11 Lagu Kolaborasi Member BTS selama Era Solo, dari Rock Psychedelic hingga Pop Alternatif

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 11:06 WIB
loading...
11 Lagu Kolaborasi Member BTS selama Era Solo, dari Rock Psychedelic hingga Pop Alternatif
Lagu SEXY NUKIM jadi salah satu kolaborasi RM BTS dengan grup Balming Tiger dengan genre rock psychedelic. Foto/YouTube Balming Tiger
A A A
JAKARTA - Sejak Juni 2022, BTS mengumumkan akan fokus pada solo karier masing-masing dibanding aktivitas grup. Sejak itu pula, setidaknya ada 120 lagu (termasuk remix) yang dirilis, baik yang masuk dalam album atau sekadar single.

Dari ratusan lagu tersebut, beberapa di antaranya adalah hasil kolaborasi dengan beberapa musisi, baik dari Korea maupun Barat. Lagu-lagu ini direspons sangat positif, baik oleh ARMY maupun pendengar kasual.

Berikut ini 11 lagu kolaborasi para member BTS yang dirilis pada era solo karier mereka. Perlu dicatat, daftar ini hanya memuat lagu kolaborasi yang tidak masuk dalam album solo para member BTS, per Oktober 2023


1. Left and Right - Charlie Puth feat. Jungkook of BTS



Lagu pop yang dirilis pada 24 Juni 2022 ini ibarat mimpi jadi kenyataan bagi penggemar kedua penyanyi yang sudah menunggu-nunggu kolaborasi ini. Left and Right berhasil bertahan selama 6 minggu di chart Billboard 100. Lagunya juga sudah didengar sebanyak 800 juta kali di Spotify.

2. SEXY NUKIM - Balming Tiger feat. RM of BTS



Kolaborasi RM dengan grup alternatif dan indie Balming Tiger membawa nuansa baru dalam era solo BTS. Bergenre rock psychedelic dan hiphop, lagunya dirilis pada 1 September 2022.

SEXY NUKIM adalah lagu yang menggambarkan bahwa keseksian seniman (dalam hal berkarya) yang tidak bisa dibeli dengan uang. Lagu ini juga berhasil memasuki chart Billboard World Digital Song Sales peringkat 1. Hingga kini, lagunyasudah didengar sebanyak 66 juta kali di Spotify.

3. Rush Hour - Crush feat. j-hope of BTS



Salah satu kolaborasi paling ikonis pada 2022 adalah lagu Rush Hour milik Crush yang berduet dengan j-hope sebagai featuring. Lagu yang dirilis pada 22 September 2022 ini sudah didengar 81 juta kali di Spotify. Lagu ini menjadi lagu comeback Crush setelah menjalankan wajib militer.

Rush Hour menduduki Top 10 di MelOn Weekly Chart selama 9 minggu. Lagunya juga sempat trending di YouTube.

4. The Astronaut - Jin (Coldplay)



Lagu solo dari membertertua BTS ini spesial dibuat Jin untuk ARMY. Lagunya dibuat oleh band populer asal Inggris, Coldplay. The Astronaut menjadi lagu perpisahan Jin dengan ARMY sebelum menjalani wajib militer.

Lagu yang dirilis pada 28 Oktober 2022 ini juga sempat dibawakan secara live di konser tunggal Coldplay di Estadio River Plate Stadium, Buenos Aires, Argentina. The Astronaut menduduki banyak chart, seperti peringkat 1 di 101 negara di iTunes Worldwide dan peringkat 10 di Global 200 Billboard.

5. VIBE - Taeyang feat. Jimin of BTS



Jimin diajak berkolaborasi oleh salah satu member BIGBANG yang comeback, Taeyang. Setelah hiatus lama, Taeyang merilis lagu Vibe dengan Jimin sebagai featuring. Lagu ini dirilis pada 13 Januari 2023.

VIBE berhasil menduduki peringkat 1 di iTunes, peringkat 3 di YouTube, dan peringkat 7 di Apple Music. Tidak hanya itu, lagu ini debut di Billboard Hot 100 di peringkat 76. Vibe sudah didengar sebanyak 174 juta kali di Spotify.

6. On the Street - j-hope with J. Cole



Yang satu ini juga kolaborasi yang ikonis antara J-hope dengan salah satu idolanya, rapper legendaris J-Cole. sama seperti Jin, single ini dirilis J-hope untuk ARMY sebelum ia menjalani wajib militer. On the Street menceritakan perasaan jujurnya terhadap kariernya dan perjalanannya dari seorang street dancer menjadi rapper.

Lagu hiphop yang dirilis pada 3 Maret 2023 ini berhasil menjadikan J-hope sebagai solois K-Pop pertama yang dapat menduduki chart UK. dengan berhasil menduduki peringkat 37 di Top 40 UK Official Singles Chart. Lagu ini juga sudah didengar sebanyak 142 juta di Spotify.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)