Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite
BTS siap merilis single dan album terbaru pada tahun ini, dan dikabarkan dirilis pada Agustus mendatang. Foto: Twitter @btsjoofficial
JAKARTA - BTS merilis video musik single "Dynamite" pada Jumat (21/8) dan langsung memecahkan rekor di YouTube.

Kurang dari satu jam, video musik "Dynamite" udah ditonton 10 juta kali. Ini jadi yang tercepat dalam sejarah premiere video di YouTube.

Saat ini, ARMY berusaha mengejar rekor yang dipegang BLACKPINK dengan video musik " How You Like That" sebagai video musik paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam, yaitu 86,3 juta kali.

Hingga jelang pukul 20.00 WIB, video musik "Dynamite" udah ditonton lebih dari 52 juta kali, dan sangat berpeluang menyingkirkan BLACKPINK dari takhtanya.



Di luar itu, ada beberapa makna tersembunyi, juga teori dari para ARMY seputar lagu bergenre funky pop dan video musiknya itu. Berikut catatannya.

1. PESAWAT

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Foto: YouTube Big Hit Entertainment



Pesawat dalam video musik "Dynamite" jadi teori sendiri, karena sebelumnya BTS punya lagu berjudul "Airplane pt.1" dan "Airplane pt.2" yang bercerita tentang BTS yang udah keliling dunia untuk menggelar konser.

Hal tersebut juga menggambarkan bahwa global superstar seperti BTS gak lupa dengan asal mereka, seperti pesawat yang pergi jauh, tapi pada akhirnya akan pulang juga ke tempat yang sama.

2. BURGER DAN DONAT

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Foto: YouTube Big Hit Entertainment

Ada adegan J-hope yang menari sendirian di dalam toko burger (burger shop) yang diambil dari novel "The Notes" yang menjadi gambaran garis besar cerita BTS universe. (Baca Juga: 5 Seleb Cewek Beken yang Jadi Model Video Musik BIGBANG )

Diceritakan, J-hope selalu sendirian di dalam toko burger dan melihat yang lainnya ada di luar. Video musik "Run" dan "I Need U" juga sering memperlihatkan anggota BTS yang bersenang-senang di dalam toko burger.

3. CERITA DI CALIFORNIA

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Foto: YouTube Big Hit Entertainment/Getty Images

Akun Twitter @army_society menunjukkan teori bahwa interior kamar Jungkook mirip dengan kamar John, karakter utama dalam film "Yesterday". Film ini menceritakan John, penggemar The Beatles yang tiba-tiba menyadari bahwa dia hidup dalam dunia yang gak mengenal band legendaris itu sama sekali.

John adalah penulis lagu yang gak tahu dengan apa yang ingin dia lakukan, walaupun begitu ia tetap bekerja keras untuk menggapai impiannya. Hal tersebut selaras dengan yang dialami oleh BTS pada lagu "Black Swan" saat mereka juga mengalami masalah tentang impiannya.

Selain itu tempat-tempat yang digunakan oleh BTS seperti toko donat dan burger, lalu lapangan basket yang mirip dengan beberapa tempat di California. California dikenal sebagai tempat musisi besar dan bintang Hollywood memulai kariernya.

Konsep retro pada video musik "Dynamite" juga menggambarkan BTS yang bernostalgia, mengingat lagi masa lalu saat BTS memuali kariernya. Saat awal debut, BTS pernah mengadakan minikonser dengan membagikan tiketnya secara gratis di Hollywood street.

4. KING OF POP

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Foto: YouTube Big Hit Entertainment/Getty Images

Poster yang dipasang pada kamar Jungkook, yaitu The Beatles dan David Bowie, juga gerakan tarian yang terinspirasi Michael Jackson dan Elvis Presley jadi tributepenghormatan bagi para musisi legendaris tersebut, sekaligus menunjukkan bahwa BTS juga berada dalam jalan yang sama dan setara dengan mereka.

Poster ini juga menggambarkan masa lalu BTS sebelum memulai debutnya, sampai akhirnya sekarang BTS yang menjadi alasan banyak anak muda untuk bermimpi. (Baca Juga: 5 Grup K-pop Paling Banyak Dicari di Google dari 8 Negara, Termasuk Indonesia )

5. DUNIA UTOPIA

Makna dan Teori-teori di Balik Video Musik BTS Dynamite

Foto: YouTube Big Hit Entertainment

Mengutip Koreaboo, Suga menceritakan bahwa lagu "Dynamite" dibuat untuk mereka yang sedang mengalami masa sulit, tapi tetap menikmati dan tetap semangat melalui masalah tersebut. BTS mau lagu ini bisa menemani ARMY saat pandemi COVID-19 dan menunggu waktu yang lebih baik untuk bertemu kembali.

Pada adegan akhir "Dynamite", terlihat BTS menari dengan latar tempat padang rumput dan langit dengan warna pastel yang indah.

Tempat ini terlihat mirip dengan Emerald City pada cerita "The Wizard of Oz", tempat yang hanya memberikan kebahagiaan di dalamnya. Walaupun mengalami masa sulit, BTS ingin kita tetap punya pemikiran positif.

Pada konferensi pers perilisan single "Dynamite", Suga juga bilang bahwa lagu ini ia persembahan untuk orang-orang yang merasa kesulitan pada masa pandemi, dan berharap pesan untuk tetap kuat ini bisa menjadi semangat bagi semua. (Baca Juga: Yang Harus Dilakukan ARMY Supaya Video Musik BTS Dynamite Jadi Trending di YouTube )



Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @ramable_


(it)
Share: