11 Lagu K-Pop yang Muncul dalam Film Populer Hollywood, Semua dari Franchise

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:51 WIB
loading...
11 Lagu K-Pop yang Muncul dalam Film Populer Hollywood, Semua dari Franchise
Film Marvel Cinematic Universe (MCU) Eternals memasukkan lagu BTS berjudul Friends dalam adegannya. Foto/The Walt Disney Studios Motion Pictures, BigHit Music
A A A
JAKARTA - Beberapa lagu K-pop pernah muncul dalam film-film populer buatan Hollywood, mulai dari Marvel Cinematic Universe (MCU), seri Fast & Furious, hingga Teenage Mutant Ninja Turtles.

K-pop memang mulai menjadi musik mainstream di Amerika Serikat. Ini membuatnya semakin sering muncul dalam program-program acara di televisi, tak terkecuali film buatan studio Hollywood, termasuk film berbujet sangat besar alias blockbuster.

Berikut ini 11 lagu K-pop yang muncul dalam film-film populer buatan Hollywood.


1. Rising Sun - TVXQ (Fast & Furious)



Pada 2009, film Fast & Furious menampilkan lagu Rising Sun dari TVXQ saat adeganpembuka yang menampilkan Paul Walker. Walaupun lagutersebut menjadi lebih populersetelah masuk dalam film ini, sebelumnya Rising Sun juga sudah terkenal saat dirilis pada 2005. Bahkan lagunya menerima penghargaan Mnet KM Music Video Festival sebagai Most Popular Music Video.

Rising Sun adalah salah satu lagu paling populer dari TVXQ. Lagu ini menceritakan sifat-sifat polos manusia yang hilang karena dirusak oleh keadaan kehidupan. Perubahan itu digambarkan seperti matahari terbenam dan terbitnya matahari sebagai keinginan bertahan hidup.

2. Nobody - Wonder Girls (Penguins of Madagascar)



Nobody adalah lagu hit dari Wonder Girls yang dirilis pada 2008. Lagu ini mengusung konsep retro dance pop yang memberikan energi menular kepada siapapun yang mendengar. Maka dari itu lagu ini dimasukkan dalam film Penguins of Madagascar karena alur dan karakter film ini yang cocok dengan Nobody.

Nobody sudah dianggap sebagai pendobrak lagu K-pop dalam industri musik Barat. Pasalnya Nobody adalah lagu K-pop pertama yang masuk Billboard Hot 100 di peringkat 76. Pencapaian ini dianggap potensi tinggi untuk industri K-pop pada saat itu untuk meluaskan target pasar di luar Asia.

3. Fantastic - RM BTS feat. Mandy Vetrice (Fantastic Four)



RM BTS (masih menggunakan nama Rap Monster) bersama Mandy Vetrice membuat lagu spesial untuk film Fantastic Four yang tayang pada 2015. Judul lagunya selaras dengan filmnya, juga liriknya yang menyorot tantangan dan kesulitan yang akan dihadapi oleh superhero.

Lagu Fantastic hanya dirilis secara digital saja. Sayangnya, filmnya pun menjadi salah satu film Marvel yang mendapatkan peringkat terendah.

4. As If It’s Your Last - BLACKPINK (Justice League)



As If It’s Your Last milik BLACKPINK masuk ke dalam film Justice League yang tayang pada 2017. Lagu ini dirilis pada tahun yang sama dan masuk di puncak Billboard World Digital Songs. Lagunya juga masuk chart lain seperti K-Pop Hot 100 dan Gaon Digital.

Popularitas dari lagu ini meningkat karena live performance di music show. Lagu ini juga pernah muncul dalam salah satu episode serial Amphibia yang tayang diDisney Channel.

5. Hangover - PSY (feat. Snoop Dogg) (Black Panther)



PSY adalah salah satu pionir artis Korea Selatan yang mampu mendobrak industri musik Barat dengan lagu Gangnam Style. Dua tahun kemudian, bersama dengan Snoop Dogg, dia merilis lagu Hangover. Lagu yang energik ini akhirnya masuk ke salah satu film Marvel Cinematic Universe yaitu Black Panther yang tayang pada 2018, tepatnya dalam adegan di kasino di Busan.

Mengikuti kesuksesan dari sebelumnya, Hangover menarik banyak perhatian di perilisannya. Musik videonya secara perdana diputar di acara Jimmy Kimmel Live Show. G-Dragon BIGBANG dan CL 2NE1 juga muncul sebagai cameo. Musik video Hangover menjadi populer dan ditonton sebanyak 10 juta view di 24 jam pertamanya.

6. Zimzalabim - Red Velvet (Trolls World Tour)



Salah satu title track milik Red Velvet yaitu Zimzalabim berhasil masuk ke dalam salah satu film Hollywood yaitu Trolls World Tour yang tayang pada tahun 2020. Dalam film ini dikombinasikan dengan selaras antara lagu dan karakter Trolls yang digambarkan sangat berwarna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)