Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya

Sabtu, 12 September 2020 - 14:00 WIB
loading...
Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya
Motif tie dye bisa beragam rupa, dan semuanya bisa kamu coba sendiri di rumah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mumpung lagi akhir pekan, ada baiknya kamu mengisi waktu luang dengan menjajal beberapa motif tie dye yang berikut ini.

Ingat, gak usah takut salah, karena bisa jadi, kamu malah bisa menemukan pola baru yang lebih menarik alias gak pasaran. Yuk, dicoba!


1. REVERSE TIE DYE

Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya

Foto:Instagram:@lipeb ang

Jepit sudut bawah kain dan tarik kain sampai berbentuk seperti tabung. Lalu ikat seluruh bagian kain memakai karet gelang dengan jarak sekitar satu inci. Selanjutnya, oleskan kain memakai pemutih yang sudah dicampur dengan air di dalam botol.

Setelah itu, biarkan kain mengering di tempat yang teduh. Kalau sudah mengering, segera potong karet gelang, bilas dan cuci kain hingga bersih, biarkan melembap.

Terakhir, aplikasikan warna pada bagian yang sudah diputihkan sesuai keinginan di permukaan (alas) yang rata. Setelah agak mengering, cuci kain sesuai dengan petunjuk yang tertera pada pewarna.

2. FIRECRACKER TIE DYE

Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya

Foto: YouTubeA.C. Moore Arts & Crafts

Lilit kaus basah menjadi bentuk tabung memakai karet gelang sekitar sepertiga di bagian atas dan bawah kaus. Selanjutnya, oleskan pewarna merah untuk sepertiga bagian paling atas dan biru untuk sepertiga bagian paling bawah.

Perlu diingat, jangan sampai warna yang dioleskan keluar dari batas gelang. Langkah terakhir, bungkus kain dengan plastik dan biarkan mengering, lalu cuci sesuai dengan petunjuk pewarna.

3. HEART TIE DYE

Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya

Foto:Instagram @wickidelic_tie_dye

Lipat kaus menjadi dua bagian, lalu gambar garis berbentuk hati memakai spidol yang bisa dicuci. Setelah itu, lipat kembali kaus hingga ketat di sepanjang garis spidol. Selanjutnya pakai karet gelang untuk mengikat kain lipit di sekitar garis spidol.

Lalu lipat bagian kaus lainnya dengan karet gelang tambahan. Berikutnya, tuang pewarna sesuai keinginan di setiap bagian kaus yang sudah diikat dengan karet gelang. Langkah terakhir, bungkus kain yang sudah diwarnai dengan plastik supaya tetap lembap. Biarkan selama 6-8 jam, bilas sampai bersih dan cuci setiap bagian dengan hati-hati.

4. GALAXY TIE DYE

Cek 5 Motif Tie Dye dan Langkah-langkah Membuatnya

Foto:Instagram @tie.dyevibes

Jepit bagian tengah kaus memakai jari dan memutarnya menjadi bentuk spiral sebagai pusat desain galaksi. Lalu semprot bagian kaus yang sudah dipelintir memakai botol semprot yang sudah dicampur dengan pemutih dan air. Setelah itu, diamkan dan pantau secara berkala sampai warnanya mulai memutih.

Kalau sudah memutih, bilas kaus sampai bersih. Lalu semprotkan warna pelangi ke bagian kaus. Terakhir, biarkan sampai warna yang ada di kaus mengering, lalu cuci sesuai petunjuk pewarna. Kamu juga bisa menambahkan sedikit hiasan seperti percikan dengan memakai cat semprot khusus kain.

5. STRIPES TIE DYE
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3699 seconds (0.1#10.140)