6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Jum'at, 21 Juni 2024 - 12:01 WIB
loading...
6 Drakor Seru Genre...
Crash jadi drama Korea yang seru genre kriminal tentang unit yang menangani kejahatan lalu lintas. Foto/ENA
A A A
JAKARTA - Drama Korea tentang aksi kriminal selalu menarik perhatian, apalagi jika khusus membicarakan unit tertentu, misalnya polisi lalu lintas atau polisi kasus penipuan asuransi.

Drama kriminal biasanya dipadukan dengan genre action atau laga, juga thriller dan misteri, tak terkecuali komedi. Menyaksikan para tokoh protagonisnya menangani atau memecahkan kasus tentu jadi tontonan yang seru dan bikin penasaran.

Buat kamu yang menyukai tontonan seperti ini, berikut rekomendasi drama Korea kriminal yang seru tentang sebuah unit, yang bisa kamu tonton.


Rekomendasi Drama Korea Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus


1. Crash (2024)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: ENA

Crash baru saja tamat pada 18 Juni lalu dengan 12 episode di Disney+ Hotstar. Rating tertingginya mencapai 6,6% dan menjadi yang tertinggi kedua dalam sejarah stasiun TV ENA setelah Extraordinary Attorney Woo.

Crash mengisahkan tentang para polisi lalu lintas (polantas) di departemen Traffic Culture Index (TCI). Dua karakter utamanya adalah Cha Yeon-ho (Lee Min-ki) dan Min So-hee (Kwak Sun-young).

Yeon-ho adalah orang yang baru diangkat menjadi Ketua TCI. Ia adalah lulusan KAIST yang sangat lihai melakukan investigasi terkait kejahatan lalu lintas. Namun lucunya, ia tidak bisa menyetir dan sulit berinteraksi sosial dengan orang lain.

Rekannya adalah kepala TCI So-hee yang dikenal dengan kegigihannya dalam memecahkan kasus kriminal di jalanan. Ia jago menyetir dan pandai berkelahi.

Bersama anak buah mereka, Yeon-ho dan So-hee berusaha memecahkan kasus-kasus kejahatan di jalanan yang seru untuk disaksikan dalam tiap episodenya.

2. The First Responders (2022-2023)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: SBS

Yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. The First Responders adalah kisah kerja sama antara tim kepolisian dengan tim pemadam kebakaran (damkar) dan tim forensik.

Dalam drakor yang sudah dibuat hingga dua musim ini, penonton bisa menyaksikan kasus yang berbeda-beda dalam tiap episodenya. Penonton juga bisa melihat cara tim polisi dan damkar melakukan tugasnya dibantu tim forensik kriminal dan tim dokter forensik.

Tokoh utamanya adalah polisi eksentrik dan pemberontak tapi punya insting tajam, Jin Ho-gae (Kim Rae-won). Ia bekerja sama dengan Bong Do-jin (Son Ho-jun), petugas damkar yang juga lihai melakukan investigasi kasus kebakaran.

Kamu bisa menonton serial ini di Disney+ Hotstar.

3. Jirisan (2021)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: tvN

Drama Korea kriminal ini mengisahkan tentang dua ranger atau polisi hutan yang bertugas di Taman Nasional Jirisan. Mereka menangani kasus-kasus orang lain yang mendaki gunung, hingga kasus kriminal penuh misteri.

Dua protagonisnya adalah Seo Yi-kang (Jun Ji-hyun) dan Kang Hyun-jo (Ju Ji-hoon). Yi-kang memiliki julukan Tuhan Gunung dan Setan Seo berkat kelihaiannya membaca jejak pendaki, hanya dari hal-hal kecil.

Adapun Hyun-jo adalah mantan anggota militer yang punya rahasia yang disimpannya sendiri. Serial 16 episode ini bisa ditonton di Netflix.

4. Ghost/Phantom (2012)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: SBS

Dari drama Korea yang tergolong lawas, Ghost mengisahkan tim yang menangani kejahatan di internet. Kasus-kasus yang mereka tangani saling terkait antara pembunuhan, perubahan identitas, korupsi, hingga konspirasi.

Karakter utamanya adalah Kim Woo-hyun (So Ji-sub), anak lelaki satu-satunya dari seorang pejabat di kepolisian. Ia masuk ke akademi kepolisian sebagai peringkat pertama, dan lulus juga sebagai juara pertama.

Pemain lainnya ada Lee Yeon-hee, Um Ki-joon, Kwak Do-won, dan Song Ha-yoon. Serial ini berjalan hingga 20 episode.

5. Life Special Investigation Team (2008)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: MBC

Kembali dari drama Korea jadul, kali ini mengisahkan tim investigasi untuk kasus-kasus penipuan asuransi. Para protagonisnya bukan polisi, melainkan karyawan biasa yang berusaha mengungkap penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang punya kekuasaan.

Para pemain utamanya juga ada Uhm Ki-joon sebagai Park Chan-ho, lalu ada juga Shim Eun-jin (Joo Kang-yi) dan Kim Heung-soo (Gong Chul-soo). Drama MBC ini tayang sepanjang 12 episode.


6. Through the Darkness (2022)

6 Drakor Seru Genre Kriminal tentang Unit Khusus, dari Polantas hingga Polisi Asuransi

Foto: SBS

Drama Korea kriminal thriller ini diperankan oleh Kim Nam-gil, yang menjadi Song Ha-young, seorang profiler (analis pelaku kriminal). Sosoknya terinspirasi dari profiler pertama di Korea, Kwon Il-yong.

Serial ini memotret kerja Ha-young dalam memetakan perilaku para pembunuh berantai. Bersamanya ada Gook Young-soo (Jin Seon-kyu), pemimpin tim Analisis Perilaku Kriminal dan Yoon Tae-goo (Kim So-jin), pemimpin di Unit Investigasi Digital.

Drama Korea seru genre kriminal tentang unit khusus ini tayang di Viu sebanyak 12 episode.
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)