Bintang-bintang Kpop yang Sindir Mantan Agensinya lewat Lagu

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:00 WIB
loading...
Bintang-bintang Kpop yang Sindir Mantan Agensinya lewat Lagu
Zico jadi salah satu bintang Kpop yang menyindir industri Kpop secara keseluruhan. Foto/IAB-studio
A A A
JAKARTA - Jadi bintang Kpop kelihatannya enak, tapi nyatanya ada banyak drama di baliknya, salah satunya adalah antara artis dan tim manajemen atau agensi mereka.

Udah bukan rahasia lagi bahwa banyak tekanan yang mesti dihadapi para bintang Kpop, salah satunya adalah karena tuntutan yang tinggi dari agensi mereka, misalnya mesti diet ketat, gak boleh pacaran, dan sebagainya.

Nah, karena khawatir dikeluarkan dari agensi, mereka pun banyak yang gak berani protes. Tapi lima bintang Kpop ini berani mengkritik agensinya pasca mereka keluar dari agensi tersebut. Siapa aja mereka?

1. JAY PARK

Jay Park yang sebelumnya sempat menjadi leader 2PM ini merupakan artis di bawah JYP Entertainment. Dia kemudian dikeluarkan dari grup karena beberapa komentar kontroversial yang ia buat tentang Korea Selatan di akun Myspace-nya.

Dalam lagu "F*CKBOY", terutama pada lirik “mantan guruku takut bahwa kami akan menjadi sama”, Jay Park kayaknya lagi menyinggung CEO JYP Enterainment, Park Jin Young. Selain itu, ada juga beberapa lirik yang menceritakan tentang Park Jin Young yang mengambil keuntungan dari penggemarnya, serta bertindak dengan gak semestinya.



2. AMBER

Amber merilis lagu “Get Over It” dan dalam lagu tersebut ada bagian yang kayaknya ditujukan ke SM Entertainment. Beberapa liriknya mengisyaratkan tentang SM Entertainment yang memperlakukannya seperti anak kecil yang harus patuh dengan apa pun perintah serta aturan dari mereka.

Lirik lainnya juga menceritakan tentang Amber yang menghadapi banyak kebohongan dan rasa sakit ketika berada di bawah SM Entertainment.



3. YONGGUK (MANTAN PERSONEL BAP)

Kabar penganiayaan TS Entertainment terhadap BAP memang cukup santer sejak grup tersebut mengajukan gugatan ketidakadilan yang mereka alami. Yongguk kemudian merilis sebuah lagu yang ditujukan kepada agensinya tersebut.

Dalam liriknya, Yongguk mengisyaratkan tentang dia dan teman-temannya menahan sakit di bawah tekanan TS Entertainment yang hanya peduli tentang uang.



4. TAO (MANTAN PERSONEL EXO)

Para penggemar Tao pasti tau salah satu lagunya yang berjudul “TAO”. Liriknya seakan menyindir SM Entertainment dengan mengatakan bahwa ia sekarang lebih bebas serta ingin melupakan masa lalunya ketika masih menjadi bagian dari SM Entertainment.



5. ZICO

Nah, kali ini Zico dalam lagunya “Battle Royal” justru mengkritik industri K-pop secara keseluruhan. Ia mengkritik tentang perusahaan K-pop yang mengeksploitasi artisnya terlalu jauh, bahkan hampir mirip kayak budak.



Indah Lutfiyati
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @indah_lutf
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)