Makna Lagu dan Video Musik LOST! dari RM BTS

Jum'at, 24 Mei 2024 - 16:25 WIB
loading...
Makna Lagu dan Video Musik LOST! dari RM BTS
Video musik dan lirik lagu LOST! dari RM BTS menandakan orang yang tersesat dan kebingungan. Foto/HYBE LABELS
A A A
JAKARTA - RM BTS merilis LOST!, lagu kedua dalam album Right Place, Wrong Person. Album resmi solo kedua leader BTS itu dirilis saat sang rapper tengah menjalani wajib militer.

LOST! adalah lagu bergenre pop alternatif bertempo cepat. Liriknya hampir seluruhnya berbahasa Inggris, kecuali satu baris kalimat yang memakai bahasa Korea.

Untuk genrenya, berbeda dengan lagu pertama atau pre-release Come Back to Me yang bergenre indie pop. Meski begitu, baik lirik maupun video musik Come Back to Me dan LOST! saling terkait.



Bisa dibilang LOST! adalah bagian dari kisah yang sudah tergambarkan dalam Come Back to Me. Berikut ini ulasannya.

Makna Lirik Lagu LOST! dari RM BTS


Mengutip dari OSEN berdasarkan siaran pers dari BigHit Music, LOST! adalah lagu tentang orang-orang yang tersesat karena tak bisa mendapatkan jawaban dari kontradiksi antara "keinginan untuk mencoba hal baru" dan "berpuas diri dengan yang sudah didapatkan".

Kontradiksi itu yang sebelumnya diceritakan dalam lirik lagu Come Back to Me. Selain itu, LOST! juga menegaskan bahwa walaupun tersesat, bisa jadi semuanya tetap akan baik-baik saja kalau ia menjalankannya bersama teman-temannya.

Interpretasi Arti Video Musik LOST! dari RM BTS


Sama pula seperti video musik Come Back to Me, LOST! menempatkan San Yawn dari grup Balming Tiger sebagai direktur kreatif. Videonya mengandung unsur humor tentang RM yang seperti melakukan perjalanan ke suatu tempat bersama teman-temannya.

Videonya dibuka dengan RM yang berada di sebuah labirin. Ini sama dengan akhir video musik Come Back to Me yang ternyata menempatkan RM dalam peran-peran yang berbeda di setiap kotak/labirin/kubikel.

Konsep peran atau sosok yang berbeda-beda dari satu individu yang sama ini adalah sesuatu yang tak asing dengan BTS. Konsep psikologi yang disebut "Persona" ini juga ada dalam album BTS Map of the Soul: 7.

Penjelasan paling sederhana dari Persona adalah seseorang yang memainkan peran tertentu layaknya seorang aktor. Bisa juga berarti kepribadian tertentu yang sengaja ditunjukkan kepada publik.

Konsep Persona berikutnya dalam video LOST! makin terlihat dengan RM yang bersama orang-orang yang juga memakai nama RM. Jadi bisa dibilang, semua orang yang ada dalam video musik ini adalah RM, kecuali dua host.

Makna Lagu dan Video Musik LOST! dari RM BTS

Foto: YouTube HYBE LABELS

RM dengan berbagai kepribadian ini lantas menyaksikan RM-RM lainnya yang seperti terjebak dalam keseharian yang tidak menyenangkan atau membosankan, di tempat seperti di sebuah ruang kantor. Ini sejalan dengan lirik verse 2 dari LOST!

"Setiap pagi, setiap malam, aku selalu merasa tidak hidup. Dan pada pagi hari aku merasakan cinta yang kepeluk dengan penuh semangat. Setiap pagi, setiap malam, aku selalu merasa sakit. Saat aku merasa sangat kesepian. Aku tetap merasa tidak hidup".

Yang menarik, RM dan RM-RM lainnya ini lantas menemukan sebuah lubang atau atap yang terbuka, yang setelah dilihat dengan cara memanjat karena penasaran, ternyata mengarah ke sebuah acara.

Acara inilah yang lantas membuat RM jadi sorotan, atau bisa dibilang menjadi populer. Sementara RM tampil dengan agak bingung, persona RM lainnya hanya menyimak di lantai bawah.

Scene ini bisa diinterpretasikan bahwa RM yang tadinya menjalani hidup biasa-biasa saja sambil 'gila-gilaan' bersama pikirannya sendiri, lantas secara tidak sengaja menemukan dunia lain yang penuh gegap gempita bertabur popularitas.

Ia pun masih bingung bagaimana menghadapi dunia penuh gegap gempita itu, sekaligus juga merasa seperti tersesat. Sementara sisi dirinya yang lain masih tertinggal di lantai bawah, jauh dari gegap gempita dan sorotan publik.

Yang menarik, pada awal video, tertulis "inside Namjoon's brain (isi otak Namjoon/RM), sedangkan gelas di dekat host perempuan juga tertulis "di dalam Namjoon". Jadi semua yang ada dalam video ini memang merupakan hal-hal yang dipikirkan oleh RM, atau bisa juga berartisemua adegan dalam video musik ini hanya ada di dalam pikirannya saja.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4676 seconds (0.1#10.140)
pixels