Seni Budaya

Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun
Musik Korea atau dikenal dengan istilah K-pop makin mengglobal hingga sukses menembus industri musik Amerika Serikat. Foto/korea.net
Jakarta - Hari gini,siapa, sih, yang gak tahu tentang budaya Korea? Dari K-pop, K-drama, K-beauty sampai acara-acara televisinya lagi digandrungi banget oleh remaja.

Pengaruh budaya Korea Selatan (Korsel) yang kuat ini pada akhirnya merambat jugake berbagai sektor lain seperti budaya tradisional, kuliner, bahasa, pariwisata, bahkan sampai bidang kecantikan.

Kini, kitabisa dengan gampang melihat pengaruh budaya Korea di sekitar kita. Sesederhana fakta bahwa hampir setiap kita punya teman yang menggemari hal-hal berbau Korea. Atau bahkan kita sendiri juga lagi terkena demam Korea.

Fenomena ini bisa disebut sebagai hallyu atau korean wave. Melansir dari martinroll.com, hallyu adalah istilah China yang secara harfiah berarti korean wave atau pengaruh Korea kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.



Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Foto: korea.net

Istilah hallyumemang pertama kali muncul di China sekitar akhir tahun 1990-an. Namun usaha Pemerintah Korea Selatan dalam mendukung industri kreatifnya sudah dimulai sejak tahun 1992.

Menurut situskorea.net, pada 1992, Korea Selatan dan China mulai membangun hubungan diplomatik. Karenanya, drama televisi dan musik-musik Korea mulai masuk dan digemari di Asia Timur, khususnya China.



Bahkan di China, rating drama televisi Korea berjudul “What is Love?”, yang disiarkan pada 1997, mencapai 4,2%. Artinya saat itu ada 150 juta warga China yang menonton drama tersebut.
halaman ke-1 dari 5
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss