Good", bahkan tata riasnya pun tidak ditangani dengan baik."

"Oh My Good" adalah lagu yang dirilis (G)I-DLE pada 6 April 2020 sebagai bagian dari album extended play "I Trust". (Baca Juga: Mengintip Crazy Rich Asian Sesungguhnya dalam Reality Show 'Bling Empire' di Netflix )

"Hingga agensi merespons keinginan kami, maka kami akan menghentikan pemesanan album dan akan mendukung Shuhua sebagai personal. Kami tidak akan kembali sampai Shuhua mendapat bagian yang adil."



(ita)
Share: