Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite

Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite
Lagu BTS, "Dynamite" menampilkan musik dan video yang enak didengar dan dilihat oleh pendengar musik k-pop. Foto/YouTube Big Hit Labels
SEOUL - Produser sekaligus komposer profesional asal Korea, Michin Gamsung, menyampaikan opininya kenapa lagu BTS terbaru, "Dynamite", bisa sukses diterima pasar.

Lagu "Dynamite" dirilis pada 21 Agustus lalu dan langsung sukses memecahkan rekor rekan senegaranya, BLACKPINK, untuk jumlah pemutaran video di YouTube kategori terbanyak selama 24 jam dan tercepat raih 100 juta.

Sampai berita ini diterbitkan, "Dynamite" udah ditonton lebih dari 172 juta kali. (Baca Juga: Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite )





Kesuksesan ini membuat produser Michin Gamsung tertarik menganalisis "Dynamite" lewat kanal YouTube-nya, dan menemukan tiga poin yang paling menonjol dari kesuksesan tersebut.

1. GENRE DAN PILIHAN NADA


Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite

Foto: YouTubeBig Hit Labels



"Dynamite" adalah lagu pop disko dengan kunci C# minor dan BPM 114. BPM adalah singkatan dari beat per minute atau jumlah ketukan per menitnya. Untuk lagu disko, biasanya BPM-nya jumlahnya genap.

Selain kunci C# minor, dipakai juga F# minor, B, dan E. Kunci-kunci ini dipake dari pre-chorus sampai chorus. Mengutip Koreaboo, ini beda dengan lagu-lagu BTS pada umumnya.

Dengan terus mengulang kunci yang sama, "Dynamite" jadi lagu yang lebih gampang dinikmati oleh pendengar musik alias easy listening banget. (Baca Juga: Ini Jawaban BTS kalau Mereka Jatuh Cinta dengan Cewek yang Sama )

2. MUSIK DISKO

Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite

Foto: YouTubeBig Hit Labels

Dipilihnya genre disko untuk "Dynamite" juga disebut Michin Gamsung sebagai pilihan yang tepat. Soalnya genre pop disko gampang banget diterima dan dinikmati oleh telinga awam dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Kalau kamu ingat-ingat lagi, lagu-lagu yang populer di kalangan anak-anak biasanya gak jauh-jauh dari musik disko, kan?

3. RAHASIA FORMULA LAGU HIT

Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite

Foto: YouTubeBig Hit Labels

Perpaduan antara nada rendah, medium, dan tinggi adalah salah satu rahasia sukses bikin lagu ngetop. Intro lagu "Dynamite" memakai suara bass yang berat atau rendah. Lalu pre-chorus pakai suara gitar dengan nada di tengah-tengah.

Sementara gong-nya atau chorus, pakai piano dengan nada tinggi. Dengan tingkatan kayak gini, artinya "Dynamite" udah sesuai dengan formula cara bikin lagu yang bisa nge-hit.

Selain itu, "Dynamite" juga punya suara falsetto di chorus-nya, yang dibangun dengan terlebih dahulu memasang nada medium saat awal dan pre-chorus.

4. PADUAN YANG BIKIN 'MELEDAK'

Produser Korea Ungkap Rahasia Sukses Lagu BTS Dynamite

Foto: Big Hit Entertainment

Michin Gamsung juga menegaskan bahwa musik "Dynamite" dan vokal yang dibawakan BTS sangat harmonis.

Kata Michin, kalau kita nyanyi dengan nada rendah, sementara musiknya juga nadanya rendah, lagunya bakal jadi kacau. (Baca Juga: BTS Disebut dalam Adegan Kocak Serial Teenage Bounty Hunters )

Sementara dalam "Dynamite", bagian pre-chorus menampilkan suara gitar yang 'lemah', sementara vokalnya sangat kuat, jadi ini terasa cocok dan enak didengar.



(it)
Share: