5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Jum'at, 12 April 2024 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Pendengar seperti ini bisa saja menyukai lagu K-pop tertentu, tapi tidak tahu nama grupnya. Mereka mengetahuinya bisa saja karena terpapar algoritma di media sosial.

Mereka juga tidak tahu banyak tentang grup K-pop, juga tidak hafal nama-nama member grup dari lagu yang disukainya. Ini karena mereka memang hanya benar-benar menyukai satu atau beberapa lagunya saja yang didengar sambil lalu.

4. Sasaeng

5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Foto: Newsen

Nah, ini jenis pendengar K-pop yang paling berbahaya dan harus dihindari. Mereka sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai penggemar, karena tindakannya justru kerap kali merugikan bahkan membahayakan idolanya.

Sasaeng adalah istilah di Korea untuk menyebut seseorang yang terobsesi dengan idol tertentu. Ia kerap mengkhayal menjadi pasangan sang idol, dan tak rela jika idol-nya itu memiliki pacar atau menikah.

Hobi mereka adalah melanggar privasi idol. Mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli informasi secara ilegal agar mengetahui kegiatan dan keberadaan idolanya itu.

Mereka tak ragu untuk mengejar idolanya di bandara hingga membahayakan sang idol, menguntit, membobol rumah sang idol, bahkan yang parahnya bisa saja mereka mencuri barang-barang pribadi idola mereka.

Banyak contoh tindakan sasaeng yang mengerikan. Misalnya mulai dari yang konyol dengan mencegat idol dan menyerahkan surat nikah seperti yang menimpa V BTS hingga yang masuk tindakan hukum seperti meracuni minuman seperti yang menimpa Yunho TVXQ.

5. Koreaboo

5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Foto: YouTube Oli London

Pendengar jenis ini bisa dibilang tipe yang universal. Ini karena mereka adalah orang-orang yang menyukai segala sesuatu tentang Korea, mulai dari musik, drama, film, makanan, bahasa, dan budayanya secara keseluruhan.

Mereka bisa memiliki nama Korea untuk diri mereka sendiri, hingga yang paling ekstrem adalah ingin membuat dirinya seperti orang Korea atau menganggap diri mereka lebih Korea dibanding orang Korea sendiri.

Contoh menarik tentang koreaboo yaitu Oli London, youtuber asal inggris yang sampai menjalani operasi plastik untuk terlihat seperti orang Korea.

Fhadel Izza Mahendra
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @fhadel_mahendra
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)