Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya

Kamis, 14 Mei 2020 - 14:14 WIB
loading...
Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya
Mumpung lagi banyak waktu di rumah dan mau Lebaran, inilah saat yang tepat membersihkan rumahmu. Foto/Flickr
A A A
JAKARTA - Walaupun terlihat pekerjaan sepele, membersihkan rumah termasuk pekerjaan yang cukup berat. Padahal, membersihkan rumah pekerjaan yang wajib dilakukan.

Apalagi, rumah yang berantakan justru akan bikin penghuninya gampang stres. Tapi adakalanya kamu malas untuk membersihkan rumah dan rumah sudah telanjur berantakan.

Ketika hal itu terjadi, kamu jadi bingung mau mulai dari mana. Nah, yuk, langsung aja simak tips dan triknya.

1. BUAT DAFTAR PEKERJAAN MEMBERSIHKAN RUMAH

Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya

Foto: Pixabay

Ketika kamu bingung harus mulai dari mana, pertama kamu bisa buat daftar pekerjaan membersihkan rumah. Pembuatan daftar pekerjaan ini akan membuat kamu jadi terorganisir dan gak ada yang terlewatkan.

Buat juga daftar pekerjaan rumah yang dilakukan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan sampai setiap tahun. Membersihkan rumah setiap hari misalnya mencuci piring, merapikan tempat tidur, dan menyapu.

Setiap minggu, misalnya membersihkan kamar mandi, mengelap kaca, dan membersihkan sofa. Setiap bulan, misalnya membersihkan lemari dan ventilasi rumah.

Setiap tahun misalnya membersihkan karpet, bukan hanya menyedot debunya, tapi bersihkan dengan sabun.

2. MELETAKKAN BARANG PADA TEMPATNYA

Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya

Foto: Flickr

Ketika kamu mengambil barang untuk digunakan, letakkan barang tadi pada tempatnya setelah digunakan. Barang-barang yang tergeletak di sembarang tempat nantinya jadi menyulitkan kamu ketika kamu ingin mencari barang. Kamu jadi frustasi dan pusing sendiri kalau barang yang kamu cari gak ketemu. Kedengarannya sederhana, tetapi sebenarnya butuh latihan dan komitmen.

3. BERSIHKAN PERALATAN SETELAH DIGUNAKAN

Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya

Foto: Flickr

Membiasakan diri untuk membersihkan peralatan setelah digunakan memang bukan hal mudah, tetapi hal ini bisa mengurangi rasa malas kamu ketika akan membersihkan rumah karena bagian rumah yang harus dibersihkan jadi lebih sedikit.

Biasakan membersihkan kompor setelah memasak, membersihkan meja makan setelah selesai makan bersama, dan mencuci piring setelah selesai makan. Jika sudah terbiasa, maka hal itu tidak akan sulit.

4. SINGKIRKAN BARANG YANG GAK TERPAKAI

Malas Membersihkan Rumah? Ini Tips dan Triknya

Foto: Flickr

Jangan menyimpan barang yang gak akan kamu pakai lagi. Barang itu akan membuat rumah terasa sesak dan kamu pun harus membersihkannya. Kalau kamu masih memakainya tapi jarang, kamu bisa simpan di kotak dan cantumkan tanggal pada kotaknya.

Jika kamu belum membuka kotak selama setahun, mungkin barang itu gak kamu butuhkan. Kamu bisa menyumbangkan barang tersebut atau membuangnya. Ingat, makin sedikit barang yang kamu punya, maka makin cepat kamu dalam membersihkan rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)