Akankah BTS dan BLACKPINK Masuk Nomine Grammy 2021? Ini Kata Para Pengamat Musik

Akankah BTS dan BLACKPINK Masuk Nomine Grammy 2021? Ini Kata Para Pengamat Musik
BTS jadi salah satu grup K-pop yang diharapkan masuk dalam nomine Grammy Awards 2021. Foto/Dispatch
SEOUL - Para nomine Grammy Awards 2021 akan diumumkan pada 24 November mendatang waktu setempat atau 25 November dinihari, pukul 24.00 WIB.

Sebelumnya, BTS dan BLACKPINK sudah mendaftarkan album dan lagu mereka untuk dimasukkan ke dalam nomine Grammy tahun ini.

Meski begitu, pasar musik Amerika Serikat sebenarnya agak telat mengenali potensi grup K-pop.

Karenanya, jadi pertanyaan besar, apakah K-pop pada akhirnya akan dikenali oleh Recording Academy sebagai penyelenggara Grammy Awards?



Kim Joshua Minsoo selaku Pemimpin Redaksi Tone Glow, sebuah newsletter tentang musik kontemporer yang berbasis di Chicago mengatakan bahwa akan sangat bagus kalau BTS dan BLACKPINK bisa masuk sebagai nomine Grammy tahun ini.

"Sayangnya, sejarah Grammy menunjukkan sedikit ketertarikan pada musik di luar musik Barat," jelas Joshua, mengutip dari South China Morning Post.

Akankah BTS dan BLACKPINK Masuk Nomine Grammy 2021? Ini Kata Para Pengamat Musik

Foto: Soompi



Padahal, sambung Joshua, nomine ini pantas mereka dapatkan sejak lama. Bahkan majalah musik ternama Billboard pun berharap kedua grup ini bisa masuk nomine Grammy tahun ini.

Sementara itu, pengamat penghargaan musik Paul Grein mengatakan bahwa BTS adalah lawan utama dalam Grammy 2021 kalau melihat dari kesuksesan lagu "Dynamite".

Sementara BLACKPINK dianggap layak masuk dalam kategori penyanyi baru walau mereka sudah merilis banyak lagu.

Popularitas BTS dan BLACKPINK sudah diakui dunia. Keduanya juga sudah memecahkan berbagai rekor, melakukan tur dunia, dan menerima respons positif di penjuru dunia. Tapi lagi-lagi, pasar musik Amerika Serikat lambat mengenali potensi mereka maupun grup Kpop lainnya.

Pada ajang MTV Video Music Awards (VMA) 2019 barulah dikenalkan kategori K-pop setelah sekian lama mereka mengabaikan popularitasnya.

Selain BLACKPINK, ada rumor bahwa SuperM - supergrup yang terdiri dari beberapa personel boy group populer bentukan SM Entertainment - bakal masuk dalam kategori New Artists dengan album "Super One". (Baca Juga: Billie Eilish Tampar Lagi Orang Julid dalam Lagu Terbarunya, Kali Ini Pakai Kalimat Filsuf )

Akankah BTS dan BLACKPINK Masuk Nomine Grammy 2021? Ini Kata Para Pengamat Musik

Foto: SM Entertainment

Baik "Super One" maupun BLACKPINK dengan "The Album", menduduki posisi nomor dua di tangga lagu Billboard tahun ini. Sayangnya, popularitas SuperM masih lebih rendah ketimbang BTS dan BLACKPINK.

Sementara itu, menurut Kim Jae-Ha, kolumnis untuk Chicago Tribune, setuju bahwa pengakuan BTS pada ajang Grammy belum terwujud.

Kalau BTS tidak menjadi nomine tahun ini, bukan karena mereka tidak berbakat, tapi Grammy yang tidak mengetahui keberadaan mereka. (Baca Juga: Inilah Makna Mago, Lagu Terbaru Gfriend )

"Sama kejadiannya seperti tahun 1989 saat penghargaan Best Hard Rock/Metal Performance diberikan kepada Jethro Tull, bukannya Metallica," ujar Jae-Ha.

Sejauh ini, belum ada boy group yang pernah memenangkan penghargaan dalam ajang Grammy.

Akankah BTS dan BLACKPINK Masuk Nomine Grammy 2021? Ini Kata Para Pengamat Musik

Foto: Scott Gries/ImageDirect/Getty Images

Hanya ada NSync dengan lagu "Bye Bye Bye" yang jadi nomine Record of The Year pada Grammy 2001, tapi kalah dari "Beautiful Day" milik band rock U2.

“Sementara BTS sudah mencetak banyak prestasi. Lagu "Dynamite" menembus posisi teratas berbagai tangga lagu termasuk di radio,” kata Jae-Ha.

BTS, BLACKPINK, dan SuperM sudah merilis lagu berbahasa Inggris maupun fokus pada lagu dengan bahasa Inggris pada album mereka tahun ini. Artinya mereka berusaha menembus industri musik Amerika Serikat.

Jadi apakah mereka akan masuk sebagai nomine? Kita tunggu besok! (Baca Juga: Jadi Anggota BLACKPINK Terkaya, Ini Cara Lisa Belanjakan Uangnya )

(it)
Share: