5 Hal yang Bisa Bikin Popularitas BTS Merosot

5 Hal yang Bisa Bikin Popularitas BTS Merosot
BTS ditahbiskan sebagai Entertainer of the Year 2020 oleh majalah TIME. Foto/Mok Jung Wook, TIME
JAKARTA - Bangtan Seonyondan (BTS) merupakan grup musik asal Korea Selatan paling populer versi Billboard 2019.

Tahun ini, tak akan ada yang sanggup menyangkal jika menyebut BTS adalah boy grup paling terkenal di dunia.

Wajah mereka muncul di mana-mana, dari awards show hingga talkshow di Korea hingga Amerika Serikat. Mereka juga tampil sebagai model sampul majalah bergengsi, dari TIME, The Wallstreet Journal, sampai Esquire, dengan judul prestasi "... of the year".

Sejauh ini, BTS sudah menelurkan lima album yang berhasil menempati puncak Billboard 200. Mengutip Billboard, BTS juga sudah memperbarui kontraknya dengan Big Hit Entertainment hingga 2026.



Tentunya, prestasi grup musik yang beranggotakan tujuh orang ini tak lepas dari peran ARMY, yang sering disebut sebagai fandom (klub penggemar) terbaik karena selalu mendukung idolanya dengan cara yang unik.

Tapi, buat kamu yang sudah terjun ke dunia K-pop sejak lama, pasti paham bahwa setiap grup musik punya tantangan tersendiri untuk mempertahankan eksistensinya. Nah, berikut hal-hal yang berpotensi membuat karier BTS meredup.

1. WAJIB MILITER



5 Hal yang Bisa Bikin Popularitas BTS Merosot

Foto: Big Hit Entertainment

BTS mendapat keuntungan dengan diperbaruinya aturan wajib militer (wamil) di Korea Selatan, yang membuat Jin bisa menunda wamil-nya hingga usia 30 tahun (usia internasional). Ini artinya, Jin bisa menunda wamil hingga 2022.

Meski begitu, setelah Jin, maka member lainnya akan bergantian menjalani wamil, dimulai dari Suga, RM dan J-Hope , Jimin, V, lalu Jungkook.

Dengan kontrak BTS yang sampai 2026, bisa dibilang hampir tak mungkin untuk mereka tampil dengan personel lengkap setelah 2022.

Meski begitu, strategi yang bisa ditempuh adalah dengan membuat sub-unit atau sub-grup. Misalnya Jimin, V, dan Jungkook. Ketiganya sangat pas menjadi sub-group karena punya jadwal wamil paling terakhir.

Pilihan untuk bersolo karier juga bisa jadi pilihan. V adalah satu-satunya member BTS yang pernah mencicipi dunia drama Korea, dengan bermain dalam drama berjudul "Hwarang: The Poet Warrior Youth".
halaman ke-1 dari 3
Share: