12 Lagu K-Pop dengan Lirik tentang Kesehatan Mental

12 Lagu K-Pop dengan Lirik tentang Kesehatan Mental
Suga BTS atau Agust D kerap menulis lirik tentang masalah kesehatan mental dan efek ketenaran dalam lagu-lagu ciptaannya. Foto/Twitter @outrosuga
SEOUL - Masalah kesehatan mental kini bukan hal yang tabu lagi buat dibahas. Bahkan, isu ini banyak diceritakan musisi K-pop dalam lagu-lagu mereka.

Bagi idol K-pop, persaingan dengan artis lain dalam membangun karier, serta kehidupan pribadi mereka yang terekspos ke publik bikin mereka gampang tertekan dan rentan kena masalah kesehatan mental .

Meski begitu, mereka juga gak malu untuk menceritakan masalah mereka ke para pendengar musik dengan mengemasnya ke dalam bentuk lagu dengan lirik mendalam.

Nah, sederet lagu K-pop ini bakal ngingetin kamu tentang pentingnya kesehatan mental dan dampaknya pada orang tersebut. Simak daftarnya, mengutip dari Soompi.



1. AGUST D - THE LAST

Agust D adalah alter ego dari Min Yoon-gi alias Suga BTS . Hampir semua lirik yang dibuat Suga punya lirik yang mendalam, dari soal perjuangan hidup, mengatasi masalah kesehatan mental, termasuk soal efek ketenaran. Selain itu, Suga dan BTS juga termasuk idol K-pop yang paling pertama menyuarakan isu kesehatan mental dalam lagu-lagu mereka.

Dalam dua album Agust D, Suga semakin mengeksplorasi masalah kesehatan mental yang dialaminya. Lagu "The Last" yang ada dalam mixtape pertamanya, "Agust D" bisa jadi adalah yang paling frontal dalam menceritakan masalah kesehatan mental yang dihadapinya, dari depresi, obsessive compulsive disorder (OCD), hingga kecemasan sosial.





2. B.A.P – WAKE ME UP

B.A.P adalah grup yang sering merilis lagu tentang kesehatan mental. Lagu berajuk “Wake Me Up” ini menceritakan orang-orang yang mengalami masalah mental, seperti depresi, body shaming, panic disorder, dan lainnya. Liriknya juga menyiratkan pesan agar publik lebih memperhatikan orang-orang yang punya masalah kesehatan mental.



3. SAN E - COUNSELOR

Lagu ini menceritakan perjuangan San E dalam mengatasi masalah kesehatan mentalnya. Liriknya menceritakan dia yang berjuang sendirian buat menyembuhkan depresinya hingga akhirnya dia sembuh dan menyuarakan tentang gejala dan dampak dari depresi. (Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Kamu Rentan Kena Depresi )
halaman ke-1 dari 3
Share: