Lagu Taylor Swift Muncul Lagi di TikTok Jelang Rilis Album Baru

Sabtu, 13 April 2024 - 17:04 WIB
loading...
Lagu Taylor Swift Muncul Lagi di TikTok Jelang Rilis Album Baru
Lagu-lagu Taylor Swift muncul lagi di TikTok meski UMG belum mencapai kesepatan dengan platform media sosial itu. Foto/Toru Hanai, AP
A A A
CALIFORNIA - Lagu-lagu dari Taylor Swift kembali muncul di TikTok setelah 10 minggu menghilang. Ini terjadi jelang perilisan album terbarunya, The Tortured Poets Department.

Pada Februari 2024, lagu-lagu Taylor dan artis di bawah Universal Music Group (UMG) lainnya dihapus dari TikTok. Ini karena tidak terjadi kesepakatan bisnis antara kedua belah pihak saat akan melanjutkan kerja sama mereka.

Namun pada pertengahan April ini, sejumlah lagu Taylor kembali bisa didengar di platform media sosial, itu antara lain Lover, Cardigan, Mirrorball, Fearless (Taylor's Version), Cruel Summer, dan Style (Taylor's Version).



Kembalinya lagu-lagu tersebut hanya jelang kurang dari semingggu dari perilisan The Tortured Poets Department, yang akan dilepas ke pasaran pada 19 April.

Mengutip Variety, kembalinya lagu-lagu Taylor ke TikTok diduga karena sang artis dan platform itu mencapai kesepakatan terpisah di luar UMG. Seperti diketahui Taylor memiliki master lagu-lagunya, walaupun ia menandatangani kontrak dengan UMG untuk perilisan dan distribusi musiknya pada 2020.

Ini artinya, Taylor masih punya hak untuk menentukan nasib lagu-lagunya di TikTok. Ini misalnya juga terjadi pada Ariana Grande dan Camila Cabello, yang hanya menjadikan UMG sebagai distributor lagunya, dan lagu-lagunya tidak hilang dari TikTok.

Selain itu, Taylor juga diduga masih akan bekerja sama dengan TikTok untuk promosi peluncuran album terbarunya itu, sama dengan saat ia merilis Midnights. Saat itu, Taylor memberikan video bocoran setiap lagu dari album tersebut secara eksklusif kepada TikTok.



Sementara itu, meskipun para artis pada umumnya setuju dengan poin-poin UMG mengenai pembayaran royalti yang rendah dan perlindungan yang tidak memadai terhadap AI, banyak yang mengeluhkan kondisi bahwa tak bisa dimungkiri TikTok telah menjadi
platform terbesar untuk menemukan dan mempromosikan musik.

Dengan promosi dan kerja sama, TikTok bisa membuat sebuah lagu viral. Hal tersebut pun sudah dilakukan oleh para penyanyi yang berafiliasi dengan UMG. Karena itulah, penghapusan lagu-lagu mereka berpengaruh saat penyanyi hendak melakukan promosi.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)