Shipping, Atur Jodoh Bintang Idola a la Penggemar K-pop

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 09:32 WIB
loading...
Shipping, Atur Jodoh Bintang Idola a la Penggemar K-pop
Chanyeol EXO dan Wendy Red Velvet termasuk salah satu pasangan yang dijodohkan para penggemarnya. Foto diedit @candlelightv
A A A
JAKARTA - Totalitas penggemar budaya Korea pada artis idolanya emang gak pernah nanggung. Kadang malah terasa posesif, sampai-sampai soal jodoh pun ikut diatur para penggemar.

Soal jodoh menjodohkan ini, para penggemar fanatik – sering disebut fandom – punya istilah yang disebut shipping. Ini adalah aktivitas saat mereka menjodohkan artis idolanya dengan artis idola lainnya yang juga mereka sukai, dan biasanya dalam satu bidang hiburan yang sama.

Para penggemar yang menjodohkan disebut shipper. Shipping kadang disebut juga dengan istilah one true pairing (OTP).

Kebanyakan, shipping terhadap dua seleb terjadi gara-gara penggemar menonton interaksi di antara kedua idol yang mereka sukai melalui program acara televisi, iklan, film atau serial, juga cerita buatan penggemar (fanfiction).

Beberapa ‘korban’ shipping dalam industri hiburan K-pop misalnya Irene Red Velvet dan Suho EXO serta Sungjae BTOB dan Joy Red Velvet.

Shipping, Atur Jodoh Bintang Idola a la Penggemar K-pop

Foto: SM Entertainment


Mendedikasikan Waktu sebagai Shipper

Supaya shipping semakin ‘panas’ dan banyak pendukungnya, pastinya perlu selalu ada konten berupa bukti-bukti ‘kemesraan’ dua idol yang di-shipping. Nah, di sinilah ada orang-orang yang menjadi admin media sosial khusus akun shipping. Ada juga yang rajin memproduksi sebuah konten visual atau konten bacaan.

Shipper yang membuat konten visual seperti mengedit video dan foto pastinya mesti rela mengorbankan waktu dan data internet yang dimilikinya. Misalnya Fadhilah yang mengatakan bahwa dia biasanya menghabiskan waktu mengedit video antara satu jam sampai satu hari.

“Soalnya harus ngumpulin bahan yang mau diedit. Harus teliti juga saat mengedit videonya. Jadi memang mesti mikirin konten dan visualnya mau kayak apa,” ujarnya.

Shipping, Atur Jodoh Bintang Idola a la Penggemar K-pop

Foto diedit oleh @candlelightv

Sementara MSY yang juga pernah mengedit foto-foto untuk shippingmengomentari soal konten cerita fiksi 18+ dengan karakter para idol k-pop yang di-shipping, yang belakangan ramai dibuat para penggemar.

"Kalau sudah parah dan lebih menjurus ke pelecehan, baru saya tidak setuju. Biasanya kalau ada konten seperti itu, para shipper akan menegur kreatornya agar kontennya segera di-take down,” kata MSY.

Beda lagi dengan Salamanda, admin akun @candlelightv, ia mengatakan bahwa membuat cerita dewasa sudah bisa dibilang ekstrem.

Shipping, Atur Jodoh Bintang Idola a la Penggemar K-pop

Foto: News 1

“Yang berlebihan kayak gitu, tuh, udah gak sehat menurutku. Maksudnya hal seperti itu secara gak langsung bisa ngerusak citra dari idol kita sendiri. Hal yang gak kita sadari dengan tujuan buat kesenangan,” ujarnya.

Salamanda menegaskan bahwa banyak pencinta K-pop yang masih anak-anak. “Kemudahan buat ngakses yang kayak gitu bikin mereka juga bebas lihat atau baca. Takutnya ngasih efek negatif ke adik-adik yang belum waktunya buat hal kayak gitu,” jelas Salamanda.

Fadhillah juga menegaskan bahwa kadang jadi shipper bisa menimbulkan fanwar. “Kadang kadang nimbulin fanwar, banyak yang kurang setuju kalo idol-nya di-shipper-in apalagi dalam konteks yang berlebihan,” ujarnya.

Ralat: Sebelumnya tertulis bahwa MSY membuat konten cerita fiksi 18+. Hal tersebut keliru karena MSY hanya mengedit foto-foto terkait shipping. Redaksi memohon maaf atas kesalahan penyantuman tersebut, dan kesalahan telah diperbaiki.

GenSINDO
Anisyafa Firda Dwi Damaranti
Universitas Singaperbangsa Karawang
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)