Berulang Kali Kena Kasus, Rating Drama 'Mr Queen' Tetap Naik Terus

Berulang Kali Kena Kasus, Rating Drama Mr Queen Tetap Naik Terus
Drama komedi berlatar sejarah Mr Queen ratingnya terus meroket meski sudah mendapat kritik dua kali. Foto/tvN
SEOUL - Episode ke-8 drama komedi "Mr Queen" yang tayang Minggu (27/12)kembali mencatat rating nasional tinggi, yaitu 11,8%, lebih baik dari rating episode sebelumnya dengan angka 11,3%.

Sejak dirilis pada 12 Desember lalu di tvN, serial yang dibintangi Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun ini memang sudah punya rating lumayan fantastis. Menurut data Nielsen Media Reserach, angkanya lebih dari 8%, baik untuk wilayah Seoul maupun secara nasional.

Bersamaan dengan itu, kritik pun muncul. Pada episode ke-2, Queen Cheorin yang dimainkan Hye-sun menyebut dokumen nasional China, Veritable Records of the Joseon Kingdom, sebagai "tabloid".

Kalimat ini lantas memicu kritik secara luas. Sekitar 700 orang menyampaikan protes secara resmi ke Korea Communications Standards Commission, lembaga yang menangani sensor di Korea Selatan.



Berulang Kali Kena Kasus, Rating Drama 'Mr Queen' Tetap Naik Terus

Foto: tvN

Mengutip Korea Times, kritik lainnya juga menyangkut nama-nama karakternya yang nonfiksi, tapi dengan karakter fiksi. Salah satunya adalah penggambaran karakter Queen Shinjeong/Queen Dowager Jo yang diperankan Jo Yeon-hee, yang digambarkan sebagai sosok yang terobsesi dengan takhayul.

"Bukan hanya dalam serialnya, tapi dalam situs webnya juga tertulis bahwa karakternya 'percaya pada hal-hal takhayul' dan ini adalah sebuah penghinaan bagi tokoh sejarah ," ujar perwakilan dari klan Pungyang Jo pada Hankook Ilbo.



Mereka menuntut tvN untuk mencabut adegan tersebut dari platform daring dan mengancam akan mengambil tindakan hukum kalau "Mr Queen" masih menggambarkan karakter tersebut dengan tidak benar.

tvN pun sudah menyampaikan permohonan maaf pada pertengahan Desember lalu, terkait penyebutan kata "tabloid" untuk dokumen bersejarah. (Baca Juga: 4 Adegan dalam Drama Korea 'True Beauty' yang Bikin Penonton Baper )

Berulang Kali Kena Kasus, Rating Drama 'Mr Queen' Tetap Naik Terus

Foto: tvN

"Kami sudah manghapus bagian tersebut. Kami juga tidak bermaksud untuk memotret karakter bersejarah secara negatif. Kami hanya ingin memberikan hiburan kepada penonton. Meski begitu, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan dan akan lebih berhati-hati ke depannya," demikian pernyataan tvN.

Serial "Mr Queen" adalah kisah drama sejarah fantasi dengan latar masa Joseon Kingdom. Ceritanya tentang chef Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) yang hidup pada masa sekarang, tapi rohnya 'terbang' dan masuk ke tubuh Queen Cheorin.

Serial karya sutradara Yoon Sung-sik ("Hwarang") ini diadaptasi dari novel asal China "Go Princess Go" dan web series yang dtayangkan pada 2015 silam.

Drama ini direncanakan dibuat dalam 20 episode, dan akan berakhir pada 14 Februari 2021. Episode terbaru tayang tiap Sabtu dan Minggu. (Baca Juga: Berbagai Konflik Dibalik Konser Akhir Tahun Big Hit Labels )

(ita)
Share: