Gangguan Psikologi yang Sering Dialami Idola K-Pop dan Rentan Buat Anak Muda

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Aktor Lee Joon mengaku punya masalah dengan bipolar ini. Akibatnya, dia jadi susah banget tidur dan itu mengganggu kegiatannya.

Ilmuan berpikir bahwa bipolar bisa disebabkan oleh gak seimbangnya bahan kimia di otak kita. Selain itu, faktor keturunan dan lingkungan juga bisa jadi pemicu bipolar. Meskipun gak ada obat untuk bipolar, tapi dokter bisa pakai cara pengobatan jangka panjang untuk membantu penderita menstabilkan emosi dan suasana hati. Nantinya, dokter bakal memberikan penstabil mood ke penderita.

4. BULIMIA NERVOSA - IU

Gangguan Psikologi yang Sering Dialami Idola K-Pop dan Rentan Buat Anak Muda

Foto: IU Hama/Pinterest

Bulimia adalah gangguan makan yang bisa mengancam jiwa. Penderita biasanya bakal makan dengan berlebihan, terus nyesel karena gak bisa mengendalikan dirinya. Mereka lalu berusahamengurangi efek dari ‘makan besar’ itu dengan olahraga berlebihan, minum banyak obat pembersih perut, bahkan sampai berusaha memuntahkan makanan yang mereka konsumsi.

Menurut healthline.com, perkembangan bulimia bisa dipengaruhi oleh rasa marah berlebih, depresi, sikap perfeksionis (selalu mau semuanya sempurna), dan peristiwa penyebab trauma pada masa lalu

Contohnya, penyanyi terkenal IU yang mengidap bulimia karena khawatir gak bisa jadi penyanyi yang berbakat. Sebab itu, IU bakal makan sampai muntah untuk mengatasi ketakutannya.

Bulimia bisa sembuh dengan memberikan edukasi tentang nutrisi ke penderita, tapi juga harus diikuti dengan perawatan kesehatan mental. Penderita juga perlu membuka pandangan mereka tentang cara hidup yang sehat. ( )

Sevilla Nouval Evanda
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vandailla
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3823 seconds (0.1#10.140)